Panduan beternak bebek - BUDIDAYAKU

Header Ads

Panduan beternak bebek


panduan beternak bebek

Panduan beternak bebek  (ragambudidaya) -Langkah beternak bebek ditulis dihalaman ini dengan garis besar saja, untuk detil serta simpelnya silakan berimprofisasi. bebek petelur serta pedaging tidak tidak sama langkah perawatannya, perbedaan langkah beternak bebek pedaging dengan petelur cuma pada pemberian pakan saja, di mana untuk bebek petelur diberikan pakan mineral yang semakin banyak di banding dengan pakan ternak bebek pedaging. Di bawah ini garis besar langkah beternak bebek :

Persipan kandang
Bila anda memelihara bebek dengan dikandangkan tanpa ada pengembalaan atau dilepaskan maka didalam kandang baiknya siapkan kolam untuk bebek berenang. kolam bebek itu baiknya dibangun di dalam kandang, cermati gambar di bawah ini. 
panduan beternak bebek
  1. Area berteduh serta tidur bebek, dibikin layaknya bangku dari bilah bamboo dengan ketinggian 30 cm, serta diberi atap setinggi 80 cm
  2. Idem dengan nomer 1
  3. Kolam bebek, dibangun untuk area berengan bebek luas kolam ini 10 persen dari luas kandang, serta kedalamannya 50 cm.
  4. Lapangan terbuka
Persiapan bibit
Bila anda pingin berproduksi dengan cepat maka baiknya bibit yang anda beli yaitu bebek dara, tetapi bila anda pingin cost bibit menyusut maka anda dapat beli doc bebek petelur atau pedaging. doc atau bebek dara keduanya sama mempunyai berlebihan serta keunggulan, harga doc bebek lebih murah dari pada bebek dara tetapi bebek dara lebih cepat berproduksi dari pada doc.

Perawatan 
Bila anda beli doc maka perawatan doc mesti dikerjakan sesempurna barangkali terlebih menyangkut pemanasan doc serta vaksinasi. serta bila anda menentukan bebek dara maka vaksinasi serta penghangat kandang tidak dibutuhkan lagi.

Pakan
Persiapan pakan, untuk efisiensi cost budidaya bebek baiknya pakan digabungkan pada pakan pabrik (pelet) serta pakan olahan sendiri, sebagian alternatif pakan tambahan untuk bebek pedaging serta petelur : keong mas, sayuran, makanan sisa.

Kebersihan kandang
Baiknya kandang disapu minimal 2 kali 1 minggu, jauhkan kotoran serta sisa makanan dari kandang bebek. atrau jual saja sebagai pupuk kandang.

Kesehatan ternak
Dalam langkah beternak bebek pedaging serta petelur ini, kesehatan yang sangat penting di perhatikan yaitu kegiatan bebek, bila tampak bebek anda kurang aktif pergerakannya di dalam kandang bermakna bebek tersebut kurang vit. begitupun apabila nafsu makan bebek kurang maka itu awal indikasi bebek dalam situasi sakit.
Pemberian pakan
Baiknya janganlah segera banyak ( kali 1 hari ), dalam beternak budidaya bebek serta unggas yang lain makin kerap ( frekuensi ) pemberian pakan maka kualitas perkembangan bebek dapat makin baik terlebih untuk anak bebek. ini juga terkait jamant dengan efisiensi pemberian pakan, unggas condong kurang suka pakan yang telah lama.

Bila item di atas sudah jalan dengan baik maka telah dapat dipastikan langkah beternak bebek yang anda kerjakan telah benar serta hitungan analisa laba rugi pada bisnis peternakan bebek anda dapat positip pada laba.

Powered by Blogger.