Budidaya anggur dalam pot - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya anggur dalam pot

Budidaya anggur dalam pot (ragambudidaya) -Tanaman anggur tak hanya bisa di tanama di kebun juga bisa ditanam didalam pot, serta bukan sekedar cukup hanya keindahan wujud tanamannya saja yang kita bisa namun kindahannya itu bisa dilengkapi dengan buah yang bergelantungan di dahan-dahan kecilnya.

Panorama yang indah layaknya itu dapat kita buat di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, pastinya dengan langkah-cara cocok dengan aturan yang benar dan mengerti cii-ciri tanaman tersebut agar tidak malas berbuah.
Di antara berlebihan menanam anggur didalam pot ini kita dapat membentuk tanaman tersebut seindah barangkali, membentuk percabangannya terlebih ditambah dengan timbulnya buah-buah yang terlihat fresh.

Meskipun tujuannya untuk menghiasi lingkungan tempat tinggal atau jadikan tanaman hias tetapi buah yang dihasilkan bisa dimakan juga, serta bukan sekedar itu saja kelebihannya, tanaman anggur didalam pot yang telah berbuah serta mempunyai wujud yang indah dapat mempunyai nilai jual yang cukup tinggi di banding bibit anggur yang cuma ditanam di polybag saja serta tidak berupa.
Tak ada salahnya sih,.. jika hoby anda bisa membuahkan duit tambahan, namun dengan syarat anda mesti kreativ saat membentuk tanaman anggur tersebut.
ok, kita lanjut saja ke poko intinya, yakni langkah atau tahapan-tahapan supaya tanaman anggur ini dapat indah saat tampak didalam pot :

1. Penentuan pot
Langkah awal sesudah ada bibit kita memastikan pot yang dapat dipakai, butuh diingat, dikarenakan tujuan kita menciptakan keindahan tanaman hias maka pot mesti yang bagus serta baik, sperti pot semen, pot plastic, atau pot tanah. diameter permukaan pot mesti semakin besar dari pada permukaan bawah atau sama besarnya.

Tetapi dari beragam jenis type bahan pot yang tambah baik untuk tanaman anggur yaitu pot yang memiliki bahan basic tanah, perihal ini cukup baik pengaruhnya untuk tanaman, dikarenakan pot berbahan basic tanah mempunyai pori-pori di bagian dasarnya yang bisa menyerap air.

Hingga akar tanaman tidak mudah kekeringan jika terlambat menyiram serta tak lagi lebab jika terlampau banyak air penyiraman, gunakanlah lah pot yang terbuat dari tanah. untuk mendukung keindahan tanaman, pot berbahan basic tanah ini saat ini banyak yang mempunyai ukiran-ukiran cantik di bagian luarnya.

2. Media tanam
Media tanam yang dipakai untuk tanaman anggur didalam pot mesti cocok dengan ciri-ciri  tanaman. media tanam yang pas untuk anggur yaitu pasir serta pupuk kandang, mengapa pasir ? dikarenakan pasir mudah ditembus oleh akar tanaman aggur.
sebelum saat dimasukan kedalam pot pasir serta pupuk kandang diaduk terlebih dulu. untuk semakin bagus lagi sepertiga sisi bawah pot diisi oleh tanah gembur, agar menghalangi keluarnya air dari pot.

3. Langkah menanam ke didalam pot
Pertama masukan pecahan batu bata atau genting pada basic pot, lantas masukan media tanam yang telah digabung rata, isi pot hingga nyaris penuh. lantas bikin lubang tanam ditengahnya semakin besar sedikit dari polybag yang digunakan bibit.
Setelah itu polybag dilepaskan serta masukan bibit tersebut pada lubang yang sudah disiapkan, atur posisi tanaman supaya terlihat tegak, setelah itu tutup permukaan dengan media tanam lagi.
lantas siram tanaman tersebut, saat selesai penyiraman maka permukaan tanah dapat alami penurunan sampai 5 cm dari bibir pot, perihal ini berlangsung dikarenakan pemadatan media tanam. setelah itu simpan tanaman tersebut di area yang terkena cahaya matahari dengan penuh.

4. Perawatan tanaman
Perawatan yang dikerjakan pada tanaman anggur yang ada didalam pot sama halnya layaknya menjaga anggur yang ditanam di kebun. tetapi, perawatan tidak sesulit yang dikerjakan di kebun. perihal butuh di perhatikan dalm menjaga tanaman anggur didalam pot ini diantaranya :
  • penyiraman. untuk lakukan penyiraman tanaman anggur didalam pot dikerjakan tiap-tiap hari, serta waktunya pada sore hari. lantas pada saat penyiraman mesti hati-hati agar percikan air tidak mengakibatkan kerusakan media tanam yang berbentuk pasir serta pupuk kandang yang mudah bergerak jika terkena air, jangan sempat merubah posisi akar.
  • pemberian ajir. manfaat ajir pada tanaman anggur amat mutlak, supaya bibit anggur tumbuh lurus. ajir dapat berbentuk kayu atau bilah bamboo setebal 1, 5 cm dengan panjang 1 m. ajir ini cuma berperan sebagai penyangga bibit hingga tiba waktu pemangkasan pertama.
Pada awal penanaman, bibit anggur diikat longgar dengan ajir. dalm pertumbuhannya, tanaman anggur dengan sendirinya dapat tumbuh memanjat dengan pertolongan sulur.
untuk beroleh cabang yang menarik, pohon anggur mesti diberi penopang yang berperan sebagai panjatan. panjatan ini ditanam didalam pot, berbentuk bilah bambu setebal 2 cm dengan panjang 1, 5 m yang berbentuk lilitan kawat.

Satu pot diberi empat bilahan bambu yang ditancapkan di tepi pot. penopang bambu ini dapat jadikan tanaman anggur didalam pot dapat dipandang dari beragam arah. wujud percambahannya lalu bisa diatur hingga bisa berupa bulat layaknya bola, slinder, atau paying.

Pemupukan. tanaman angggur yang baru ditanam didalam pot bisa diberi pupuk urea, dosis yang didapatkan cukup satu sendok makan. pupuk tersebut diberikan tiap-tiap dua minggu sekali hingga tanaman berusia tiga bln.. sesudah berusia tiga bln., pupuk yang didapatkan diperbanyak jadi dua sendok makan. pupuk diberikan 1 bulan sekali.

5. Agar tanaman cepat berbuah
Perihal yang terutama agar mempercepat tumbuh buah yakni pemangkasan pada ranting yang mengakibatkan bunga keluar serta cabang tersier. saat cabang tersier telah berwarna coklat atau telah berusia tiga bln., pemangkasan bisa dikerjakan.

Pemangkasan cuma dikerjakan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. pemangkasan ini dikerjakan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.

Pada pemangkasan pertama, malai bunga yang nampak umumnya tetap berukuran kecil. jumlah malai berangsur-angsur dapat jadi tambah pada pemangkasan ke-2, ketiga, dan sebagainya
bunga yang nampak sesudah pemangkasan makin lama dapat mekar serta membuahkan buah-buah kecil berwarna hijau. buah ini selalu berkembang serta meraih perkembangan optimal sesudah 105-110 hari sejak pemangkasan.

Pada saat perkembangan buah, tanaman anggur didalam pot butuh disiram tiap-tiap hari serta pemupukan dikerjakan tiap-tiap bln.. adapun pupuk yang didapatkan berbentuk npk sejumlah dua sendok makan.

Powered by Blogger.