Manfaat Jerami pada Peternakan Unggas - BUDIDAYAKU

Header Ads

Manfaat Jerami pada Peternakan Unggas


Manfaat Jerami pada Peternakan Unggas -Siapa yang tidak kenal jerami padi ( jawa = damen ) ? tentu seluruh dari kita baik yang ada di perkotaan atau perdesaan telah mengenalnya. walau demikian barangkali dikarenakan kurang berbekal pengetahuan terlebih pada penduduk perdesaan, jerami padi belum termanfaatkan dengan baik. kita tengok di sebagian areal persawahan jerami padi cuma ditumpuk saja, apalagi terkadang ada yang segera di bakar demikian panen usai. seluruh itu tentunya tak perlu berlangsung bila kita tahu dapat faedah jerami padi saat menunjang usaha peternakan kita. jerami padi pasti tidak kita pandang sebagai limbah pertanian saja walau demikian kita pandang sebagai fasilitas yang dapat mendukung usaha peternakan kita. mari kita tengok seberapa mutlak fungsi atau faedah jerami padi saat menunjang usaha peternakan kita : 

Bahan alas ( liter ) yang amat murah 

Anda dapat membandingkannya dengan bahan alas yang lain layaknya sekam padi, tongkol jagung, kulit kacang, pasir atau yang lain. maka jerami padi tetap tergolong murah bila dibanding dengan bahan alas diatas serta ketersediannya dapat dikatakan selama th.. untuk memperoleh jerami padi terkadang kita dapat segera mengambilnya dari petani yang tengah panen di sawah walau demikian di beberapa area memanglah mesti membelinya namun hanganya amat murah. 

Penghangat kandang alami 

Bila anda cermati pada usaha peternakan itik petelur, tingkat produksi telur dapat tidak sama dari situasi alas kandang yang amat lembab, agak lembab, agak hangat serta amat hangat. kehangatan didalam kandang terlebih saat malam hari yaitu di antara factor perangsang itik untuk menghasilkan telur. situasi kandang yang hangat dapat didapatkan dengan memberikan jerami padi sebagai alas kandang. bila jerami padi telah tampak basah atau apalagi telah menggumpal maka butuh diganti dengan yang baru supaya tingkat kehangatan didalam kandang terus terjaga. 

Melindungi kebersihan kulit telur 

Di samping dapat menciptakan situasi hangat didalam kandang, jerami padi juga memiliki andil saat menjaga kebersihan kulit telur. sesungguhnya tak perlu kami jabarkan, kita barangkali telah tahu bahwa kebersihan kulit telur pasti tidak sama dari telur-telur yang datang dari kandang yang becek/kotor, telur yang datang dari kandang yang tanpa beralaskan liter, atau telur yang datang dari kandang battery. pasti amat mudah untuk kita untuk membedakannya kebersihan kulit telurnya. 

Menghindar debu ( penyakit pernafasan ) 

Bukan sekedar itu, nyatanya jerami padi dapat menghindar atau meminimalkan masalah penyakit pernafasan yang dikarenakan oleh debu didalam kandang. seperti karpet didalam rumah kita, debu dapat terus ada dibawah karpet sepanjang karpet tersebut tidak kita angkat/buka. debu didalam kandang dapat menempel pada jerami padi hingga pengaruhnya tidak demikian besar untuk ternak. tidak sama dengan kandang yang segera berlantai tanah, penyakit pernafasan sering sekali nampak. 

Bahan sarang ( nest ) 

Kita barangkali lupa, orang tua kita dulu kerap memberikan jerami pada bok sarang induk baik saat induk mulai bertelur atau pada saat induk mulai mengeram. kenapa ? dikarenakan panas yang dihasilkan dari sarang yang diberi jerami padi semakin bagus ( merata ). sebagai tambahan, ada penelitian yang mengungkap juga bahwa bok sarang wujud kerucut berikan hasil paling baik ( daya tetas ) untuk penetasan dengan alami. anda dapat memperbandingkan daya tetas dari induk yang mengeram pada bok sarang yang diberi jerami dengan bok sarang yang tanpa alas, atau beralas bahan lain layaknya percahan kain serta yang lain. 

Menyerap kotoran 

Di antara syarat alas kandang yang baik yaitu sebagai bahan penyerap kotoran ternak hingga kandungan amoniak jadi tidak terlampau tinggi didalam kandang. jerami padi yang dipakai sebagai bahan alas kandang dapat bertindak sebagai bahan alas kandang yang memiliki daya serap yang cukup tinggi. barangkali belum terlintas didalam benak kita bagaimana sistem penularan sebagian penyakit layaknya berak putih ( pullorum ), berak hijau ( cholera ), serta berak darah ( coccidiosis ) yang disebabkan oleh mutu bahan alas yang buruk. bahan alas tersebut tidak dapat menyerap kotoran dengan baik mengakibatkan kotoran yang memiliki kandungan penyakit itu menular ( menyebar ) ke ternak yang lain. sebab itu, memberikan jerami padi sebagai bahan alas yaitu pilihan pas. 

Bahan amoniasi 

Pada usaha peternakan ruminansia dikenal langkah pengawetan jerami padi atau bahan yang lain dengan langkah amoniasi. amoniasi yaitu sistem perlakuan pada bahan pakan limbah pertanian ( biasanya jerami padi ) dengan langkah memberikan bahan kimia layaknya kaustik soda ( naoh ), sodium hidroksida ( koh ), atau urea co( nh2 )2. bahan kimia yang kerap dipakai yaitu urea dikarenakan murah, tidak beracun, mempunyai kandungan nitrogen yang amat tinggi ( 46% ). hasil dari sistem amoniasi baru dapat digunakan 7 hari selanjutnya sesudah pembuatan. sistem amoniasi di samping mempunyai tujuan untuk menambah mutu pakan juga supaya bahan pakan yang melimpah dapat digunakan di waktu yang lain. 

Demikian beberapa faedah atau fungsi jerami padi saat menunjang usaha peternakan yang bisa kami sebutkan. pasti tetap ada faedah-manfaat lain yang belum kami sebutkan dikarenakan keterbatasan pengetahuan kami. oleh dikarenakan itu sudilah kiranya pembaca yang budiman untuk menambahkannya untuk kesempurnaan artikel ini hingga nilai manfaat jadi tambah terlebih untuk insan peternakan di negeri yang tercinta ini. jaya serta majulah peternakan indonesia.
Powered by Blogger.