Tips Budidaya Kencur - BUDIDAYAKU

Header Ads

Tips Budidaya Kencur

Tips Budidaya Kencur (ragambudidaya) -Tanaman kencur bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, namun sangat baik tumbuh di ketinggian 100-500 m dpl. dia juga suka tanah lempung berpasir yang subur serta gembur, dengan type tanah mediteran cokelat tua serta grumosol.

Kencur terhitung tanaman yang sensitif pada penyakit busuk. kare itub ia membutuhkan area terbuka atau aga terbukadi tegalan yang aga miring serta berdrainase baik. walau demikianlah tanaman ini menyenangi hujan yang cukup, berkisar 1. 000-3. 500 mm/tahun. tanaman yang relatif lebih tahan sengatan cahaya matahari dibanding denga keluarga zingiberaceae lain ini, juga memerlukan cahaya matahari yang cukup pada awal pertumbuhannya.

Penyediaan bibit
Kencur biasanya diperbanyak dengan rimpangnya. rimpang untuk bibit baiknya di ambil dari tanaman yang sehat serta berusia panen8-12 bln.. rimpang bibit yang baik berdaging alot, mengkilap kecoklatan, tidak lecet, tak ada tanda-tanda busuk atau berjamur.

Rimpang terpilih disemaikan di tempat teduh serta lembap sepanjang 2 minggu hingga bertunas. lantas rimpang dipotong-potong dengan ukuran panjang 3 cm serta berat 8-15 gram, dan diusahakan memiliki 2-3 mata tunas. tentukan rimpang yang baru mulai tumbuh tunas untuk ditanam, dikarenakan dapat berikan hasil panen yang optimal. didalam tempat 1 ha diperlukan bibit sejumlah 1-2 ton bergantung jarak tanam. untuk hindari serangan cendawan, sebelum saat bibit ditanam terlebih dulu direndam didalam larutan forest, lantas ditiriskan serta disemprot fungisida layaknya dithane, dimazeb, ridomil, atau manzate, serta bakterisida layaknya agrimycin atau agrept.

Pengolahan tanah
Pengolahan tanah mesti disesuikan dengan waktu penanaman, serta baiknya dikerjakan menyambut atau awal musim hujan. langkahnya dengan mencangkul sedalam 25-30 cm atau dibongkar menggunakan bajak.
tanah lantas digemburkan dengan garpu serta dibersihkan dari rumput. selanjutan dibikin bedengan selebar 1-1, 5 m serta tinggi 15-20 cm. panjang bedeng sesuai dengan situasi area. jarak antar bedeng 30 cm. diantara bedengan itu lantas dibikin parit sedalam 30 cm untuk melindungi drainase terus baik. pupuk kandang atau kompos masak sebagai pupuk basic diberikan dengan sebar atau sistem larikan menurut arah baris tanaman. waktu pemberiasn pupuk 1-2 minggu sebelum saat tanaman dengan dosis 15 ton/ha.

Penanaman serta pemeliharaan
Waktu penanaman kencur sangat pas di awal musim hujan. rimpang ditanam dengan tunas menghadap ke atas pada kedalaman lebih kurang 7, 5 cm. jarak tanam biasanya 15 cm kali 15 cm, atau 20 cm kali 20 cm, bergantung pola tanam serta kesuburan tanah., sesudah tanaman tumbuh prima diberikan pupuk buatan berbentuk urea dengan dosis 150 kg/ha, tsp 100 kg/ha, serta kci 100 kg/ha, serta pada usia 2-3 bln. diberi pupuk tambahan berbentuk urea 150 kg/ha.

Penyiangan dikerjakan sesudah tanaman berusia 1-2 bln., setelah itu dengan lihat situasi gulma. pada waktu berbarengan dikerjakan juga pembumbunan 3-4 kali cocok situasi tanah, supaya rimpang tumbuh serta berkembang dengan baik. hati-hati, rimpang/bibit jangan sempat terluka.

Powered by Blogger.