Budidaya tomat dalam pot - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya tomat dalam pot

budidaya tomat dalam pot


Budidaya tomat dalam pot (ragambudidaya) -Pada waktu ini barangkali untuk masyarakat di perkotaan amat sukar memiliki kebun di lebih kurang tempat tinggal, dikarenakan terbatasnya tempat kosong, jumlah populasi manusia yang terus membengkak, terpaksa masyarakat hidup dengan berdesak-desakkan ditambah harga tanah yang selangit. Situasi layaknya ini amat memprihatinkan untuk mereka yang senang bercocok tanam dikarenakan tempat yang tentunya dapat ditanami tanaman, sayuran, atau buah-buahan tidak bisa lagi dikarenakan telah penuh dengan rumah-rumah. 

Jakarta jaman 80-an ada banyak tanah kosong, tetapi pesatnya arus urbanisasi serta pembangunan bikin jakarta layaknya rimba beton tak ada lalu tempat kosong secuilpun yang tersisa, bahkann lokasi tepian layaknya depok, bekasi serta tangerang juga mulai dijangkiti betonisasi. sesungguhnya seluruh itu bisa diakali dengan bercocok tanam didalam pot atau polybag. Menanam dengan langkah layaknya ini nyatanya telah sejak lama dikerjakan oleh beberapa ibu tempat tinggal tangga, namun tidak dikerjakan dengan serius. kalau bila kita akan mengatasi dengan intensif akhirnya tidak kalah dengan yang ditanam dikebun-kebun. serta bukan sekedar tomat saja dapat terong, cabai, pohon mangga dan lain-lain.

budidaya tomat dalam pot

Budidaya tomat dalam pot atau polybag sesungguhnya memiliki banyak keuntungan dibanding dengan menanam diperkebunan. salah satunya bisa dikerjakan oleh siapapun terlebih yang tidak memiliki perkarangan yang luas, perubahan tanaman gampang dikontrol, penyebaran/penularan hama serta penyakit amat kecil serta menghemat pupuk dikarenakan area yang kecil.

Pada artikel ini dapat dibicarakan budidaya tomat dalam pot atau polybag saja meskipun pada prinsipnya sama juga tata langkah menanam sayur atau buah yang lain didalam pot atau polybag.
Perihal yang perlu disediakan untuk budidaya tomat dalam pot atau polybag yaitu :

Area serta media tanam
Budidaya tomat dalam pot atau polybag bisa memakai kaleng bekas, ember plastik, wadah bekas yang lain atau memakai pot atau polybag. media tanam yang dipakai berbentuk tanah pupuk kandang atau kompos. perbandingan bisa  1:1, 1:2, atau 1:3 bergantung kesuburan atau berat ringannya tanah. Wadah area yang telah disediakan bawahnya dilubangi serta ditutup dengan pecahan gendeng untuk aliran air siraman. sesudah itu berisi media yang sudah kita siapkan sampai penuh.

Pesemaian
Tomat diperbanyak dengan bijinya, disemai dengan dikeringkan terlebih dulu lantas ditaruh pada wadah serta diletakkan pada tempat yang teduh. sebulan lantas biji yang telah bertunas itu butuh dipindah ( disapih ) ke area penanaman lain sebagai latihan untuk tananam muda ini. setelah bibit setinggi 10 cm, baru dapat dipindah ke pot.

Penanaman
Yang perlu di perhatikan sebelum saat tanaman dipindah ke media tanam baiknya media tanam butuh disiram terlebih dulu. untuk memindahkan tanaman dari persemaian ke pot mesti hati-hati jangan sempat akar tanamannya sampai banyak yang patah, serta pemindahannya baiknya dikerjakan pada sore hari. supaya tanaman tidak gampang mati.

Perawatan
Perawatan tanaman tomat dalam pot atau polybag lebih gampang dikarenakan kesehatan tiap-tiap tanaman lebih termonitor serta penularan penyakit melalui akar bisa dihindari. sebagian perawatan teratur yang butuh dikerjakan seperti berikut :
  • Periksa tanaman tiap-tiap hari, terlebih dari hama serta penyakit. apabila didapati ada hama, ambillah serta matikan hama tersebut dengan langkah dijepit. apabila ada tanaman yang layu cabut serta buang saja medianya agar tidak menular ke tanaman yang lain.
  • Apabila tanaman terlihat kurang subur, tambahkan pupuk kandang atau kompos yang sudah masak.
  • Apabila tanaman telah tumbuh besar beri turus/pasak untuk menolong tegaknya tanaman tersebut.
  • Janganlah biarlah media tanam terlampau kering, siramlah tanaman dengan teratur, minimal 3 kali 1 hari. cermati kandungan air saat media tanam janganlah terlampau basah juga.
  • Lakukan penyemprotan apabila jumpai ulat yang sulit dibasmi atau matikan saja pohonnya supaya tidak menyebar
Panen
Budidaya tomat dalam pot atau polybag kurun waktu relatif singkat lebih kurang 3 bulanan telah bisa kita petik akhirnya. lantas sesungguhnya bila akan kita dapat kok sediakan sayuran dari kebun kita sendiri.

Powered by Blogger.