Budidaya pandan wangi - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya pandan wangi



Budidaya pandan wangi (ragambudidaya) -Budidaya pandan ini tidak sesulit menanam padi. pengolahan tanah hanaya dikerjakan pada waktu penanaman serta bisa dipanen selang 1. 5-2 bln. sepanjang 20 th..

Pengolahan tanah
Sesudah pengolahan tanah dibikin lubang 20 cm kali 20 cm kali 20 cm dengan jarak 1 m kali 1 m. pada setiap lubang tanam diberi pupuk kandang sejumlah 2 kg serta bisa segera ditanami bibit. bibit di ambil dari tunas tunggal tanaman pandan yang sudah membuahkan. tunas itu mesti berakar gantung dikarenakan bila tidak umumnya tidak ingin tumbuh.

Pemupukan
Tiga bln. sesudah tanam baiknya diberi pupuk buatan dengan dosis siap tanaman 50 g urea za, serta 20 g kci. pemupukan dikerjakan sesudah penyiangan gulma. setelah umur 1 tahun diberi pupuk kandang serta pupuk buatan dengan dosisyang sama. sesudah itu tidak dulu dipupuk lagi.
Perawatan
Tanaman pandan bisa diserang hama penggerek pucuk yang lebih dikenal petani sebagai ulam. bila pucuk tanaman tampak ada lubang kerek serta kumpulan kotoran kumpulan ulat, maka segara kerjakan pengendalian dengan menyuntikan insektisida kedalam pucuk itu. banyak type insektisida yang bisa dipakai, layaknya dimecron, diazinon, dan sebagainya dengan dosis 2 cc setiap tanaman.

Panen
Pada th. ketiga sesudah tanam, dikerjakan panen pertama dan sebagainya dengan selang 1. 5-2 bln.. panen ini bisa berjalan 10-20 th., namun baiknya tiap-tiap taun dikerjakan peremajaan pada tanaman yang kurang membuahkan atau mati.

Daun pandan yang sudah dipanen mesti segera diolah sebelum saat menggulung. pertama daun dibelah kecil ( disuak ) dengan ukuran 2, 4, atau 6 mm. lantas diikat serta segera direbus sepanjang 10-30 menit. sesudah direbus segera direndam didalam air dingin sepanjang satu malam. serta pada hasil selanjutnya dijemur hingga kering.

Powered by Blogger.