Budidaya mawar holand - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya mawar holand


Budidaya mawar holand (ragambudidaya) - Idealnya mawar ditanam di tempat yang berketinggian minimal 900 mtr. dpl. Apabiala kurang dari itu kuncup bunganya kecil, suhu hawa baiknya 15-22 derajat c, kelembaban 75%. tanah gembur yang ber-ph netral amat beri dukungan pertumbuhannya.
Bibit

Mawar hibrida umunya ditanam dari bibit, yang diimpor didalam bentuk setek yang telah berakar. ada 3 jenis setek mawar impor menurut umurnya. yang tetap didalam bentuk setek mata tidur, telah umur 6 bln., serta yang kian lebih 6 bln..

Dibikin bedengan

Sesudah tanah diolah serta digemburkan, dibikin bedengan-bedengan untuk meringankan penanaman serta perawatan. lebar bedeng kurang lebih satu mtr., tinggi 12-25 cm, serta panjangnya sesuai dengan situasi tempat. jarak pada bedengan 30-50 cm.

Setiap satu mtr. persegi dapat ditanam 7-8 tanaman. agar tanaman tumbuh teratur, kiri kanan bedengan dibatasi dengan tali yang direntangkan dari satu ujung ke ujung yang lain.
air serta pupuk

Penanaman mawar dari bibit setek berakar dapat dipetik bunganya sesudah 4-5 bln.. tanaman selalu membuahkan bunga, dengan periode produktif 3-5 th.. sepanjang masa itu tanaman memerlukan perawatan yang cukup.

Mawar tergolong tanaman yang banyak memerlukan air, namun tidak bisa berlebih. tiap-tiap hari tanaman disiram dengan air secukupnya. penyiraman pada areal yang luas dikerjakan dengan drip system ( sistem tetes air ) berbarengan dengan pemupukan.

Untuk hindari curah hujan yang terlalu berlebih baiknya tempat di beri naunggan, contohnya, menanam mawar dibawah bangunan kayu yang beratap plastik.

Pruning serta bending

Untuk produksi bunga potong, tiap-tiap taun tanaman butuh dipangkas atau pruning. tujuannya untuk menumbuhkan tunas-tunas baru serta buang sisi tanaman yang rusak. untuk maksud ini dikerjakan pemangkasan keseluruhan batang/cabang tanaman, lebih kurang 15-30 cm di atas tanah. kurang lebih 8 minggu sejak pemangkasan itu tanaman telah bisa dipetik bunganya lagi.

Terkadang bunga diperlukan didalam jumlah banyak, namun situasi tanaman tidak sangat mungkin, contohnya banyak batang yang sudah tua, bunganya kecil serta tidak produktif, untuk menangani perihal itu bisa dikerjakan bending. sesungguhnya bending ini ditujukan untuk mempercepat tumbuhnya tunas-tunas baru yang membuahkan bunga.

Bending dikerjakan kurang lebih 8 minggu sebelum saat bunga diperlukan. yang di-bending yaitu batang yang telah tinggi serta produksinya alami penurunan, bunganya kecil-kecil. karena dapat diapatkan bunga yang semakin besar serta bagus. caranya, batang ditekuk atau dibengkokan pas di dekat ruasnya. sesudah 2-3 minggu dapat tumbuh tunas-tunas baru, maka batang lama dipangkas. lima atau enam minggu lantas tanaman telah membuahkan bunga.

Hama serta penyakit

Untuk mengembalikan rusaknya dikarenakan hama serta penyakit layaknya tungau, aphid serta thrip ; serta infeksi cendawan mildew, 1 minggu sekali tanaman diseprot dengan pestisida yang sesuai. sesaat itu tanaman terus disiram serta dipupuk.

Panen

Untuk tukuan komersial mawar dipanen sebelum saat mekar. lewat cara ini diinginkan bunga dapat mekar sedikit untuk sedikit ditangan customer.


Tangkai bunga dipotong sesuai dengan panjang tangkainya, sesudah itu dikelompokan menurut panjang tangkai, warna atau macamnya. sesudah itu dikelompokan menurut panjang tangkai, warna atau macamnya.
di tingkat produsen bunga mawar diikat menurut grupnya, perikat diisi 20 tangkai bunga. sebelum saat hingga ketangan floris, tangkai bunga direndam didalam air yang bersih.

Powered by Blogger.