Headlines News :
Home » » Budidaya lele di kolam terpal

Budidaya lele di kolam terpal

Written By mupeng aja on Saturday, June 15, 2013 | 8:55 AM


Budidaya lele di kolam terpal

Budidaya lele di kolam terpal (ragambudidaya) -Langkah budidaya ikan lele di kolam terpal nyaris sama juga membudidayakan lele di kolam tanah, perbedan cuma terdapat pada media serta tehnik pemupukan kolam lele. kolam lele yang sangat baik yaitu kolam yang sesuai pada lebar kolam dengan populasi bibit lele yang ditebar. Standart kapasitas kolam lele yaitu 100 ekor / m3. Seluruh type lele (sangkurinag, dumbo serta yang lain ) bisa dipelihara di kolam terpal.
Kelebihan memelihara ikan lele di kolam terpal diantaranya :
  • Terpal gampang diperoleh, serta harga nya cukup murah
  • Kontaminasi dengan tanah yang tidak diketahui kualitasnya bisa dihindari.
  • Kontrol air gampang diatur baik dari segi kualitas ataupun jumlah air
  • Meminimalisir hama yang kerap ada di permukaan tanah layaknya berang-berang serta sejenis bakteri.
  • Praktis dalam pemanenan lele.
Langkah bikin kolam terpal budidaya lele.
Pada mulanya kita mesti bikin rencana terlebih mengenai jumlah bibit lele yang dapat kita tebar, perihal ini untuk sesuaikan luas kolam yang dapat kita bikin. janganlah bikin kolam ikan lele terlampau besar maupun terlampau kecil. Sesudah kita meyakinkan jumlah ikan lele yang dapat kita pelihara kita telah dapat bikin kolam terpal dengan perosedur berikut :
Gali tanah setinggi 1,5 m dengan luas 1 m untuk 100 ekor lele. sesudah tanah tersebut digali tekan-tekan permukaan galian sampai rata, jauhkan kerikil, bebatuan serta benda keras yang lain dari permukaan galian kolam tanah. semprot galian tanah tersebut dengan disinfektan sebagai tindakan sanitasi.Setelah disanitasi biarlah galian kolam tersebut sepanjang tiga hari.
Pasang terpal seluas galian yang kita bikin, lebihkan terpal selebar 50 cm di tiap-tiap segi galian,hal ini untuk menahan terpal yang dapat diisi air jadi kolam dapat menimbunnya dengan tanah atau dipancang dengan kayu. terpal yang dipakai yaitu terpal yang bisa bertahan sepanjang tiga bln. Dalam rendaman air perumpamaannya ; terpal tenda atau terpal plastik kaca tidak tipis.
Budidaya lele di kolam terpal
Untuk bikin air awal kolam terpal ini ada dua langkah yaitu :
Langkah pertama
Air awal yang memiliki kandungan banyak plankton diperoleh dari kolam spesial untuk pembuatan air plankton, langkahnya tak hanya bikin galian untuk kolam terpal kita juga bikin satu kolam tanah spesial untuk bikin air yang memiliki kandungan banyak plankton dengan langkah pemupukan. Adapun langkah-langkahnya : 
  • Bikin galian kolam dari tanah seluas yang dibutuhkan, 
  • Isi kolam tersebut dengan kompos sapid an biarlah sepanjang 3 hari. 
  • Setelah itu isi kolam tersebut dengan air bersih (Janganlah air pdam) serta biarlah lebih kurang sepanjang 1 minggu sampai air beralih jadi kehijauan ( berarti duah banyak plankton untuk pakan ikan lele kedepannya ). Air inilah yang dikuras serta dipindahkan ke kolam terpal.
Langkah kedua
Bikin air plankton segera di kolam terpal ikan lele. langkahnya sesudah terpal dipasang isi dengan kompos sapi ( feces sapi ), biarlah sepanjang 3 hari, setelah itu isi air bersih. biarlah kolam terpal sepanjang 1 minggu baru dimasukkan bibit lele.

Dari ke-2 langkah pemupukan kolam terpal di atas maka untuk ikan lele langkah yang sangat baik yaitu langkah pertama yaitu lakukan pemupukan air di kolam terpisah. Perihal ini barangkali dikarenakan plankton cuma baik untuk mengonsumsi bibit ikan lele, namun untuk lele yang telah besar tambah baik menggunakan pakan pelet. Berikan atap pada kolam ikan lele amat disarankan, perihal ini untuk hindari kontaminasi air hujan yang tidak baik untuk perkembangan ikan lele dikarenakan air hujan memiliki kandungan asam.

-->
Share this article :

Tags

 
Support : Creating Website | Ragambudidaya | Ragambudidaya
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. budidayaku - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Ragambudidaya