Headlines News :
Home » » Budidaya Tomat

Budidaya Tomat

Written By mupeng aja on Monday, February 25, 2013 | 7:57 AM


Budidaya Tomat (ragambudidaya) -Siapa tidak kenal tomat?, ya tomat sering kali digunakan sebagai buah buahan pelengkap makan, biasanya banyak orang yang lebih suka tomat dimakan begitu saja, atau ada juga yang dicampur jadi sambel lalapan ...
mantab sekali.

1. Tanda-tanda tanaman tomat
Didalam kehidupan sehari-hari, tomat memiliki fungsi yang amat mutlak. dikarenakan itu, kita lalu telah tidak asing lagi dengan tomat. bila kita pingin tau langkah menanam tomat kita mesti tahu telrebih dahulu tanda-tanda tomat pada mulanya agar tidak salah dengan tanaman yang lain, ciri-cirinya adalahsebagai tersebut :

a. Berupa perdu, jika tomat liar yang tumbuh menjalar,
b. Berusia kian lebih 1 tahun,
c. Berakar tunggang.
d. Berbatang bersegi serta berbulu halus,
e. Bunganya berupa terompet kecil serta berwarna kuning,
f. Buahnya berupa bulat, bulat pipih, serta ada juga yang layaknya bola lampu,
g. Buahnya berdaging serta memiliki kandungan banyak air, dan
h. Daunnya bercelah dengan tulang daun menyirip.

2. Beberapa jenis tomat

Ada sebagian type tomat yang dikenal oleh penduduk. sebagian type diantaranya tentu dulu anda makan, baik yang dimakan dengan segera ataupun yang dipakai sebagai bumbu masak. di bawah ini type tomat-tomat tersebut.

a. Tomat apel ( solanum lycopersium l. pyriforme )
tomat type ini berbuah bulat serta sedikit keras layaknya apel atau pir.

b.Tomat sayur atau tomat porselin ( solanum lycopersicum l commune )
tomat sayur atau porselin berbuah bulat pipih, lunak, serta memiliki bentuk tidak teratur. tomat ini banyak dijual dipasar.

c. Tomat kentang ( soalnum lycopersicum l grandifolium )
tomat type ini berbuah bulat besar serta padat. ukuran buah tomat ini lebih kecil dari tomat apel serta berdaun lebar.

d.Tomat keriting ( solanum lycopersicum l. validum )
tomat type ini berupa agak lonjong dank jamans, namun daunnya rimbun keriting serta berwarna hijau kelam.

3. Bercocok tanam tomat 
Tanaman tomat bisa tumbuh, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. type tomat apel tambah baik ditanam di dataran tinggi, namun type tomat sayur tambah baik ditanam di dataran rendah. lantas, sebelum saat anda bertanam tomat, tambah baik tetapkan dahulu tempat yang dapat ditanami, apakah berbentuk dataran rendah atau dataran tinggi.

Ssaat anda dapat menanam tomat, carilah tanah yang subur serta sedikit memiliki kandungan pasir. perihal ini dikarenakan tomat suka tanah layaknya ini. tetapi, tanah liat yang memiliki kandungan sedikit pasir amat tidak disukai tanaman ini. disamping itu, tanaman tomat nyatanya tidak tahan pada hujan. lantas, anda tambah baik tidak menanam tomat pada waktu musim hujan.

Tomat dikembangbiakkan dengan bijinya. sebelum saat anda menanam tomat disemaikan terlebih dulu. tanah yang dapat jadikan persemaian dicangkul serta diberi pupuk kandang. biji tomat ditaburkan berbaris dengan jarak antar baris 5 cm. saat anda menaburkan biji tomat ini, kerjakanlah dengan hati-hati serta tipis-tipis diatas tanah persemaian. sesudah 5-7 hari disemaikan, biji tomat dapat tumbuh. sesudah berusia 2 minggu, bibit dari persemaian dipindahkan ke didalam kantong plastik.

Tempat yang dapat dipakai untuk bertanam tomat dicangkul. lantas, buat sebagian lubang. tiap-tiap lubang diberi pupuk kandang. sesudah 1bulan, pindahkanlah tanaman tomat yang ada di kantong plastic. sesudah itu, anda bisa menutupi tanaman tomatmu dengan dedaunan atau pelapah pisang. perihal ini dikerjakan supaya bisa menghindar panas matahari atau air hujan. baru sesudah 3-4, hari anda bisa buka tutupnya. sesudah itu, janganlah lupa diberi pupuk.

Layaknya halnya manusia, tanaman juga senang sakit. pemicunya yaitu serangan hama serta penyakit. hama yang kerap menyerang tomat, diantaranya ulat serta cacing. adapun cendawan, bakteri, serta virus adalah pemicu penyakiut pada tanaman tomat. penyakit pada tanaman tomat cepat menyebar. lantas, anda mesti waspada. cermati senantiasa tanaman tomatmu supaya terhindar dari penyakit serta membuahkan buah yang baik.

Pencegahan pada penyakit supaya tidak menyebar yaitu dengan langkah mencabut serta membakar tanaman yang sakit. karena, pemicu penyakitnya dapat mati serta tak lagi mengganggu tanamanmu lagi.
Tiap-tiap kita menanam, tentu saat-saat yang dinanti-nantikan yaitu saat tanaman berbuah serta buahnya telah masak. banarkan ? terasa senang saat lihat tanaman yang kita tanam berbuah banyak serta siap dipetik.

Share this article :

Tags

 
Support : Creating Website | Ragambudidaya | Ragambudidaya
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. budidayaku - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Ragambudidaya