Headlines News :
Home » » Budidaya terung dan oyong

Budidaya terung dan oyong

Written By mupeng aja on Sunday, March 24, 2013 | 11:31 AM



  Terung mempunyai tanda-tanda seperti berikut :
  • berupa perdu,
  • berakar tunggang,
  • batangnya keras, bercabang banyak, serta berbulu agak kasar,
  • tumbuh di dataran rendah,
  • bunganya berwarna ungu serta putih,
  • bentuk buahnya bulat, lonjong, atau bulat panjang,
  • warna buah ungu, putih, serta hijau bergaris putih,
  • daging buah kenyal serta tidak berair.
Ada sebagian type terung yang dikenal oleh penduduk luas, diantaranya seperti berikut.

a. Terung kopek
Bentuk buah terung kopek yaitu bulat panjang dengan ujung tumpul. adapun warna terung ini ungu atau hijau keputih-putihan.

b. Terung craigi
Bentuk buah terung type ini yaitu bulat panjang dengan ujung runcing ; ada yang lurus serta ada yang bengkok. adapun warna terungnya yaitu ungu.

c. Terung bogor atau terung kelapa
Bentuk terung type ini bulat besar. warnanya putih, hijau keputih-putihan. rasa terung ini renyah serta agak getir

d. Terung gelatik atau terung lalap
Bentuk terung type ini layaknya terung bogor, namun lebih kecil. type terung ini berwarna ungu atau putih kekuning-kuningan. rasa terung ini renyah, namun tidak getir.

Bertanam terung
Tanaman terung banyak ditanam di pekarangan. type sayuran ini bisa dengan mudah ditanam, baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. disamping itu, penanaman serta pemeliharaan tanaman terung terhitung mudah. untuk bertanam terung, anda mesti memilih tempat yang subur serta cukup air. musim tanam yang baik yaitu musim kemarau meskipun dapat juga musim hujan.

Bila dapat bertanam terung, anda mesti menebar biji terung terlebih dulu di pesemaian. benih ini dapat tumbuh sesudah 10 hari. sesudah bibit terung berusia 1, 5 bln. atau kurang lebih berdaun empat helai, bibit terung ditanam di lubang tanam tanam yang sudah disiapkan di tempat yang sudah diolah terlebih dulu. setiap lubang tanam ini diberi pupuk kandang atau pupuk kompos secukupnya.

Dua minggu lantas, anda mesti memberinya pupuk buatan. pupuk buatan tersebut berbentuk urea, tsp, serta kcl dengan perbandingan 1 :2 :1. setiap tanaman terung diberi pupuksekitar 12 g. pemberian pupuk ini tidak bisa terlampau dekat dengan ( cucumis sativus l ) datang dari asia selatan. mentimun banyak memiliki kandungan vit. a, b, serta vit. c. ketiga vit. itu amat baik untuk tubuh dikarenakan menolong perkembangan serta perkembangan tubuh.

Menanam oyong
Oyong yaitu di antara type tanaman yang mempunyai kandungan vit. yang baik untuk keperluan manusia, dikarenakan oyong memiliki kandungan vit. a, vit., serta vit. c. meskipun oyong type sayuran yang kurang popular tetatapi oyong mempunyai rasa yang tidak kalah enak disbanding dengan sayuran lain.
Tanaman yang satu ini kerap kita temui tepi'>di tepi-pinggir pagar atau tumbuh di dekat pohon besar.
tanda-tanda oyong
Oyong mempunyai tanda-tanda seperti berikut :
  • tanamannya hidup dengan merambat, dengan alat pemegang berupa pilin.
  • berbatang panjang ( dapat meraih beberapa puluh mtr. ) serta kuat
  • berdaun lebar serta berlekuk menjari dengan bulu halus
  • buahnya berupa bulat panjang serta berusuk-rusuk ( sepuluh buah )
Langkah menanam oyong
Pada dasranya tanaman oyong bisa ditanam di semua area, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. tetapi, syarat yang terutama untuk menanam oyong ini yaitu tanahnya mesti cukup memiliki kandungan cukup air, beriklim kering, serta kelembapan tanah.

Tanah yang dapat ditanami oyong tak perlu dicangkul, namun buat lubang yang lebarnya kurang lebih 25 cm dengan kedalaman 20 cm. jarak antar lubang tersebut 50-60 cm serta pada baris lubang kurang lebih 200 cm. Tiap-tiap lubang diisi pupuk, bisa pupuk kandang atapun kompos sejumlah 1 kg. biji oyong tersebut dimasukan ke lubang yang sudah ada, lantas ditutup dengan tanah tidak tebal.

Bila tinggi oyong telah meraih 50 cm, buat tiang yang terbuat dari bamboo dengan ketinggian 1, 5-2 m. tiang tersebut bermanfaat untuk merambatkan oyong. pemeliharaan oyong dikerjakan dengan langkah memangkas serta kurangi daunnya.

Adapun hama yang kerap menyerang oyong yaitu oteng-oteng. hama tersebut kerap mengakibatkan kerusakan daun serta bunga oyong.
sesudah berusia 1, 5-2 bln., oyong bisa dipanen. tanaman oyong yang terawatt bisa membuahkan 1, 5 kg buah tiap-tiap pohon.

Manfaat oyong
Oyong memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat serta sebagai makanan. sebagai obat, oyong bisa dipakai untuk pembersih darah. adapun sebagai makanan, oyong bisa dipakai sebagai sayur lodeh. kulit buah oyong yang sudah kering bisa dipakai untuk menggosok badan saat mandi.

-->
Share this article :
 
Support : Creating Website | Ragambudidaya | Budidayaku
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. budidayaku - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Budidayaku