Budidaya salak pondoh - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya salak pondoh



Budidaya salak pondoh (ragambudidaya) - Penentuan bibit yaitu usaha untuk memperoleh bibit yang unggul didalam budidaya salak pondoh supaya didapatkan hasil yang optimal. tentang penentuan bibit ini ada banyak hal yang butuh kita kenali. langkah beroleh bibit tanaman buah-buahan biasanya bisa didapatkan dengan 2 langkah, yakni : 

1. Generatif 
Bibit tanaman yang didapatkan dengan langkah generative datang dari biji yang dibenihkan. langkah generative ini telah jarang dikerjakan dikarenakan mempunyai sebagian kelemahan, yakni : 
  • Buah yang dihasilkan kurun waktu yang lama. 
  • Karakter buah yang dihasilkan dapat tidak sama dengan karakter induk. 
  • Cuma dikerjakan bila tidak bisa dikerjakan dengan langkah vegetative, atau cuma bisa dikembangbiakkan dengan biji saja. 
2. Vegetatif 
Bibit tanaman yang didapatkan dengan langkah vegetative, tidak datang dari biji, tetapi dari sisi lain dari tumbuhan. contohnya, akar, batang, serta daun. 

Keuntungan perkembang biakkan vegetative yaitu : 
a. tumbuhan hasil perkembangbiakkan cepat membuahkan buah. 
b. hasil buah dapat sama juga dengan karakter induknya 
c. karakter induk bisa dipertahankan hingga keturunan setelah itu. 

Untuk salak pondoh, langkah beroleh yang biasa dipakai yaitu dengan langkah pembenihan dari biji, tunas anakan, serta cangkok. 

Pemakaian type bibit amat punya pengaruh pada kecepatan berbuah satu tanaman. bila bibit yang didapatkan dengan langkah generative maka dapat membutuhkan waktu yang lama agar bisa berbuah, yakni lebih kurang 8-10 th.. perihal itu dikarenakan tumbuhan mesti mengawali fase vegetative dengan sediakan akar, batang serta daun terlebih dulu hingga besar, baru fase generative untuk berbunga serta berbuah. contohnya, mangga yang ditanam dari biji dapat berbuah didalam umur 6 th., tetapi dengan cangkokan cuma didalam umur 3 th. telah bisa berbuah. 

Sebaliknya, bila bibit tanaman yang kita tentukan datang dari bibit vegetative, maka tanaman dapat cepat berbuah, dikarenakan tumbuhan telah mempunyai organ tubuh yang lengkap yakni akar, batang, serta daun. hingga tumbuhan tinggal melaksanakan fase generative yakni berbunga serta berbuah. 

3. Penentuan bibit 
Apabila kita beroleh bibit tanaman dengan langkah beli, kita dapat jadi kecewa karena tidak layaknya apa yang kita inginkan. perihal ini berlangsung dikarenakan bibit datang dari langkah generative, lantas bisa alami pergantian karakter. hingga, bila kita pingin menjaga karakter unggul mesti didapat dari langkah vegetative. 

Kita tidak dapat tahu bagaimana langkah penjual beroleh bibit, maka baiknya kita beli pada pedagang yang bisa diakui, serta yang telah kita kenal dengan baik. 


Disamping itu, ada langkah yang lain yakni membeli bibit pada pedagang yang telah bersertifikat hingga ada jaminan mutunya. tujuan sertifikasi ini membuat perlindungan customer dari kerugian yang barangkali bisa dihadapinya. karena apabila kita salah didalam penentuan bibit ini, kita dapat alami kerugian waktu, tenaga, serta biaya. 

Pengolahan tanah 
Sistem pengolahan tanah mesti direncanakan dengan baik, yakni meliputi : 
1. Pembuatan saluran 
Saluran di lebih kurang kebun dibikin untuk saluran air di musim hujan, serta untuk mengairi kebun di musim kemarau. 

2. Pengaturan jarak tanam 
Pengaturan jarak tanam pada system penanaman monokultur tidak sama dengan polikultur. sistem monokultur yaitu system penanaman yang cuma menanam satu type tanaman didalam satu areal. jarak yang digunakan untuk menanam salak pondoh yaitu 2 kali 2 mtr., dengan jumlah tanaman 1. 800 rumpun untuk setiap hektarenya. 

Namun system polikultur yaitu menanam areal kebun dengan sebagian type tanaman. untuk system ini, jarak tanam pada tanaman yang satu dengan yang lain yaitu 1, 5 kali 1, 5 mtr.. disamping itu, ada tambahan bahwa untuk tanah yang subur, jarak tanam pada tumbuhan satu dengan yang lain lebih luas dibanding tanah yang gawat.  

3. Pembuatan lubang tanam 
Sesudah kita tetapkan jarak tanam pada tumbuhan salak yang satu dengan yang lain, maka kita saat ini mulai bikin lubang tanam. ukuran lubang tanam yaitu 50 kali 50 kali 50 cm atau 75 kali 75 kali 75 cm. pada waktu bikin lubang tanam, baiknya dipisahkan pada tanah yang dibagian atas serta tanah sisi bawah. 

Sesudah pembuatan lubang selesai, lubang dilewatkan dahulu sepanjang 3 minggu supaya terkena cahaya matahari. disamping itu, kedalaman lubang ditambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos kurang lebih 15 kg. masukkan kembali tanah yang sudah diisi pupuk, tunggulah sepanjang 1 minggu baru bisa ditanami dengan tanaman salak pondoh 

Penanaman 
Langkah setelah itu sesudah pengolahan tanah yaitu penanaman bibit salak pondoh, yang dilakasanakan pada awal musim hujan yakni lebih kurang bln. nopember. karena tak hanya udara yang sejuk, juga tersedianya air yang cukup pada musim hujan, hingga tumbuhan salak pondoh cepat tumbuh dengan baik. 

Perihal yang butuh di perhatikan pada penanaman bibit salak pondoh yaitu : 

1. Waktu tanam 
Layaknya sudah diterangkan di depan, bahwa waktu untuk penanaman bibit salak pondoh yang baik yaitu pada awal musim penghujan, yakni lebih kurang bln. november. pada waktu itu tetap ada cukup air yang diperlukan untuk perkembangan serta perkembang biakkan salak pondoh. 
disamping itu, juga untuk menghemat tenaga penyiraman, dikarenakan lingkungan area hidup tanaman salak pondoh telah basah oleh air hujan. 

2. Jumlah bibit 
Bila bibit salak pondoh yang disebut hasil perbanyakan dari biji,, di setiap lubang tanam diberi 2 rumpun, karena kita tidak paham type kalamin dari setiap rumpun tanaman salak pondoh tersebut. lantas untuk persiapan supaya tanaman salak pondoh bisa berbuah. 
tetapi, bila bibit tanaman salak pondoh datang dari bi it cangkokan, maka untuk tiap-tiap lubang tanam cuma diberi satu rumpun bibit tanaman salak pondoh, dikarenakan type kelamin induknya telah diketahui pada mulanya. 

Langkah penanaman bibit salak pondoh : 
  • Keluarka bibit dari kantong plastic/polybag. 
  • Masukkan didalam lubang tanam yang sudah ada. 
  • Timbun dengan tanah yang telah bercaampur dengan pupuk. 
  • Imbuhkan ajir di sekitar tanaman salak pondoh supaya tidak roboh oleh angin. 
  • Pangkaslah beberapa daunnya lebih kurang sejumlah 75%, dengan tujuan untuk kurangi penguapan. 
  • Hati-hati saat menanam bibit salak pondoh, jangan sempat akarnya rusak karena tumbuhan tersebut dapat mati. 
  • Janganlah mencampurkan type bibit salak pondoh yang satu dengan yang lain. bila digabung dapat mengakibatkan berlangsungnya perkawinan silang, hingga yang didapat yaitu buah salak yang tidak sama dari tanaman induknya atau tidak layaknya yang kita inginkan. 
Pemeliharaan tanaman salak pondoh terdiri dari kegiatan-kegiatan seperti berikut : 

1. Penyulaman 
Penyulaman yaitu aktivitas untuk ganti bibit tanaman salak yang telah ditanam, umumnya berlangsung dikarenakan sebagian alasan, yakni : 
  • Bibit tanaman salak pondoh yang telah ditanam mati. 
  • Bibit tanaman salak pondoh terhalang atau lambat pertumbuhannya/tidak sama layaknya yang lain. 
  • Bibit tanaman salak tidak cocok yang diingiinkan, contohnya perbandingan pada salak pondoh yang jantan serta yang betina tidak seimbang. 
  • Tanaman bisa diketahui type kelaminnya sesudah salak pondoh tersebut berbunga. 
Penggantian bibit atau penyulaman ini, baiknya gunakan bibit yang sehat, umurnya sama, serta berbuah banyak. waktu penyulaman pada awal musim hujan supaya kita tidak repot menyiraminya serta cepat tumbuh pohon salak pondohnya. 

Langkah pengambilan bibit untuk penyulaman dikerjakan dengan langkah putar, yakni membongkar bibit berbarengan tanahnya, lantas dibersihkan supaya akar bisa tumbuh baik serta terbebas dari rayap. 
tahap-tahap pembongkaran tanaman salak pondoh yang telah dewasa, yakni : 
  • Ikat pelepah tanaman salak pondoh dengan tali yang kuat. 
  • Tanaman salak pondoh ditopang dengan bamboo supaya tidak roboh. 
  • Pembomgkaran tanaman dikerjakan dengan jarak dari pangkal pohon sejauh 20 cm 
  • Potong akar sejumlah 75%, serta sisakan sejumlah 25% supaya tanaman tidak mati. 
  • Isilah lubang galian dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, dengan perbandingan 1 :1. 
  • Bongkar serta pindahkan tanaman dengan hati-hati supaya tanaman salak pondoh tidak rusak. 
  • Angkut serta masukkan pada area penanaman, janganlah lupa beri ajir atau penyangga supaya tidak roboh. 
2. Pemupukan 
Layaknya makhluk hidup yang lain, salak pondoh juga membutuhkan makanan yang bermanfaat untuk perkembangan hingga membuahkan buah. zat makanan tumbuhan datang dari didalam tanah, yang di ambil oleh akar melalui pembuluh kayu di bawa ke daun untuk fotosintesis, serta akhirnya lantas diedarkan ke seluruh sisi tumbuhan oleh pembuluh tapis. 

Tujuan pemberian pupuk yaitu supaya tumbuhan jadi : 
  • Tumbuh dengan baik serta subur, dikarenakan tersedianya unsure hara didalam tanah dengan lengkap. 
  • Sehat, tidak alami masalah, baik hama maupun penyakit dikarenakan kekurangan di antara unsure. 
  • Berproduksi dengan banyak. produksi yang banyak bisa terwujud bila tanaman salak pondoh didalam situasi subur serta sehat. 
Macam-macam pupuk yang bisa digunakan untuk tanaman, yakni : 
a. pupuk alamiah : pupuk kandang serta pupuk kompos. 
b. pupuk buatan :urea, npk, tsp, kcl, za. 

Namun pupuk yang digunakan untuk tanaman salak pondoh yaitu pupuk kandang atau kompos serta npk ( pupuk buatan yang terdiri dari unsure natrium, kalium serta fospat ) 

Tujuan pemberian pupuk kandang supaya kesuburan tanah serta susunan tanah terus terjaga dengan ukuran 15 kg untuk setiap rumpun tanaman salak pondoh sepanjang 1 tahun sekali. namun penggunaan pupuk buatan atau organic yang berbentuk npk ( natrium kalium fospat ), serta campur pada urea, tsp serta kcl, dengan perbandingan 1 : 1 : 1. 

3. Penggemburan tanah 
Penggemburan tanah yaitu usaha untuk melindungi supaya tanah terus gembur. tanah yang gembur mempermudah akar untuk bernapas serta bisa bergerak dengan leluasa untuk melacak sumber air atau sumber makanan, hingga tumbuhan salk pondoh bisa tumbuh dengan subur. disamping itu, bisa merangsang tumbuhnya tunas baru yang bisa jadi tunas anakan untuk bibit tanaman salak pondoh yang baru. penggemburan dikerjakan pada saat pemberian pupuk. penggemburan dikerjakan dengan hati-hati supaya tidak mengakibatkan kerusakan akar tanaman salak pondoh induk ataupun tunas anakan yang telah mulai tumbuh. 

Hasil penggemburan bisa ditempatkan di sekitar tanaman salak pondoh, hingga tanamannya jadi lebih kokoh serta merangsang tumbuhnya tunas baru. janganlah menumpuk tanah terlampau tinggi serta tanahnya janganlah dipadatkan, karena akar dapat kesusahan saat mengambil makanan yang lebih luas serta alami kesusahan didalam bernapas. perihal ini dapat mengakibatkan sebagian problem pada tumbuhan salak pondoh, diantaranya :
a. perkembangan yang berlangsung sacara tidak prima. 
b. waktu berproduksi yang lebih lambat dibanding dengan yang lain. 
c. apabila berproduksi, diperoleh hasil yang sedikit serta mutu tidak layaknya yang diinginkan. 

4. Penyiangan 
Penyiangan yaitu aktivitas pembuangan rumput liar di lebih kurang tanaman salak pondoh. aktivitas ini dikerjakan supaya perkembangan salak pondoh yaitu waktu pemberian pupuk yang pertama, yakni dikerjakan lebih kurang 6 bln. pertama umur tanaman. 

Untuk selanjutnya, kegiatyan penyiangan dikerjakan dengan teratur setiap 4 bln. sekali. tujuan penyiangan untuk tanaman salak pondoh yaitu untuk : 
a. melindungi stabilitas tanah 
b. melindungi kesuburan tanah 
c. menambah kesuburan tanaman 
d. melindungi perkembangan salak pondoh supaya sempurna 
e. memperoleh hasil produksi berbentuk buah yang bermutu serta berjumlah banyak. 

5. Pengairan 
Pengairan yaitu aktivitas pembarian serta penyediaan air untuk tanaman. keperluan dapat air yang terpenuhi dapat bikin tanaman jadi tumbuh serta berproduksi dengan baik. tanaman salak pondoh membutuhkan air yang cukup banyak, terlebih dimusim kemarau. pengaturan pemberian air pada tanaman salak pondoh di pengaruhi oleh banyak hal diantaranya : 

a. Type tanah 
Jika tanah area tumbuh salak pondoh berpasir, maka keperluan dapat air semakin banyak dibanding tanah liat, dikarenakan tanah berpasir cepat basah serta cepat menguap/kering. 

b. Iklim 
Pada musim hujan keperluan dapat air telah tercukupi, hingga tak perlu penyiraman. lainhalnya pada musim kemarau, tanaman memerlukan air yang banyak. 

c. Kesuburan tanah 
Tanah yang subur yaitu tanah yang banyak memiliki kandungan zat organic, terhitung air, hingga keperluan air untuk tanah yang subur lebih sedikit dibanding tanah yang tandus atau gersang. 

d. Pancaran cahaya matahari 
Tempat yang pancaran cahaya matahari di terima segera serta penuh, contohnya tempat dataran rendah, memerlukan air yang semakin banyak. namun tempat dataran tinggi/pegunungan memerlukan air yang lebih sedikit dikarenakan pancaran cahaya mataharinya agak menyusut jumlahnya. 

e. Luas tempat serta tingkat pertumbuhan 
Tempat yang luas memerlukan air yang semakin banyak dibanding tempat yang sempit. disamping itu, tingkat perkembangan salak pondoh juga merubah keperluan air, contohnya tanaman yang kecil pastinya mempunyai keperluan air lebih sedikit dibanding tanaman salak pondoh yang telah besar. 

6. Pemangkasan 
Aktivitas pemangkasan pada tanaman salak pondoh mempunyai tujuan untuk : 
a. mengatur banyaknya pelepah daun. 
b. mengatur banyaknya tunas 
c. supaya lingkungan tidak terlampau lembap. 

Pemangkasan ditujukan pada pelepah yang telah tua serta tunas anakan yang terlampau banyak. waktu pemangkasan yakni pada waktu tanaman salak pondoh telah mulai berbunga serta mulai berbuah, supaya konsentrasi ditujukan untuk sistem pembuahan. proses pemangkasan dengan teratur tiap-tiap 2 bln. sekali atau sesudah panen, terhitung pemangkasan tandan buah yang telah kering. 

7. Penyerbukan 
Penyerbukan yaitu momen jatuhnya serbuk sari di kepala putik atau momen perkawinan. perkawinan ini dapat diikuti dengan pembuahan. tanaman salak yaitu tumbuhan yang bisa lakukan penyerbukan sendiri, tanpa campur tangan manusia. tetapi, terkadang bisa dibantu oleh angin serta serangga, terhitung manusia turut menolong penyerbukan tanaman salak pondoh dikarenakan pingin memperoleh hasil yang baik. 
tanaman salak pondoh mulai berbunga pada umur 2 th. untuk bibit dari tunas anakan serta 3 th. untuk bibit dari biji. tanaman salak pondoh berbunga pada umur 3 th.. 

Sinyal tanda tanaman salak pondoh siap untuk penyerbukan yaitu : 

a. pecahnya seludang bunga betina, 
b. berbau wangi, dan 
c. berwarna merah. 

Langkah penyerbukan bunga tanaman salak pondoh yaitu seperti berikut : 
a. berikan bunga jantan pada bunga betina. 
b. upayakan benang sari bunga jantan melekat di bagian putik bunga betina. 

8. Pengendalian hama penyakit 
Meskipun tanaman salak pondoh terhitung tanaman yang tahan pada hama penyakit, tetapi tetap harus ada sebagian tanaman yang terkena serangan hama serta penyakit. bila kita pingin bercocok tanam salak pondoh dengan baik serta tidak diserang hama penyakit, kita butuh lakukan sebagian pencegahan, diantaranya : 

a. melindungi kebersihan kebun, baim dari sampah ataupun dari gulma/tanaman pengganggu. 
b. berikan pupuk yang cocok, baik type ataupun dosisnya supaya tumbuh dengan sehat. 
c. melindungi kelembaban lokasi bertanam salak pondoh, kerjakan pemangkasan apabila butuh. 
d. kerjakan penyemprotan apabila ada hama atau penyakit. 
e. melindungi kesuburan serta kegemburan tanah hingga pertukaran udara berjalan dengan baik

Kita butuh mengetahui sebagian type hama serta penyakit yang bisa menyerang tanaman salak pondoh. type hama serta penyakit yang kerap mengakibatkan kerusakan tanaman salak pondoh, yakni : 

a. Hama perusak akar tanaman salak pondoh 
Hama ini berbentuk cacing tanah, yang menyebabkan tanaman jadi pendek/kerdil, daun menguning, serta selanjutnya mati. pengobatannya memberikan furadan 3 g, curater 3 g, serta khriphos 25 ec. 

b. Hama perusak batang tanaman salak pondoh. 
Hama ini berbentuk kumbang yang meyerang tanaman muda. semula sisi daun, lantas masuk melewati pelepah ke didalam batang. akibat yang dihadapi tanaman salak pondoh yaitu daunnya menguning, kerdil, serta selanjutnya mati. penanggulangannya membasmi kumbang menggunakan insektisida thiodan, decis, serta superdice. langkah pemberantasan dikerjakan dengan penyemprotan di bagian yang terkena serangan. 

c. Binatang perusak buah salak pondoh 
Binatang yang kerap mengakibatkan kerusakan buah salak pondoh yaitu tupai serta tikus. gejalanya berbentuk bekas gigitan pada buah atau pangkal buah. pemberantasan dikerjakan dengan racun pospit, serta klerat atau dengan langkah memburu tikus serta tupai tersebut. 

d. Penyakit jamur pada salak pondoh 
Cendawan atau jamur yaitu penyakit yang menyerang sisi pangkal batang serta sisi buah. penyakit ini nampak pada musim hujan yang terus-menerus serta kebun tanaman salak pondoh yang lembap. pemberantasannya dengan menyemprotkan fungisida dithane, antracol, serta velimex. 


Powered by Blogger.