Tips Menanam Brokoli - BUDIDAYAKU

Header Ads

Tips Menanam Brokoli




Tips Menanam Brokoli (ragambudidaya) - Menanam buah brokoli sangat mudah bagi yang sudah tau, tetapi untuk yang belum tahu maka berikut adalah tips menanam sayuran brokoli.

1. Cultivar. 
Jenisnya bisa royal green, delicate green,. green king, radiant green, green jewel. serta banyak lagi varietasnya 

2. Penyiapan benih. 
Sterilisasi benih denganmerendam benih didalam larutan fungisida dengan dosis yang disarankan atau dengan merendam benih dalamair panas 55 derajat celcius, sepanjang 15 – 30 menit. 
penyeleksian benih denganmerendam biji dengan air, di mana benih yang baik 
dapat tenggelam rendam benih sepanjang lebih kurang 12 jamatau hingga benih tampak pecah supaya benih cepat berkecambah 

3. Persemaian. 
Penyemaian di bedengan. : sebelumbedengan di bikin, tempat di olah atau di cangkul sedalam 30 cm lantas di bikin bedengan /guludan dengan lebar 110 -120 cm, memanjang 
penyemaian ada dua cara : disebar di atas bedengan serta gunakan plastic polibag. 
media semai : campuran ayakanpupuk kandang masak serta tanah halus dengan perbandigan 1 ; 2 atau 1 : 1. masukan benih satu – satu ke dalampolibag plastic yang 
telah di isi media tanam sedalam 0, 2 – 1, 0 cm. tutuptipis dengan tanah atau pupuk kandang masak. siram air gunakan gembor penyiraman, serta paling akhir tutup gunakan daun pisang untuk melindungi kelembapan. sesudah tumbuhke cambah buang penutup daun pisang. siram pagi serta sore. tengok situasi tanah. 

4. Persiapan tempat. 
Tempat di bersihkan dari tanaman liar dansisa – sisa akar, di cangkul atau di bajak, lantas di bikin bedengan / guludan selebar 80 – 100cm, tinggi 35 cm dengan jarak antar bedengan / guludan 40 -50 cm 
pengapuran cuma di kerjakan jikaph tanah lebih rendah dari 5, 5 dengan dosis kapur yang cocok nilai ph tanah, namun biasanya berkisar pada 1 -2 ton / ha didalam wujud kalsit atau dolomit. kapur digabungkanmerata pada waktu pembuatan bedengan. / guludan. untuk pemupukan basic campurkan13 -18 ton / ha pupuk kandang, atau gunakan campuran pupuk makro urea 87 kg, + ZA 187 kg + TSP 311 kg + KCL 90 kg/ha (. rekomondasi untuk tanaman brokoli padatanah mineral dengan tingkat kandungan p serta k tengah ). 

5. Penanaman. 
Penanaman dikerjakan pada bibityang telah berusia lebih kurang 1 bulan, atau telah mem mempunyai daun 3 - 4 helai. Jarak tanam yang di gunakan adalah50 kali 50 cm untuk kultivar / varietas bertajuk lebar serta 45  x 65 untuk kultivar / varietas tegak waktu tanam yang baik pada pagihari jam 6 – 9 serta sore hari jam 3 – 4. untuk satu lubang di isi satubibit. perpindahan dengan hati – hatijangan hingga akar atau daunya rusak. 
siram gunakan air sesudah selesai penanaman. 

6. Pemeliharaan. 
Penyulaman. 
Bila ada tanaman yang rusak ataumati, penyulaman bisa di kerjakan sebelum saat tanaman berusia dua minggu.  

Perempelan. 
perempelan cabang dilakukanseawal barangkali agar ukuran serta mutu periode bunga yang terbentuk maksimal. segerasetelah terbentuk periode bunga, daun – daun tua di ikat sedemikian rupa, hingga periode bunga ternaungi matahari. penutupan ini berperan untuk mempertahankan warna bunga agar terus putih 

Pengendalian hama serta penyakit. 
Untuk pengendalian bisa di kerjakandengan lakukan bibit yang bebas penyakit 
  • merendam benih di air panas 50derajat celcius atau di rendam di dalam fungisida/bakterisida sepanjang 15 menit, sanitasi kebun, rotasi tanaman, menanam kultivar /varietas yang tahan penyakit, menghidari tanaman dari rusaknya mekanis ataugigitan serangga, melakukansterilisasi media semai atau tempat kebun, pengapuran pada tanah masam serta mencabut tanaman yangterserang penyakit untuk menghindar serangan hama penyakit penyemprotan pestisida dikerjakan walau lalu belum ada tanda-tanda seranganhama. 
  • kerjakan penyemprotan tiap-tiap 2 minggu sekali 
Penyiangan. 
Dikerjakan berbarengan denganpenggemburan tanah dan pemupukansusulan yang ke1 yakni 7 – 10 harisetelah tanam, 20 hari sesudah tanam, 30 -35 hari sesudah tanam penyiangan serta penggemburan dikerjakan dengan hati – hati janganlah terlampau dalam supaya tidak mengakibatkan kerusakan akar. pada saat akhir perkembangan vegetatif ( memasuki periode pembungaan ) penyiangan di hentikan. 

Pemupukan tambahan. 
pupuk susulan di berikanlah padaumur 1, 3, 5 minggu sesudah tanam, di sekitar tanaman sejauh 10 -15 cm dari batang tanaman, lantas timbun tanah. 
dengan dosis : 
1 minggu sesudah tanam urea / za 44 kg + tsp 93 kg + kcl 45 kg 
3 minggu sesudah tanam urea / za 44 kg + tsp 93 kg + kcl 45 kg 
5 minggu sesudah tanam urea / za 44 kg + tsp 93 kg + kcl 45 kg 
per hektar. atau gunakan pupuk majemuk npk 150 kg – 200kg / ha. pada minggu 
ketiga sesudah tanam, tanamanjuga di semprot dengan pupuk daun yang memiliki kandungan n serta k tinngi 
penyiraman atau pengairan. 
di kerjakan 1 minggu 2 - 4 kali. tengok situasi tanah. pada fase perkembangan awal atau . pembentukan bunga, tanah mesti situasi basah terus jangan sempatkekeringan. 

7. Panen serta pasca panen. 
Pemanenan di kerjakan waktu masabunga meraih ukuran optimal. usia panen pada 55 -100 hari, tergantungvarietas / kultivar tanaman. 
sesudah di panen, hasil disimpandi area teduh untuk di kerjakan sortir. sortir di kerjakan menurut diameterkepala bunga yang di untuk 4 kelas yakni : 
30 cm, 25 – 30 cm, 20 – 25, serta 15 – 20 cm. 
Penyimpanan paling baik di area gelap pada temperature 20 derajat celcius, kelembapan 75 -85 persen atau kamar dingindengan temperatur 4, 4 derajat celcius dengan kelembapan 85 -95 persen.

Powered by Blogger.