Mengenal jenis sapi unggul inseminasi - BUDIDAYAKU

Header Ads

Mengenal jenis sapi unggul inseminasi

Mengenal jenis sapi unggul inseminasi (ragambudidaya) -Sekurang-kurangnya ada 4 type sapi unggul di Indonesia yang kerap jadikan sebagai bibit untuk inseminasi buatan sekarang ini. Sapi unggul tersebut sesungguhnya tak ada yang asli sapi Indonesia, layaknya simmental serta limousine yang demikian diminati masyarakat peternak. Adapun bibit sapi lokal yang sekarang ini dapat diperoleh memlalui inseminasi buatan yaitu sapi bali serta sapi madura, tetapi ke-2 sapi ini amat jarang diminta peternak sebagai bibit untuk reproduksi ternak mereka. kita dapat catatkan sedikit perihal keunggulan sapi-sapi yang biasa di-inseminasikan sekarang ini.

Sapi angus
sapi angus

Sapi angus ini datang dari scotland, sapi ini pas dipelihara di tempat beriklim tropis, sapi angus mempunyai berat badan jantan dewasa sampai 900 kg, serta bertambahnya berat badan harian meraih 1 kg perhari (untuk sapi pasca sapih). Biasanya sapi angus ini berwarna hitam di seluruh tubuh. Karakteristiknya cukup jinak dengan tampang yang menyerupai banteng. berlebihan dari sapi ini cukup tahan pada pergantian iklim serta penyakit. tipikal sapi angus yaitu sapi potong/ pedaging, gampang beradaptasi dengan semua type hijauan makanan ternak.

Di antara BBIB ( Balai Besar Inseminasi Buatan ) yang menghasilkan semen beku ( straw ) sapi angus yaitu bbib singosari, disamping itu bbib lembang juga mempunyai pejantan unggul untuk sapi angus ini.

Sapi brangus
brangus sesungguhnya yaitu persilangan dari sapi angus dengan brahman, warna dominant sapi brangus ini adalha hitam, punuk pada sapi brangus inilah yangmembedakannya dengan sapi aberdeen angus. Sapi ini amat baik dipelihara di tempat beriklim tropis layaknya Indonesia, mempunyai kekuatan adaptasi yang amat tinggi dan dapat bertahan di kondisi rumput yang buruk walaupun. di Indonesia sapi ini telah banyak dikembangkan dikarenakan kecocokannya dengan iklim seluruh lokasi indonesia. berat badan jantan brangus meraih 700 kg, serta bertambahnya badan perhari meraih 0, 7kg.

BBIB yang membuahkan semen beku untuk sapi brangus ini yaitu lembang serta singosari. warna dari straw semen beku untuk brangus yaitu hijau. disamping itu sebagian bib tempat juga sudah menghasilkan semen beku untuk sapi ini.

Sapi brahman
Brahman yaitu di antara sapi bangsa zebu, datang dari India serta pas sebagai ternak sapi potong / pedaging. kualitas karkas sapi brahman cukup baik. warna dominant sapi barman ini yaitu putih dengan punuk yang besar. di sebagian tempat sapi ini dinamakan sapi mengali, berat badan sapi jantan dewasa meraih 700 kg, tipikal sapi ini agak agresif. Kelebihan sapi brahman yaitu sapi ini baik dipelihara di tempat yang kualitas rumputnya kurang baik walaupun serta dapat beradaptasi dengan beragam cuaca. bertambahnya bobot harian sapi barman meraih 0, 8 kg/ hari untuk sapi jantang yang telah disapih.

Nyaris seluruh bbib serta bib di indonesia menghasilkan semen beku untuk sapi brahman ini. populasi sapi brahman di indonesia sekarang ini menyusut apabila dibanding dengan bertambahnya populasi simmental serta limousine.

Sapi ongole
sapi ongole
Ongole juga bangsa sapi zebu, sukar membedakan sapi ongole ini dengan sapi brahman untuk beberapa orang. sapi ongole ini juga mempunyai punuk baik sapi jantan ataupun betina, warna dominant sapi ini juga putih. berat badan sapi ongole jantan dewasa meraih 650 kg dengan bertambahnya berat badan harian meraih 0, 6 kg/ hari. 

Di Indonesia sapi ini telah dikawinkan dengan beragam sapi ongole hingga sapi ongole kerap dimaksud peranakan ongole.Tipikal sapi ini sama juga dengan sapi brahman. seluruh bbib serta bib membuahkan semen beku untuk sapi ongole ini. warna straw semen bekunya yaitu biru muda

Powered by Blogger.