Budidaya kaktus - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya kaktus


Tanaman kaktus telah lama dikenal di Indonesia. kaktus datang dari kata caktos yang berarti tanaman berduri, karena tanaman ini berbatang besar, berbulu, serta berduri. kaktus datang dari negara meksiko tanaman ini adalah tumbuhan sekulen, yakni tanaman yang banyak memiliki kandungan air. untuk menjaga hidupnya di tempat yang panas serta kering. maka kaktus tidak mempunyai daun serta bisa menaruh air pada batangnya. 

Kaktus di antara tanaman yang mempunyai banyak type, dari beberapa jenis kaktus ada ada hasil penyilangan spesies. salah satunya notocactus tubiflora cristata atau kaktus kentang, mammillaria xantina atau dimaksud kaktus kendil, gymnocalycium hanovichiivarred cap atau kaktus kepala merah, var black cap atau kepala hitam, serta ada banyak lagi yang lain. 

Yang membedakan yang satu dengan yang laiunnya yaitu bentuk, warna batang serta bunganya, besar-kecilnya duri. menurut memiliki bentuk kaktus ada yang bulat, bulat pipih, silinder, serta ada yang layaknya lonceng. menurut warna batangnya, ada yang putih, ungu, kuning, merah muda, hingga merah tua. durinya lalu ada yang berwarna, lembut, panjang, pendek, serta yang lain. dikarenakan keindahannya itu maka kaktus banyak dibudidayakan, dibawah ini cara budidaya kaktus serta cara menanamnya. 

Pembudidayaan kaktus 

a. Karakter kaktus 
Kaktus meyukai cahaya matahari sesuai dengan habitatnya yang panas serta juga suka sirkulasi hawa yang baik, karena kaktus berdaging tidak tipis dapat membusuk bila medianya terlampau banyak air hingga jadi lembab. 

b. Penanaman kaktus  
Kaktus bisa diperbanyak melewati biji atau juga bisa dari anakan atau tunas dari menyemai sendiri serta bisa beli di toko-toko tanaman hias. 

Cara menanam kaktus 
Kaktus bisa ditanam di tanah dengan segera serta juga didalam pot. 
  1. Apabila ditanam di tanah segera, komposisi media tanahnya cukup tanah liat, humus, serta pasir. 
  2. Apabila ditanam dipot, media tanam yang dipakai campuran tanah liat, pasir, serta humus dengan perbandingan 2 :2 :1 serta ditambah bubuk kapur, batu bata serta bubuk tulang. 
Tambahan itu untuk menyingkirkan rasa asam pada tanah sebaba tanah yang berlebihan asam menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh subur. 

Tetapi, campuran tersebut tidak mutlak untuk seluruh type kaktus karena ada tanaman yang tidak bisa tumbuh dengan baik komposisi media ini. 

Lantas masukkan biji atau tunas pada media yang telah disediakan. upayakan letak tunas di dalam media, lebih kurang 3 th. kaktus dapat berbunga. 

Powered by Blogger.