Budidaya Burung Puyuh - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Burung Puyuh


budidaya burung puyuh

Budidaya Burung Puyuh (ragambudidaya) -Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu telah nikmati sedapnya telur puyuh. Type unggas yang dikenal sebagai gemak merupakan type burung yang tidak bisa terbang, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek serta bisa diadu. Namun di Indonesia cara berternak burung puyuh mulai dikenal, serta kembangkan sejak akhir tahun 1979. Cara berternak burung puyuh amat mudah diaplikasikan. dengan tingkat keperluan pasar yang tinggi jadikan budidaya burung puyuh ini sebagai kesempatan usaha yang menjanjikan. 

Di bawah ini yaitu cara berternak burung puyuh diawali dengan histori singkat burung puyuh, sentra cara berternak burung puyuh, jenis-jenis burung puyuh, faedah burung puyuh, kriteria lokasi cara berternak burung puyuh, dasar cara berternak burung puyuh, hama serta penyakit burung puyuh dan sebagainya. 

Histori singkat 

Puyuh merupakan type burung yang tidak bisa terbang, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek serta bisa diadu. burung puyuh dimaksud juga gemak ( bhs. jawa-indonesia ). Bahasa asingnya dimaksud “quail”, merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakan di Amerika Serikat, tahun 1870. Serta terus dikembangkan ke penjuru dunia. Namun di Indonesia puyuh mulai dikenal, serta diternak sejak akhir tahun 1979. 

Sentra peternakan 
Sentra peternakan burung puyuh banyak ada di Sumatera, jawa barat, jawa timur serta jateng 

Faedah 
  • Telur serta dagingnya memiliki nilai gizi serta rasa yang lezat 
  • Bulunya sebagai bahan bermacam kerajinan atau perabot tempat tinggal tangga lainnya 
  • Kotorannya sebagai pupuk kandang maupun kompos yang baik bisa dipakai sebagai pupuk tanaman 

budidaya burung puyuh
Kriteria lokasi 
  • Lokasi jauh dari keramaian serta pemukiman penduduk 
  • Lokasi memiliki kiat transportasi, terlebih jalur sapronak serta jalur-jalur pemasaran 
  • Lokasi terpilih bebas dari wabah penyakit 
  • Bukan hanya merupakan tempat kerap banjir 
  • Merupakan tempat yang senantiasa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. 


Tehnis budidaya burung puyuh 

Yang perlu diperhatikan oleh peternak sebelum akan memulai usahanya, yakni mengerti 3 ( tiga ) unsur produksi usaha perternakan yaitu bibit/pembibitan, pakan ( ransum ) serta pengelolaan usaha peternakan. dengan rinci dapat kita bahan setelah itu satu persatu. 

Penyediaan sarana serta peralatan 

1. Persiapan kandang 

Bikin budidaya burung puyuh, persyaratan kandang yang baik perlu diperhatikan yakni temperatur kandang yang ideal atau normal berkisar 20-25 derajat celcius ; kelembaban kandang berkisar 30-80% ; penerangan kandang pada siang hari cukup 25- 40 watt, tetapi malam hari 40-60 watt ( tentang ini berlaku bikin cuaca mendung/musim hujan ). Tata letak kandang sebaiknya diatur agar sinar matahari pagi bisa masuk kedalam kandang. sampai situasi kandang tidak lembab. 

Waktu mempersipkan kandang burung puyuh ini, kita mempunyai 2 alternatif yang biasa diterapkan peternak puyuh, yaitu sistem litter ( lantai sekam ) serta sistem sangkar ( batere ). tetapi ukuran kandang yang digunakanumumnya bikin m2 dapat diisi 90-100 ekor anak puyuh, berikut lantas 60 ekor bikin umur 10 hari sampai terlepas waktu anakan. sangat akhir lantas 40 ekor/m2 sampai waktu bertelur. 

Ada kian lebih satu sisi di dalam budidaya burung puyuh. tiap-tiap sisi idealnya memerlukan persiapan kandang yang pas, yaitu : 

Kandang induk pembibitan 
Kandang ini berpegaruh segera pada produktifitas serta kemampuan membuahkan telur yang berkwalitas. besar atau ukuran kandang yang dapat digunakan kudu pas dengan jumlah puyuh yang dapat dipelihara. idealnya satu ekor puyuh dewasa membutuhkan luas kandang 200 m2. 

Kandang induk petelur 
Kandang ini bertindak lantas kandang bikin induk pembibit. kandang ini mempunyai bentuk, ukuran, serta keperluan peralatan yang sama. kepadatan kandang makin besar tetapi bisa juga sama. 

Kandang anak puyuh 
Jenis kandang ini yaitu kandang untuk anak puyuh pada umur starter, yaitu mulai umur hari s/d dua sampai tiga minggu. kandang ini bertindak bikin membuat perlindungan agar anak puyuh yang tetap memerlukan pemanasan itu terus terlindung serta beroleh panas yang pas dengan kepentingan. Sebaiknya kandang ini perlu dilengkapi alat pemanas. biasanya ukuran yang sering digunakan yakni lebar 100 cm, panjang 100 cm, tinggi 40 cm, serta tinggi kaki 50 cm. ( ukuran ini cukup diisi 90-100 ekor anak puyuh ). 

Kandang puyuh umur grower ( 3-6 minggu ) serta layer ( semakin lebih 6 minggu ) 

jenis kandang setelah itu, bentuk, ukuran maupun peralatannya sama saja dengan kandang bikin induk petelur. alas kandang biasanya berupa kawat ram. 

2. Kelengkapan kandang 

Perlengkapan yang diperlukan di dalam kandang berupa area makan, area minum, area bertelur serta area obat-obatan.

Penyediaan bibit 
Layaknya sudah diainggung diatas, penyediaan bibitmerupakan sisi yang butuh di dalam budidaya burung puyuh. penentuan bibit burung puyuh sesuai dengan tujuan pemeliharaan, ada 3 ( tiga ) jenis tujuan pemeliharaan burung puyuh, yaitu : 
  • Untuk produksi telur konsumsi, dipilih bibit puyuh jenis ketam betina yang sehat atau bebas dari kerier penyakit. 
  • Untuk produksi daging puyuh, dipilih bibit puyuh jantan serta puyuh petelur afkiran. 
  • Untuk pembibitan atau produksi telur tetas, dipilih bibit puyuh betina yang baik produksi telurnya serta puyuh jantan yang sehat yang siap membuahi puyuh betina agar dapat menanggung telur tetas yang baik. 

Setelah kita dapatkan bibit yang baik, berikut yang perlu beroleh perhatian yakni pemeliharaan puyuh, meliputi : 

Kebersihan/sanitasi serta tindakan preventif 
Untuk membuat perlindungan timbulnya penyakit pada pemeliharaan puyuh kebersihan lingkungan kandang serta vaksinasi pada puyuh perlu ditangani sedini mungkin. 

Pengontrolan penyakit 
Pengontrolan penyakit ditangani setiap saat serta kalau ada tanda tanda yang kurang sehat pada puyuh kudu selekasnya ditangani pengobatan pas dengan tips dokter hewan atau dinas peternakan setempat atau tips dari poultry shoup. 

Pemberian pakan 
Pemberian pakan yaitu factor yang butuh di dalam keberhasilan beternak burung puyuh dengan hasil yang optimal. ransum ( pakan ) yang dapat diberikan bikin puyuh terdiri dari kian lebih satu bentuk, yaitu : bentuk pallet, remah-remah serta tepung. Lantaran puyuh yang suka usil memtuk temannya dapat mempunyai kegiatan mematukmatuk pakannya. pemberian ransum puyuh anakan diberikan 2 ( dua ) kali hari pagi serta siang. Tetapi puyuh remaja/dewasa diberikan ransum hanya satu kali hari yaitu pada pagi hari. bikin pemberian minum pada anak puyuh pada bibitan diberikan terus-menerus. 

Pemberian vaksinasi 
Pada umur 4-7 hari puyuh di vaksinasi dengan dosis separo dari dosis bikin ayam. vaksin dapat diberikan melalui tetes mata ( intra okuler ) atau air minum ( peroral ). 
pemanenan 

Sisi yang amat ditunggu oleh seorang pengusaha yakni waktu pemanenan. layaknya telah didisinggung diatas, ada kian lebih satu manfaat yang dapat di ambil dari budidaya burung puyuh ini, yaitu : 

Hasil utama 
Pada usaha pemeliharaan puyuh petelur, sebagai hasil utamanya yakni produksi telurnya yang dipanen masing-masing hari selama hidup produksi berjalan. 

Hasil tambahan 
Hasil tambahan salah satunya berupa daging afkiran, tinja bikin pupuk kandang serta bulu puyuh lantas bahan baku kerajinan tangan. 

Powered by Blogger.