Budidaya Ikan Discus - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Ikan Discus



Budidaya Ikan Discus (ragambudidaya) -Ikan discus yang nama latinnya simpisodon discus serta datang dari sungai rio negroo, amazon ini memanglah belum banyak dikenal, wujud badannya pipih tidak tebal dengan corak warna tubuh menarik serta gerak yang lembut dan tenang memanglah pantas jadikan peliharaan sebagai ikan hias di tempat tinggal. Dikarenakan keindahan serta keanggunannya inilah, ikan discus apalagi konon dikira sebagai rajanya ikan tawar oleh beberapa pemelihara serta penggemarnya. 

Tambahan lagi ikan discus dapat dipelihara berbarengan dengan ikan hias yang lain didalam sesuatu aquarium. Ini juga yang bikin keinginan pada ketersediaan ikan discus cukup tinggi di pasaran. serta dikarenakan itu juga usaha budidaya ikan discus jadi di antara pilihan usaha yang menguntungkan. 

Ikan discus yang banyak dibudidayakan di indonesia salah satunya berjenis ; heckel, red melon serta bambu kuning. Pemeliharaan ikan discus tidak demikian rumit. Cuma saja ada perihal yang butuh di perhatikan, yaitu situasi air yang bersih, tenang serta konstan cocok dengan karakter ikan discus yang lembut serta tenang. Karenanya dengan teratur aquarium mesti dibersihkan dari kotoran dengan langkah menyedotnya memakai selang. penggantian air dengan berkala juga butuh dikerjakan. Seluruh kegiatan tersebut dikerjakan dengan hati-hati serta perlahan supaya tidak menyebabkan gejolak riak air yang terlampau besar. Para Pembudidaya ikan discus merekomendasikan supaya selang yang dipakai untuk bersihkan kotoran didalam aquarium tidak digunakan dengan bergantian, berarti tiap-tiap aquarium mempunyai selang sendiri-sendiri. perihal ini untuk menghindar penyebaran penyakit yang barangkali nampak. Juga merekomendasikan supaya tidak terus-terusan memasukkan tangan ke didalam aquarium supaya air tidak cepat kotor serta ikan discus tidak stress. 
Pemijahan ikan discus 

Sistem pemijahan ikan discus diawali dari penentuan bibit indukan yang baik dengan kriteria ; sehat,aktif,tidak cacat, berusia sekitar 1 th. Serta ukuran badannya seimbang. Pada umumnya ikan discus akan mencari dan memilih sendiri calon pasangannya, jika sesudah mendapatkan pasangannya baru pasangan ikan discus jantan serta betina itu dipisahkan dari grup dengan diletakkan di aquarium pemijahan. Sistem pemijahan umumnya berlangsung sepanjang 2 minggu serta didalam 1bulan ikan discus betina mulai bertelur. 

Pemeliharaan larva serta anakan ikan discus 

Ada perihal yang unik dari ikan discus, telur-telur yang dihasilkan sesudah menetas jadi larva dapat melekat pada tubuh induknya untuk mengonsumsi lendir dari tubuh induknya. telur-telur ikan discus biasanya menetas sesudah berusia 2 – 3 hari. Anakan ikan discus dilewatkan melekat pada tubuh induknya hingga berusia sekitar 1 bln.. Sesudah umur 1bulan anakan ikan discus dipisahkan untuk diletakkan didalam aquarium pembesaran. satu indukan ikan discus umumnya dapat membuahkan telur lebih kurang 100 buah didalam sekali sistem pemijahan. 

Makanan ikan discus 

Makanan ikan discus sedikit tidak sama dengan makanan ikan hias type yang lain. ikan discus dapat diberi pakan berbentuk cacing sutra, cacing darah maupun pelet. Untuk larva walau telah memperoleh makanan dari lendir pada tubuh induknya dapat juga diberikan pakan tambahan berbentuk kutu air. 

Potensi usaha ikan discus 

Dengan perawatan serta pemeliharaan yang tidak demikian rumit ditambah cost pakan yang tidak terlampau tinggi, nyatanya ikan discus mempunyai potensi usaha yang amat mengundang selera. ini yang telah dirasakan para peternak ikan discus, bagaimana tidak tiap-tiap harinya ia dapat jual sampai beberapa ratus ekor ikan discus anakan dengan ukuran besar +- 3 cm dengan harga meraih Rp. 50. 000, - per ekornya untuk type bambu kuning. untuk type red melon dapat terjual anakannya dengan harga 80 – 100 ribu per ekornya. Tengah untuk ukuran dewasa, sepasang ikan discus type bambu kuning dijual dengan harga +- 600 ribu rupiah serta dapat meraih harga jutaan untuk type red melon. Harga ikan discus dapat jadi fantastis bila memenangi sesuatu kontes, menurut pembudidaya ikan discus harga ikan discus juara kontes dapat meraih beberapa puluh juta rupiah.Pasar ikan discus juga terbuka luas. tak hanya pasar lokal,  banyak pembudidaya ikan discus sering melayani keinginan dari manca negara seperti singapura, thailand apalagi arab saudi yang sekarang ini menurut dia tengah tren. 



Powered by Blogger.