Pakan ayam kampung alternatif - BUDIDAYAKU

Header Ads

Pakan ayam kampung alternatif

Pakan ayam kampung alternatif

Pakan ayam kampung alternatif (ragambudidaya) -Untuk budidaya ayam non ras dengan tradisional sebaiknya dipertimbangkan dari segi cost, cost pakan yaitu cost produksi terbesar dalam budidaya ternak, karenanya diinginkan seluruh peternak dapat melacak pakan-pakan alternatif untuk produksi ternak mereka.Baik ayam ras, sapi potong, sapi perah serta yang lain yang dipelihara dengan tradisional. Pada kesempatan kali ini kita dapat berbagi sesuatu pakan alternatif yang dapat menambah produksi telur pada peternakan budidaya ayam kampung. 

Pakan ini kita catatkan menurut pengalaman serta belum ada uji ilmiah yang dikerjakan oleh kelompok umur akademisi peternakan, tetapi dari hasil pengamatan saya menyimpulkan bahwa pakan yang dipakai oleh peternak ini dapat menghimpit cost pakan sekalian menambah hasil produksi terutama telur ayam kampung.
tals sebagai pakan ayam kampung 

Pakan alternatif yang dipakai oleh peternak yang saya amati ini terdiri berbahan pakan berikut :
  1. Talas ( umbi serta daun ) di sini menurut si peternak yang membudidayakan ayam kampung tersebut bisa dipakai umbinya saja, atau tangkai serta daunya saja atau digabungkan keduanya. yang kerap dipakai yaitu tangkai serta daun talas.
  2. Beras dolog ( catu ), supaya cost lebih murah apabila di tempat anda tidak ada beras dolog ini beli saja beras yang sangat murah atau beras aking juga bisa.
  3. Dedak, di sini untuk budidaya ayam kampung ini tidak problem dedak kualitas tengah yang dipakai. dedak kualitas tengah yaitu dedak yang tidak terlampau halus.
  4. Tepung tulang atau tepung cangkang kerang ( keong ) ini tidak harus, diberi bila ada saja.
Langkah memproses beberapa bahan pakan ayam kampung di atas yaitu seperti berikut :
Cincang talas atau batang serta daunt alas kecil-kecil lebih kurang ½ cm, tanak seluruh bahan semestinya menanak nasi. ukuran perbandingan bahan di atas yaitu ; untuk 2 kg pakan pakai 1 kg umbi talas atau daun talas, ½ kg beras serta ½ kg dedak. tepung tulang cuma diperlukan satu sendok makan. aduk rata seluruh bahan tersebut serta ditanak.

Hasil yang diperoleh gunakan pakan ayam alternatif ini nyatanya amat bagus, perkembangan ayam amat baik serta jumlah telur yang dihasilkan juga selayak peternak yang berikan pakan yang diproduksi pabrik. Oleh dikarenakan itu saya berani menyebutkan bahwa ini yaitu di antara pakan ternak ayam kampung yang amat baik diterapkan dikarenakan dapat menghimpit cost produksi sampai 50 persen dari pada menggunakan pakan yang dibeli dari hasil pabrik ( pelet ).

Kekurangan saat menggunakn pakan budidaya ayam kampung layaknya ini yaitu sulitnya mengadaptasikan ayam dengan pakan ini. Awal-awal mengguankan pakan ini umumnya ayam kampung belum akan mengonsumsi pakan ini layaknya mengonsumsi pelet. Tetapi ini cuma berlangsung sekian hari saja. Untuk lakukan penyesuaian paksa ayam kampung tersebut untuk mengonsumsi pakan ini dengan tidak berikan pakan tak hanya pakan yang kita bikin ini. tak perlu takut ayam dapat mati kelaparan, saat mereka lapar maka pakan ini dapat mereka makan dengan lahap.

Powered by Blogger.