Budidaya adenium - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya adenium




Budidaya adenium (ragambudidaya)  -Tanaman yang satu ini banyak diminati di indonesia maka tidak heran banyak beberapa penggemar tanaman ini membudidayakan adenium, adenium tak hanya mempunyai keindahan warna di bagian daunnya sisi bonggolnyapun mempunyai keunikan.

Adenium datang dari gutun pasir di afrika serta jazirah arab. adeneium termaasuk tanaman sekulen atau tanaman yang memiliki kandungan banyak air dengan ciri utama di antara sisi tanman dipakai untuk menaruh air.

Karakter tanaman adenium
Adenium tanaman hias yang bisa beradaptasi serta mudah tumbuh, tetapi tidak sedikit beberapa penggemar adenium jadi kesusahan ddalam memliharanya, umumnya yang kerap dikeluhkan oleh beberapa pemilik adenium adalah jarang berbunga, perkembangan lambat, serta akar busuk. untuk menghilangkam masalah-masalah tersebut kita mesti tahu karakter-sifat yang adenium, salah satunya :

• Tidak senang air
Adenium bukan hanya bermakna tidak memerlukan air. adenium mempunyai area menaruh air didalam batangnya hingga bisa beradaptasi di tempat kering serta tandus. adenium tidak bisa bertahan di daaerah basah atau lembab. tanah yang basah justru menghalangi perkembangan, terlebih mengakibatkan busuk akar.

• Senang cahaya matahari yang penuh
Di area asalnya yang panas maka tanaman yang satu ini hidupnya amat bergantung pada cahaya matahai. agar bisa tumbuh dengan baik, letakkan adenium di area yang mendapatkan cahaya matahari penuh selama hari.

• Suka media porous
Adenium sesungguhnya bisa tumbuh di tanah dengan semua situasi, namun agar bisa tumbuh dengan maksimal adenium membutuhkan tanah yang porous atau mudah mengalirkan air.
langkah budidaya adenium

• Bibit adenium
Bibit adenium bisa didapatkan dari perbanyak dengan generative berbentuk biji. biji ini adalah hasil dari penyerbukan di dasarbunga yang berlanjut jadi akan buah. lebih kurang dua bln. buah dapat masak. segera petik lantas ambillah biji-bijinya. maka biji siap untuk jadikan bibit. namun dengan vegetative berbentuk stek, cangkok, serta grafting.

• Langkah menanam adenium
Langkah menam di tanah : penanaman adenium segera di tanah yang perlu dikerjakan yaitu membuat lubang tanam dengan ukuran lebih kurang 30 kali 30 kali 30 cm. biarlah lubang terbuka sepanjang 2 minggu agar bibit hama serta penyakit mati. lantas lubang tanam diuruug dengan top soil yang sudah digabung pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. setelah itu penanaman bibit.

Langkah menanam di pot : media tanam untuk tanaman adenium didalam pot mesti subur serta porous atau tidak mengikat air terlampau lama. bahan media tanam tersebut salah satunya pasir bangunan, pupuk kandang, serta sekap padi, dengan perbandingan 2 : 2 : 1. lantas media tanam dimasukan ke didalam pot sesudah basic pot yang berlubang ditutup pecahan genting atau kerikil supaya media tanah tidak keluar waktu disiram air.

Generative
Dengan generative, yakni perbanyakan tanaman melewati perkawinan. sistem ini dimulai dengan bertemunya kepala putik yang disebut organ kelamin betina dengan serbuk sari yang disebut organ kelamin jantan. sistem itu dimaksud penyerbukan.

Penyerbukan dengan alami yaitu penyerbukan yang berlangsung berkat pertolongan angina tau serangga. tidak seluruh bunga akan jadi buah bila memercayakan langkah ini karena terkadang tak ada serangga yang hinggap serta tak ada angin bertiup. penyerbukan buatan adalh penyerbuksan dengan batnuan manusia.

Dari satu tangkai tentukan di antara bunga yang sehat. bunga yang diserbuk tentukan yang telah mekar kurang lebih 3 hari. lantas robek corong bunga. dengan kuas kecil, serbuk sari di ambil, serta di oleskan ke kepala putik, namun benang sari bunga yang diserbuki mesti dibuang dahulu. kurang lebih 4 hari, bunga layu serta rontok. bila penyerbukan sukses, didasar bunga tampak akan buah. perbanyakan generative juga bisa dikerjakan dengan biji.

Vegetative
Dengan vegetative tanaman adenium dapt dikerjakan dengan langkah setek batang. tehnik setek batang pada adenium yakni dengan langkah menentukan batang terlebih dulu memilih batng yang berdiameter minimal 2 cm, batng sehat, serta cukup umur.

Cabang pilihan tersebut lantas dipotong dengan arah miring. jika inginkan akar cepat tumbuh, pangkal cabang yang sudah dipotong diolesi zat perangsang akar.

Lantas setek diangin-anginkan sepanjang dua hari agar pangkalnya kering atau telah tak ada getahnya. setelah itu, stek diatanam di media tanam yang telah disediakan dengan perbandingan 2 : 2 : 1 pada pupuk kandang, pasir halus, serta tanah subur. media tanam tempatkan pada area yang teduh serta tiap-tiap hari disiram.

Sesudah 2 minggu, setek dapat bertunas tandanya stek sudah sukses, sebaliknya bila tidak nampak tunas tandanya setek mati.

Grafting
Grafting yaitu penggabungan batang bawah serta batang atas dari tanaman yang tidak sama namun tetap didalam satu family.

Tehnik grafting pada adenium, yakni mempersiapkan batang atas serta batang bawah. untuk batang atas tentukan tanaman sehat serta berdaun subur. sesaat untuk batang bawah tentukan bonggol yang sehat serta tidak busuk. diameter batang bawah baiknya sedikit semakin besar dari batang atas.

Batang bawah dipotong dengan bentuk v, namun batang atas dipotong dengan bentuk v terbalik. masukkan batang atas ke didalam celah batang bawah agar keduanya menyatu. sambungan tersebut lantas diikat dengan potongan plastic bening.

Upayakan sambungan menutup dengan prima supaya sambungan tidak terkena air serta letakan di area yang teduh. untuk kurangi penguapan serta mempercepat perkembangan tunas, sisakan 2-4 helai daun. lebih kurang dua minggu, hasil penyambungan dapat tampak dengan timbulnya tunas daun pada cabang batabg atas.
Powered by Blogger.