Budidaya Ikan Mas - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas -Ikan mas yaitu type ikan yang dapat digunakan untuk beragam usaha. layaknya untuk usaha masakan sampai budidaya. itu juga karena ikan mas yang memiliki cita rasa yang tinggi hingga disukai customer. ikan mas mempunyai tingkat perkembangan yang cepat hingga baik untuk dibudidayakan. blogiztic dapat mengulas perihal budidaya ikan mas.

Ikan mas ( cyorinus carpio, l. ) adalah spesies ikan air tawar yang terhitung didalam famili cyprinidae, sub ordo cyprinoidea, ordo ostariophysi sub kelas teleostrei. ikan mas telah lama dibudidayakandan terdomestikasi dengan baik didunia. di antara type ikan air tawar ikan mas adalah ikan yang sangat popular di penduduk. tak hanya dikenal dengan nama ikan mas, ikan ini dikenal dengan nama dengan nama ikan karper maupun ikan tombro. saat ini sudah banyak dikenal ras persilangan ikan mas diantaranya ikan mas merah, si nyonya, taiwan, majalaya, kaca, kumpai dan sebagainya.

Kriteria budi daya ikan mas
 Di alam aslinya ikan mas hidup di perairan sungai, danau ataupun genangan air yang lain yang ada pada ketinggian 150-600m dpl, dengan suhu air berkisar 20 derajat hingga 25 derajat celcius. ikan mas terhitung hewan omnnivora atau pemakan semua hingga di alam makanan ikan mas berbentuk daun-daunan, lumut, serangga, cacing serta lain sebagainya. pada model budidaya ikan mas lingkungan pemeliharaan dibikin menyerupai alam aslinya.
Model budidaya ikan mas dapat dipelihara didalam kantong jaring apung, kolam air deras, kolam tanah, kolam beton dan sebagainya bergantung ketersediaan lokasi. makanan didalam budidaya ikan mas juga berbagai macam dimulai dari pemberian pakan alami hingga pemberian pelet buatan pabrik. yang butuh di perhatikan yaitu mutu air pada media untuk budidaya ikan mas layaknya ph air yang perlu ada pada kisaran 7-8, kandungan oksigen terlarut yang cukup serta bebas dari kandungan zat kimia beresiko.

Model budi daya ikan mas
Kesempatan usaha budidaya ikan mas bisa dipilih cocok situasi serta hasrat. ada sebagian kesempatan usaha didalam budidaya ikan mas ini yakni pembibitan serta pembesaran ikan mas untuk kepentingan mengonsumsi.

Usaha pembibitan ikan mas
Pembibitan ikan mas mempunyai prospek yang cukup cerah, dikarenakan perputaran modal yang cukup cepat. penyediaan bibit ikan mas diawali dari burayak ikan mas baru saja menetas, burayak umur lebih kurang 1bulan, burayak umur dua bln.. pada tiap-tiap umur ikan mas mempunyai potensi ekonomi.

Persiapan induk ikan mas
Induk ikan mas yang dapat dipijahkan dipelihara di kolam spesial dengan terpisah pada jantan serta betina. pakan yang didapatkan berbentuk pellet dengan kandungan protein 25%. dosis pemberian pakan ikan mas sejumlah 3% per bobot biomas /hari. pakan tersebut diberikan 3 kali/hari. ikan mas betina yang diseleksi telah bisa dipijahkan sesudah berusia 1, 5 – 2 th. dengan bobot 2 kg. namun induk jantan berusia 8 bln. dengan bobot 0, 5 kg. untuk membedakan jantan serta betina bisa dikerjakan dengan jalur mengurut perut kearah ekor. bila keluar cairan putih dari lubang kelamin, maka ikan mas tersebut jantan.
Tanda-tanda ikan mas betina yang siap pijah atau masak gonad yaitu :
- pergerakan ikan lamban
- saat malam hari kerap meloncat-loncat
- perut membesar/buncit ke arah belakang serta bila diraba merasa lunak
- lubang anus agak membengkak/menonjol serta berwarna kemerahan

Namun tanda-tanda untuk ikan mas jantan gerakan lincah serta mengeluarkan cairan berwarna putih ( sperma ) dari lubang kelamin apabila dipijit.

Pemijahan ikan mas
Didalam sistem pemijahan ikan mas, ikan dirangsang dengan langkah bikin lingkungan perairan menyerupai situasi lingkungan perairan umum di mana ikan ini memijah dengan alami atau dengan rangsangan hormon. beberapa langkah yang dikerjakan didalam pemijahan ikan mas yaitu :
membersihkan serta mengeringkan wadah pemijahan ( bak/kolam )
isi wadah pemijahan dengan air setinggi 75-100 cm

Menempatkan hapa untuk mempermudah panen larva di bak atau di kolam dengan ukuran 4 kali 3 kali 1 mtr.. hapa dilengkapi dengan pemberat supaya tidak mengambang.
Menempatkan kakaban di area pemihajan ( didalam hapa ). kakaban bisa berbentuk ijuk yangdijepit bambu/papan dengan ukuran 1, 5 kali 0, 4 m.
memasukkan induk ikan mas jantan serta betina siap pijah. jumlah induk ikan mas betina yang dipijahkan bergantung pada keperluan benih serta luas kolam yang dapat dipakai didalam pendederan. satu induk ikan mas betina dipasangkan dengan 2 atau tiga ikan mas jantan atau apalagi lebih bergantung bobot indukan betina.
Mengangkat induk yang memijah serta memindahkannnya ke kolam pemeliharaan induk.
Sesudah telur berumur lebih kurang 4 hari maka telur ikan mas dapat menetas jadi larva, sebagian waktu sesudah menetas larva tetap memperoleh suplai makanan cadangan dari telur, sesudah itu butuh diberi makanan tambahan berbentuk pelet untuk larva, kutu air atau kuning telur rebus. sesudah lebih kurang lima hari larva ikan mas siap ditebar di kolam pembenihan.

Pendederan ikan masSesudah larva cukup kuat waktunya untuk lakukan pendederan ikan mas, bisasanya dikerjakan pada kolam lumpur atau sawah walau dapat juga dikerjakan pada kolam semen. persiapan kolam tanah yaitu dengan meratakan tanah dasarnya, tebarkan 10 – 15 karung kotoran ayam, isi air setinggi lebih kurang 40 cm serta rendam sepanjang 5 hari tanpa aliran air. perihal ini ditujukan supaya plankton serta sumber makanan alami ikan mas tumbuh di kolam pendederan. untuk ukuran kolam lumpur 100 m2 tebar 100. 000 ekor larva saat pagi hari, berikanlah makanan tambahan berbentuk tepung pelet atau pelet yang sudah direndam. pada umur sudah meraih 3 minggu bibit ikan mas siap dipanen, untuk dijual atau dipelihara kembali pada kolam tidak sama. perihal yang sama dikerjakan untuk membesarkan benih ikan mas pada ukuran yang semakin besar, cuma saja kepadatan ikan butuh dikurangi.

Usaha pembesaran ikan masUsaha pembesaran ikan mas adalah usaha mencukupi keperluan keinginan ikan mas mengonsumsi, ikan mas mengonsumsi dapat beragam mulai ukuran 300 gram hingga 1 kg. usaha pembesaran ini dapat dikerjakan di kolam lumpur, keramba jaring apung atau kolam air deras.
Pembesaran ikan mas di keramba jaring apung
Pembesaran ikan mas bisa dikerjakan didalam keramba jaring apung yang biasa dipasang di perairan umum. penentuan lokasi penempatan jaring didalam satu perairan dapat amat mendukung berhasilnya sistem produksi. sebagian cii-ciriistik perairan yang pas diantaranya yaitu air bergerak dengan arus terbesar, namun bukan hanya arus kuat, penempatan jaring bisa dipasang sejajar dengan arah angin, badan air cukup besar serta luas hingga bisa menanggung kestabilan mutu air, kedalaman air minimal bisa meraih jarak pada basic jaring dengan basic perairan 1, 0 mtr., mutu air beri dukungan perkembangan layaknya suhu perairan 270c hingga 300c, oksigen terlarut tidak kurang dari 4, 0 mg/l, serta kecerahan tidak kurang dari 80 cm.
langkah berternak ikan mas

Usaha pembesaran ikan mas di kolam air deras
Pemeliharaan ikan mas di kolam air deras mesti memperhitungkan banyak hal diantaranya lokasi dekat dengan sumber air ( sungai, irigasi, dan sebagainya ) dengan topografi yang sangat mungkin air kolam bisa dikeringkan dengan langkah gravitasi, mutu air yang dipakai berkwalitas baik serta tidak tercemar ( kandungan oksigen terlarut 6-8 ppm ) serta dengan debit air minimal 100 liter permenit.

wujud kolam air deras berbagai jenis bergantung situasi tempat, dapat segitiga, bulat ataupun oval. ukurannya beragam sesuai dengan situasi tempat serta kekuatan pembiayaan. biasanya kad berukuran 10-100 m 2 dengan kedalaman rata-rata 1, 0 – 1, 5 mtr.. dinding kolam tidak terkikis oleh aliran air serta kegiatan ikan. oleh dikarenakan itu mesti berkontruksi tembok atau lapis papan. basic kolam mesti sangat mungkin tidak tempat mati aliran ( area di mana kotoran mengendap ). 

Oleh dikarenakan itu kemiringan kolam mesti cocok ( lebih kurang 2 – 5 persen ). padat tebar ikan ukuran 75 -150 gram/ ekor sejumlah 10 – 15 kg /m3 air kolam. dosis pakan yang didapatkan sejumlah 4% bobot biomass perhari. frekuensi pemberiannya 3 kali/hari. satu unit keramba jaring apung minimal terdiri dari kantong jaring serta kerangka jaring. dimensi unit jaring berupa persegi empat dengan ukuran kantong jaring 7 kali 7 kali 3 m3 atau 6 kali 6 kali 3 m3. satu unit keramba jaring apung terdiri empat set kantong serta satu set terdiri dari dua lapis kantong sisi badan kantong jaring yang masuk kedalam air 2, 0 hingga 2, 5 mtr.. kerangka jaring terbuat bisa dibikin dari besi atau bambu serta pelampung berbentuk steerofoam atau drum. 

Bahan kantong jaring datang dari benang polietilena. frekuensi pemberian pakan minimal 2 x /hari. namun langkah pemberian pakan supaya efisien dianjurkan menggunakan feeding frame yang bisa dibikin dari waring dengan mesh size 2, 0 mm berupa persegi empat seluas 1, 0 smpai 2, 0 m2. alat ini di gunakan didalam badan air kantong jaring pada kedalaman 30 hingga 50 cm dari permukaan air. dengan penebaran bibit seberat 300 kg kurun waktu 3 bln. dapat membuahkan ikan mas mengonsumsi 1. 5 hingga 2 ton.
Powered by Blogger.