Budidaya anggrek - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya anggrek

  
Budidaya anggrek (ragambudidaya)  -Bisnis tanaman hias layaknya anggrek adalah bisnis yang relatif stabil serta tidak mengemal fluktuasi. tanaman anggrek mempunyai pengagum yang setia, tidak heran usaha budidaya anggrek ini dapat bertahan didalam periode waktu yang lama. harga tanaman anggrek juga relatif stabil, harga bergantung pada varietas. bila anggrek terhitung langka maka harga nya cukup mahal. di antara yang tekuni bisnis anggrek yaitu Hasan solaeman syah, seorang sarjana pertanian yang berasal dari magelang, jateng.

Usaha budidaya anggrek oleh Hasan, bermula dari skripsinya yang membahas sekitar anggrek didalam botol, dari skripsi perihal anggrek tersebut lalu membuatnya tertarik untuk berwiraswasta.


Lokasi kebunnya di tempat nambangan, blabak, magelang, jadi area grosir tanaman anggrek. awal usaha anggrek hasan dirintis waktu ia tetap nganggur selepas selesai kuliah, lalu terpikir untuk mengaplikasikan disiplin pengetahuan yang ia punyai. disamping itu petani anggrek di tempat magelang tetap sedikit, peluang bisnis ini cobalah ia jalani ditambah dengan latar belakang ilmunya serta hobi hasan dapat anggrek.
Sesudah lulus di th. 1998, dari kampus tidar magelang, ia lantas berusaha untuk budidaya anggrek memanfaatkan tempat di loteng rumahnya yang berukuran 3 kali 6 mtr.. sampai selanjutnya di th. 2003, ia mulai membisniskan anggreknya.

Usaha kerasnya membuahkan hasil, yakni dengan diperolehnya 4 kebun untuk budidaya anggrek-anggreknya. kebun-kebun itu ada di nambangan, lokasi blabak, magelang, yang memanglah dikhususkan untuk bisnis grosir anggrek.
Namun lokasi kebun di candi mulyo ia gunakan sebagai area pembesaran serta menanam anggrek, dan didalam taman kyai langgeng. di taman kyai langgeng ini, hasan memiliki tempat seluas 180 mtr. persegi didalam wujud green house serta bekerja bersama dengan dinas pertanian.

Di nambangan, memanfaatkan tempat seluas 500 mtr. persegi, hasan membudidayakan anggrek dengan lakukan pembibitan didalam botol. media yang dipakai type smith ferguson ditambah arang ( media agar-agar).Hasan tidak lakukan penanaman bibit anggrek segera dari biji f1 nya. tetapi ia beli didalam wujud f2 serta f3 dari lokasi jawa timur serta jakarta, apalagi juga dari seorang importir dari bangkok, di thailand.
Beragam type bibit anggrek bisa dibudidayakan didalam botol. walau usaha untuk pembibitan anggrek didalam botol tidaklah satu perihal yang baru, namun tetap sedikit hobiis yang mengerjakannya. umumnya mereka takut bila gagal, serta anggreknya dapat mati sebelum saat pernah dikeluarkan dari botol.

Tanaman anggrek adalah tanaman yang mempunyai daya tahan pada ruangan kedap udara sepanjang berbulan-bulan. oleh dikarenakan itu media tanam didalam botol mulai digemari dikarenakan unik serta bisa dibawa kemana-mana apalagi sampai ke luar negeri. nyaris seluruh type anggrek sudah dimiliki oleh hasan. sekurang-kurangnya ada 7000 koleksi tanaman anggrek, baik didalam wujud botol atau anggrek yang telah didalam periode pembesaran.

Powered by Blogger.