Budidaya bawang putih bag 2 - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya bawang putih bag 2




Budidaya bawang putih (ragambudidaya) -Untuk membuahkan bawang putih layaknya yang diinginkan, pasti diperlukan pemeliharaan pada tanaman tersebut. pemeliharaan yang perlu dikerjakan pada tanaman bawang putih salah satunya : penyiraman, penyiangan, penggemburan tanah, pemupukan, serta pengendalian hama penyakit. 

Penyiraman 
Meskipun tanaman bawang putih tidak suka tanah yang becek tetapi tanaman ini amat memerlukan banyak air, terlebih pada waktu pembentukan umbi. umumnya untuk mengawali lakukan budidaya bawang putih yakni pada waktu musim kemarau. karena pengairan amat butuh untuk dikerjakan. 

Supaya tanah yang ada di lebih kurang tanaman tidak alami kebecekan maka penyiraman dapat menggunakan embrat atau genangi saluran air atau parit. 

Frekuensi penyiraman butuh di perhatikan agar tanaman tidak kekurangan air serta tidak juga hingga becek. pada awal penanaman tanah diusahakan terus basah sepanjang 2-3 hari. bila tanaman sudah tumbuh dengan baik, pemberian air bisa dikurangi, dengan tempo 1 minggu sekali. sesudah umbi sudah terbentuk, pengairan bisa dikerjakan sepuluh hari sekali. tetapi demikianlah, yang perlu di perhatikan didalam pengairan adalah penyesuaian dengan keperluan serta mencermati situasi. 

Penyiangan serta penggemburan tanah 
Penyiangan adalah mencabut atau buang gulma. penyiangan dikerjakan untuk hindari tumbuhan pengganggu atau gulma. layaknya rumput yang tumbuh di sekitar tanaman jika tidak dibersihkan maka dia dapat menggambil makanan bawang putih yang pada mulanya kita berikanlah pada tanaman tersebut. karenanya gulma yang tumbuh di sekitar tanaman mesti segera dibuang. 

Tak hanya pembuangan gulma, yang butuh dikerjakan selanjutnya yakni penggemburan tanah. umumnya tanah yang terus-terusan tertimpa air, baik air hujan ataupun air siraman dapat cepat memadat, serta perihal itu dapat menghalangi sirkulasi udara. pemadatan tanah pastinya dapat beresiko pada terganggunya umbi bawang putih. 

Pembersihan gulma dapat dikerjakan sekalian penggemburan tanah, hanya yang perlu di perhatikan jangan sempat akar dari tanaman terganggu, penyiangan cukup dilakuakn 2 x semasa tumbuh bawang. 

Pemupukan 
Untuk melindungi hasil bawang yang maksimal maka butuh dikerjakan pemupukan. dikarenakan bila memercayakan unsure hara yang ada didalam tanah belum pasti memenuhi untuk perkembangan bawang putih. 

Unsur hara yang ditambahkan adalah nitrogen (n), kalium (k), serta fosfat (p). pemberian pupuk dikerjakan dua step. step pertama diberikan sebelum saat penanaman, serta step ke-2 diberikan sesudah penanaman. 

Type pupuk yang didapatkan dapat berbentuk alami, layaknya kompos, pupuk kandang, atau puppuk buatan, pemberian lalu dapat digabungkan pada alami serta buatan. tetapi untuk pemberian puppuk alami umumnya dikerjakan pada step pertama. 

Pengendalian hama serta penyakit 

Layaknya halnya tanaman lain, bawang putih lalu tidak luput dari serangan hama dab penyakit. apalagi penyeranga pada bawang putih dapat seluruh sisi tubuhnya terkena, dari mulai akar, umbi, batang, serta daun. di antara banyaknya hama, kutu sangat kerap menyerang tanaman ini. untuk menanggulanginya dengan penyemprotan pestisida, contohnya tamaron serta folidol. penyakit yang kerap menyerang tanaman bawang putih adalah bercak daun, embun upas, serta cendawan. pemberian pestisida diathene m-45 0, 2-0, 3% bisa menangani penyakit ini.

Powered by Blogger.