Cara Menanam Temulawak - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Menanam Temulawak




Cara menanam temulawak (ragambudidaya) -Memakai bibit dari tanaman yang telah tua. Persiapan serta kriteria bibit lalu mesti disediakan dengan masak. temulawak adalah rempah yang dibikin sebagai jamu dengan wujud yang besar layaknya lengkuas. Warna yang dihasilkan ada dua jenis yaitu kuning serta hitam.

Cara menanam temulawak yang pertama kita kerjakan adalah pembibitan. Didalam cara ini memakai rimpang induk atau anakan, dengan mutu baik lebih kurang dua ribu kilo gram. syaratnya menggunakan bibit tanaman tua berusia sepuluh bln..Untuk penyiapan bibit pertama kali mesti dibersihkan dari tanah serta akar dari rimpang serta memisahkannya dari rimpang anak. Pada bibit induk rimpang dibelah jadi 4 sisi. kandungannya berbentuk tiga mata tunas, lantas jemur tiap-tiap hari sepanjang tiga jam, cukup lebih kurang tiga hari saja menjemurnya. sesudah itu selesai dikerjakan maka rimpang dat ditanam. bibit anak rimpang yang di ambil dari area gelap sepanjang dua bln. sampai tunas keluar.

Dapat juga lakukan lewat cara menumpuk kedalam tanah yang teduh. siram memakai air tiap-tiap hari hingga tunas keluar. tambah baik bila bibit disediakan sebelum saat mulai penanaman agar bibit terus terjaga kualitasnya. setelah itu langkah pengolahan tanam. yang butuh disediakan adalah :

  • Tempat yang luas layaknya perkebunan atau tegalan. dianjurkan mempersiapkan tempat 1 bulan sebelum saat tanam.
  • Buka tempat membersihkan dari gulma serta tanaman lain yang mengganggu perkembangan kunyit. cangkul sampai tiga puluh cm..
  • Membentuk bedengan dengan tempat yang lebarnya 120 cm tinggi 30 cm dengan jarak 30 cm. ahan bisa dibentuk layaknya petakan dengan parit yang mengelilinginya.
  • Penentuan pupuk organic layaknya pupuk kandang yang bagus supaya membuahkan tanaman yang baik juga. masukkan pupuk sejumlah dua kilo gram.
Cara menanam temulawak memakai tehnik sendiri yakni yang dikerjakan dengan monokultur serta tentukan penanaman saat memasuki musim hujan. Air amat dibutuhkan dengan jumlah besar serta ini ada pada fase perkembangan. pemeliharaan dengan tehnik ganti bibit saat tanaman mati serta penyiangan saat pagi hari. penyemprotan pestisida cuma dikerjakan waktu ada serangan hama.

Powered by Blogger.