Budidaya ikan koi - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya ikan koi



Budidaya ikan koi (ragambudidaya) -Ikan koi adalah di antara varian ikan mas yang banyak dipelihara sebagai hiasan. ikan ini memanglah mempunyai penampilan yang menarik. Ada sebagian warna yang menghiasi sisiknya. gabungan warna pada sisik inilah yang bikin ikan koi banyak digemari. ikan ini kabarnya berasal dai jepang serta banyak dikira sebagai ikan yang mendatangkan keberuntungan lalu keuntungan untuk mereka yang berminat membudidayakan ikan koi. type ikan ini dikira mempunyai prospek yang cerah karena ia tidak membutuhkan perlakuan spesial waktu dibudidayakan. tertarik ? 

Keinginan pasar lokal lalu internasional dapat ikan koi terakhir ini makin meroket. walau faktanya ikan koi memilliki harga yang cukup mahal, tetapi yang berminat tidak surut. bila dibanding dengan ikan untuk mengonsumsi, keuntungan yang diperoleh oleh peternak ikan hias jauh semakin besar karena market sharenya multi-negara. disamping itu, ikan hias juga diburu untuk tujuan kontes. bila ikan koi anda berkwalitas, beberapa kontestan ikan koi ini tentu berani membayar lebih. 

Dikarenakan berkerabat, dengan umum dapat dikatakan budidaya ikan koi lebih kurang sama juga dengan tehnik budidaya ikan mas. ikan koi dibagi lagi ke didalam sebagian type yang pembagiannya didasarkan pada corak dan warna sisiknya. didalam dunia perdagangan, ikan koi umumnya dilabeli kualitas a, b, c dan sebagainya. pelabelan ini menurut pada kualitasnya. sesaat itu, bila didasarkan pada warna sisiknya, ikan koi dibagi kedalam sebagian type yaitu : 
  • ikan koi kohaku yang berwarna merah serta putih 
  • ikan koi showa dengan warnah belang merah serta juga putih 
  • ikan koi sanke dengan warna belang merah serta hitam 
Ikan koi terhitung ke didalam type ikan yang dipelihara didalam air tawar dengan iklim berkisar pada angka 8 derajat celsius hingga 30 derajat celsius. koi yaitu ikan omnivora yang mengonsumsi seluruhnya. ia miliki kebiasaan mengaduk-aduk basic kolam untuk melacak makanan yang ada di tempat tersebut. 


Sama layaknya ikan mas, budidaya ikan koi meliputi aktivitas diantaranya persiapan kolam, persiapan induk, sistem pemijahan, pendederan, pembesaran ikan, pemberian pakan, pengendalian hama serta juga penyakit serta paling akhir yaitu pemanenan. dengan umum, tidak ada perbedaan mencolok pada tehnik budidaya ikan mas serta ikan koi, cuma saja perhatian spesial mesti diberikan pada penentuan bibit ikan koi terlebih pada gabungan warna sisik indukannya. karena bibit indukan ini amat punya pengaruh pada type ikan koi yang dihasilkan kelak. serta, bila pada ikan mas biasa, harga makin melambung bila ukuran makin besar. pada ikan koi, harga berpatokan pada keindahan ikan.

Powered by Blogger.