Budidaya padi gogo di pekarangan - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya padi gogo di pekarangan




Budidaya padi gogo di pekarangan (ragambudidaya) -Padi gogo adalah padi yang ditanam di tanah tegalan atau juga dimaksud padi tegalan. tengah yang disebut tegalan adalah tanah kering yang terdapat di lebih kurang tempat pemukiman ( desa ), yang dikarenakan situasinya hingga tidak bisa diubah jadi sawah. penanaman padi tegalan banyak didapati di pulau jawa serta madura. 
dibawah ini sebagian bagian langkah budidaya padi gogo 

a. Pengolahan tanah 
Waktu yang baik untuk pelaksanaan tanah pertama kali yaitu waktu sebelum saat ada hujan atau pada akhir musim kemarau. lantas, kurang lebih akhir bln. oktober atau permulaan bln. november. 
alat-alat yang diperlukan untuk memproses tanah ini sama layaknya alat-alat yang digunakan pada pengolahaan padi sawah, contohnya cangkul, bajak, serta garu. 

Tanah tegalan yang dapat di gunakan mesti bersih dari rumput-rumputan. saluran-saluran pembuangan air dibikin, pematang-pematang juga butuh diatur kembali. 

Setelah pembersihan selesai, tanah lantas dibajak, bagian-bagian tanah yang tidak dapat dibajak, contohnya sudut-sudut petakan serta berbatu dapat ditangani dengan dicangkul. untuk tanah normal pembajakan dikerjakan 2 kali, namun untuk tanah berat pembajakan dikerjakan hingga 3 kali. 
untuk menghancurkan gumpalan-gumpalan tanah serta sekalian meratakan, ditangani denngan garu. menggaru umumnya dikerjakan 2 atau 3 kali, hingga tanah jadi halus serta sangat mungkin utuk ditanami. 

b. Penanaman 
Pada penanaman padi, pemakaian biji yang dapat ditanam mesti di perhatikan, baiknya digunakan bibit unggul, contohnya type gama, kartuna, serta rantai mas. meskipun benih yang digunakan telah adalah unggulan, tetapi baiknya bibit itu mesti dipilih lagi sehinggas didapatkan bibit yang benar-benar baik. 

Kriteria bibit yang baik diantaranya : 

• bibit mesti benar-benar tua serta kering 
• dipilih biji yang besar-besar serta bernas 
• bibit mesti murni berarti tidak tercampur kotoran atau bibit type lain 
• bibit mesti bebas dari hama serta penyakit 

Supaya bibit bebas dari hama serta penyakit, terlebih ada masalah hama serta penyakit didalam tanah, sebelum saat ditanam, bibit mesti diobati terlebih dulu. 

Obat yang dipakai untuk menyembuhkan bibit umumnya aldrin, 1 kg bibit cukup diobati dengan 12 gram aldrin. lantas tegalan 1 hektar yang kurang lebih membutuhkan 30-40 kg bibit cukup hanya aldrin 0, 5 kg. langkahnya, aldrin dicairkan dengan air lantas diaduk dengan benihnya gunakan alat pengaduk obat yang berupa drum. 

Langkah menanamnya umumnya dengan ditugalkan, atau gunakan alat yang bikin larikan sekalian bikin lubang. 

• dalamnya lubang rung lebih 4 cm 
• jarak tanam pada 25 kali 25 cm atau 30 kali 30 cm 
• setiap lubang berisi 4-5 biji. 
bibit yang sudah ditanam, tutup dengan tanah tidak tebal saja, dikarenakan bila terlampau tidak tipis bibit tak lagi tumbuh. 

c. Pemeliharaan 

1. Penyiangan 
Rumput-rumput yang sudah tumbuh di sekitar tanaman mesti segera dicabut atau disiangi. alat yyang dipakai dengan tangan diantaranya, cangkul ataupun sabit. waktu penyiangan jika tanaman telah berusia 3 minggu. pada waktu penyiangan dikerjakan juga penggemburan tanah. 

2. Pemupukan 
pemupukan yang didapatkan bisa berbentuk pupuk alam ( kompos, ataupun pupuk hijau ) serta pupuk buatan. pupuk alam diberikan sebelum saat tanam, tanah seluas 1 ha memerlukan 10 ton pupuk kandang. 

Pupuk kandang diberikan 2 kali, yakni ; 
  1. Diberikan jika tanaman telah berusia 3-4 minggu sesudah penyiangan pertama. 
  2. Diberikan jika tanaman telah berusia 6-8 minggu sesudah penyiangan ke-2. 

Pupuk diberikan di sekitar tanaman, langkahnya bisa dengan bikin lubang memanjang ikuti baris tanaman. banyak pupuk yang perlu diberikan untuk tanah seluas 1 ha, yakni : 

• urea 150 kg 
• ds 200 kg 
• zk 250 kg 

3. Pemberantasan hama/penyakit 
Hama yang berbentuk babi rimba serta burung bisa dihalau menggunakan jebakan atau barang-barang yang bisa mengusirnya. tikus diberantas dengan phosphid yang dicampurkan pada beras/jagung yang lantas dipasangkan di muka lubang atau di area mereka menyerang. wang sangit serta ulat disemprot dengan endrin atau diazinon dengan campuran 1-2 cc didalam 1 liter air.




Powered by Blogger.