Budidaya buah naga - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya buah naga






Budidaya buah naga (ragambudidaya) -Dragon fruit, atau yang juga dikenal dengan nama buah naga, adalah buah istimewa untuk masyarakat tionghoa. Bentuk buah ini memanglah unik. kulitnya berwarna cerah lengkap dengan sisik berukuran besar. bisa lantas dikarenakan kehadiran sisik tersebutlah hingga dinamai dragon fruit. Buah dengan sisik sama naga. 

Buah ini dikira membawa barokah mengikut pada karakter naga. maka itu, buah naga senantiasa lantas pelengkap persembahan di altar pada acara keagamaan tionghoa. tidak cuma istimewa, nyatanya buah naga juga mempunyai rasa nikmat serta fresh. daging buahnya lembut dengan perpaduan rasa manis serta asam. tak hanya lezat, pakar gizi juga meyakinkan buah tropis yang satu ini mempunyai sejuta manfaat. sayangnya, keinginan dunia pada buah ini tetap belum seimbang dengan kekuatan budidaya. Apalagi vietnam serta thailand yang dikenal sebagai pemasok terbesar buah naga cuma dapat mencukupi 50% keinginan pasar global. celah ini semestinya dapat digunakan oleh indonesia untuk turut bertindak aktif didalam ekspor buah naga. terutama, tanamam tersebut tumbuh subur di negara tropis. langkah menanam buah naga lalu terbilang gampang serta tidak membutuhkan keahlian spesifik. 

Persiapan awal buah naga 

Untuk mengawali budidaya buah naga, perihal yang pantas di perhatikan yaitu kriteria tumbuh tanam buah naga. tanaman ini digolongkan ke didalam keluarga kaktus. oleh karena itu medim tanamnya di dataran rendah, tepatnya di ketinggian 20 sampai 500 mtr. diatas permukaan laut. tanah area menanam buah naga mesti gembur, porus serta juga memiliki kandungan banyak bahan organik dan unsur hara. lebih maksimal lagi bila ph tanah 5 hingga 7. yakinkan tempat tersebut sedikit kering karena bila kandungan air lebih, tanaman ini dapat membusuk. perihal penting yang lain yaitu tingkat penyinaran matahari. yakinkan tanaman terpapar cahaya matahari dengan penuh pada siang hari karena buah naga memanglah suka panas yang terik. 


Langkah menanam buah naga yang baik 

Tak hanya medium tanam, step persiapan awal juga termasuk penyediaan penopang tanaman. pohon buah naga memanglah tidak mempunyai batang primer yang kokoh. umumnya ia tumbuh serta memanjat pada penopang. oleh karena itu, ketersediaan tiang penopang tumbuh yaitu penting. anda dapat menggunkanan tiang kayu atau beton. ukuran yang cocok yaitu 10cm kali 10cm dengan ketinggian optimal 2 mtr.. tancapkan pada tanah dengan kedalaman kurang lebih 50 cm. di lebih kurang titik penancapan tiang, buat lubang tanam sebanyak 3 hingga 4. ukuran tiap-tiap lubang yaitu 40 kali 40 kali 40 cm dengan jarak tanam kurang lebih lebih kurang 2 m kali 2, 5 m. lubang yang sudah ada diberi pupuk organik sekirat 10 kg yang sudah digabung dengan tanah. 

Sesudah medium tanam siap, bibit telah dapat ditanam. biasanya, langkah menanam buah naga dikerjakan melewati dua langkah yaitu steak serta juga biji. namun di lapangan, langkah sangat yang sangat banyak dipakai yaitu dengan stek. batang tanaman sebagai bibit sebaiknya mempunyai panjangn 25 hingga 30 cm. sistem awal penumbuhan stek batang diawali dengan medium polybag yang terdiri dari campuran tanah dengan pasir serta juga pupuk kandang. perbandingannya :1 :1. sesudah berusia lebih kurang 3 bln., bibit tersebut telah dapat dipindahkan ke tempat sesungguhnya. 

Sesudah bibit ditanam pada tempat, sistem setelah itu yaitu langkah pemeliharaan yang termasuk pengairan, pemupukan, penaggulangan hama/gulma serta juga penyiangan. sistem pengairan dikerjakan sejumlah hingga 2 hari didalam 1 hari. sistem ini mesti cermat karena tanaman buah naga tidak suka air berlebih. setelah itu yaitu pemupukan. type pupuk terbaik yaitu pupuk kandang dengan jarak pemberian 3 bln. sekali. jumlah pupuknya lebih kurang 5 hingga 10 kilogram. 

Perihal lain yang tidak kalah penting yaitu pengendalian hama serta gulma. sepanjang ini, hama yang menyerang tanaman buah naga tetap jarang ditemukan. pengganggu utama yaitu gulma yang dikenal dapat menghalangi perkembangan tanaman, oleh karena itu pengendalian dikerjakan dengan teratur supaya tumbuh kembang tanaman lebih maksimal. Sistem pemeliharaan setelah itu yaitu pemangkasan. langkahnya diawali memangkas batang utama atau primer pada situasi di mana tingginya sudah meraih sisi teratas tiang. sesudah pemangkasan, umumnya dapat tumbuh tunas baru hingga batang mempunyai cabang sekunder. sesudah batang tumbuh prima, pangkas lagi sampai nampak batang tersier. batang tersier inilah yang lantas berperan sebagai cabang produksi. 

Sesudah seluruh sistem selesai, petani tinggal menanti periode panen buah naga. bila diamati, langkah menanam buah naga cukup gampang. potensi ekonominya yang tinggi pasti tawarkan keuntungan memuaskan. sebab itu, janganlah sangsi untuk bergerak mengawali usaha budidaya buah naga.

-->
Powered by Blogger.