Budidaya kacang panjang - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya kacang panjang

Budidaya kacang panjang (ragambudidaya) -Sesudah kita bisa memastikan tempat atau kebun untuk budidaya kacang panjang langkah setelah itu bersihkan tempat dari tanaman-tanaman lain, layaknya rumput, dulma atau sisa-sisa tanaman lain yang dulu ditanam di tempat tersebut.

Pembersihan rumput umumnya dikerjakan menggunakan alat manual layaknya cangkul atau menggunakan mesin traktor. agar sisa tanaman tersebut tidak digunakan sarang penyakit maka baiknya dibakar. dapat juga sistem pembersihan rumput atau gulma ini dengan langkah kimiawi yakni memberikan roundup, actril ds, satrunin 500/50 ec, serta paracol.

Sesudah pembersihan setelah itu kerjakan penjangkulan tanah atau penggemburan, dengan pencangkulan ini agar tanah yang ada di dalam agar tidak memadat serta terangin-anginkan untuk menyingkirkan racun. sesudah selesai biarlah tanah sepanjang 1 minggu.

Sesudah 1 minggu kerjakan penyisiran tanah sekalian dikerjakan pengapuran, jika tanah mempunyai ph kurang dari 5, 5, dikarenakan tanah untuk media tanaman kacang panjang mesti mempunyai keasaman ( ph ) pada 5, 5-6, 5. sesudah selesai pengapuran maka biarkann tanah terangin-angin sepanjang 1 minggu.

Step setelah itu pembuatan bedengan, manfaat pembuatan bedengan ini sama halnya layaknya tanaman-tanaman lain yakni untuk area penanaman, meringankan peresapan air hujan ataupun air pengairan, meringankan pemeliharaan tanaman, serta meringankan pemanenan.

Lebar bedengan untuk system penanaman dua jalur berukuran 100 cm – 120 cm, namun untuk penanaman satu jalur lebarnya 60 – 70 cm. tinggi bedengan untuk tanaman kacang dilahan kering ( tegalan ) yakni 20 cm, namun untuk tempat bekas sawah, tinggi bedengan 30 cm. serta panjang bedengan sesuai dengan situasi luas tempat yang ada. serta untuk lebar parit 40 cm.

Pemberian pupuk basic, selai pengolahan tanah juga butuh pemberian pupuk alam, layaknya pupuk kandang, kompos, atau pupuk hijau. pemberian pupuk basic ini dikerjakan 1 minggu sebelum saat penanaman. umumnya pemberian pupuk ini bersamaan pada waktu pembuatan bedengan.

Bagian setelah itu sebelum saat penanaman kacang panjang yakni sterilisasi tanah. sterilisasi dikerjakan dengan kimiawi gunakan pestisida, contohnya basamid 3g lebih efisien dikarenakan bisa memberantas ulat tanah, cacing tanah, gulma, serta cendawan. tujuan dari sterilisasi ini untuk kurangi hama serta penyakit, serta umumnya dikerjakan bersamaan dengan pemupukan basic.

Step setelah itu pemasangan mulsa plastic hitam perak. ada banyak hal positif yyang didapat tanaman kacang jika menggunakan mulsa plastic hitam perak ini disbanding menggunakan mulsa jerami, mulsa plastic bening, serta tanpa menggunakan mulsa sekalipun.

Mulsa plastic hitam perak adalah mulsa plastic yang mempunyai dua permukaan yang tidak sama, yaitu permukaan satu berwarna hitam serta permukaan yang lain berwarna perak. ke-2 warna permukaan tersebut mempunyai karakter atau manfaat yang tidak sama juga.

Permukaan yang berwarna perak berperan memantulkan cahaya ultra violet matahari yang bisa merubah iklim mikro di lebih kurang tanaman. pemantulan sinar matahari tersebut akan menolong menyempurnakan sistem fotosintesis tanaman hingga perkembangan tanaman bisa lebih prima serta hasil panennya lalu lebih tinggi.

Disamping itu, pantulan cahaya ultraviolet tersebut juga bisa mengusir kutu daun hingga bisa menghindar tanaman kacang panjang diserang kutu daun ataupun penyakit virus yang ditularkan oleh kutu.

Namun permukaan plastic yang berwarna hitam berperan menghimpit perkembangan rumput, gulma, dan cendawan didalam tanah. ke-2 permukaan plastic mempunyai manfaat yang tidak sama, maka untuk pemasangannya jangan sempat salah.
Pengadaan benih, tanaman kacang panjang diperbanyak dengan biji, maka untuk membudidayakan kacang panjang yang ditanam yaitu bijinya. untuk memperoleh benih kacang panjang yang siap tanam dapat kita beli di took-toko penyedia benih atau dengan pembibitan sendiri.

Untuk penanaman benih dapat segera ditanam di tempat yang telah ditentukan, tetapi, baiknya sebelum saat penanam dikerjakan seleksi terlebih dulu supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik, layaknya, biji utuh tidak cacat, luka, atau pecah, biji yang dipilih seragam, biji berwarna mulus mengkilap serta tak ada noda apa pun pada mata bijinya, biji tidak diserang hama serta penyakit, biji bersih dari kotoran, biji murni tidak tercampur dengan varietas lain, biji tidak keriput, serta biji memiliki bentuk normal.
penentuan waktu tanam yang pas adalah pada musim kemarau, mengapa mesti musim kemarau ? ? ? dikarenakan menanan pada musim kemarau berikan hasil yyang tambah baik disbanding musim penghujan.

Perihal itu disebabkab oleh iklim atau cuaca pada pada musim kemarau amat menujang untuk perkembangan benih serta perkembangan tanaman setelah itu. namun pada musim penghujan cuaca amat lembab, suhu hawa cukup dingin, serta intensitas cahaya matahari amat rendah. disamping itu pada musim hujan kerap berlangsung masalah hama serta penyakit yang menyerang tanaman. maka tambah baik penanam dikerjakan awal musim kemarau ata akhir musim hujan.

Jarak tanam untuk tanaman kacang panjang yaitu 50 cm kali 50 cm, 45 cm kali 50 cm, 50 cm kali 60 cm, serta 50 cm kali 30 cm bergantung dari varietas yang dapat ditanam, contohnya, varietas putih super serta hijau super, jarak tanam yang dipakai 50 cm kali 50 cm, untuk varietas biji hitam jarak tanam yang dipakai 45 cm kali 50 cm, untuk varietas lurik super serta varietas merah putih super, jarak tanamnya 50 cm kali 60 cm. namun varietas local, jarak tanamnyanya 50 cm kali 30 cm atau 40 cm kali 60 cm.
Pemberian air atau penyiraman pada tanaman kacang panjang amat mutlak di perhatikan, dikarenakan pemberian air mesti seimbang tidak bisa terlampau banyak ataupun kekurangan.

Pengairan baiknya diberikan saat pagi hari atau sore hari pada waktu suhu hawa serta terik matahari rendah, hingga lebih efisien dikarenakan sistem evapotranspirasi ( penguapan air tanah serta air tanaman ) berjalan lamban.

Pemupukan pada tanaman mempunyai tujuan untuk pemberian zat makanan yang diperlukan tanaman. type pupuk yang bisa dipakai untuk mencukupi keperluan tanaman pada unsure hara makro serta unsure hara mikro yaitu pupuk organic, yakni : pupuk kandang, kompos, serta pupuk hijau. serta pupuk anorganik, yakni : urea, sp-36, kcl, serta pupuk daun.

Pemasangan lanjaran amat mutlak untuk mendukung perkembangan tanaman kacang agar bisa tumbuh dengan vertical. lanjaran untuk tanaman kacang dapat berbentuk bamboo yang dibelah-belah dengan ukuran 4 cm serta panjang 2 m.

Pemasangan lanjaran dikerjakan pada waktu tanaman telah meraih ketinggian 20 cm. langkah menempatkan lanjaran dikerjakan dengan langkah menancapkan lanjaran sedalam kurang lebih 20 cm, dengan jarak lebih kurang 25 cm dari tepi bedengan serta dekatdengan batang tanam.

Step setelah itu yaitu pemangkasan pada batang serta daun, perihal ini mempunyai tujuan agar tanaman terangsang untuk pembentukan cabang baru supaya tanaman bisa berbuah semakin banyak. pemangkasan pada pucuk batang tanaman ini cuma dikerjakan sekali saat tanaman sudah berusia 25 hari sesudah tanam.

Powered by Blogger.