Cara Mudah Merawat Anggrek - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Mudah Merawat Anggrek


Cara Mudah Merawat Anggrek (ragambudidaya) -Keindahan bunga anggrek memang kerap membuat orang terpesona barangkali dikarenakan bunga anggrek memiliki sejuta pesona. Terlebih dengan banyaknya penyilang sekarang ini, banyak macam warna serta type baru bermunculan. Namun keindahan bunga anggrek tidak dapat dengan cuma menanam dan di biarlah saja. Bila itu dikerjakan bunga tidak segan untuk mati. Bila tidak pingin perihal itu berlangsung maka tanaman anggrek butuh perawatan yang lebih. Dengan perawatan dasar yang pas, anggrek dapat tampak menawan serta rajin berbunga. 

Sesungguhnya tidaklah terlampau rumit saat merawat tanaman anggrek. Juga tidak dibutuhkan teknologi. cuma tau keperluan hidup tanaman anggrek, juga ketelatenan serta kejelian didalam pengamatan sehari-hari mutlak Dibutuhkan. dengan pengamatan sehari-hari dapat cepat diketahui masalah yang ada. konsentrasi pada tanaman memanglah dibutuhkan, terlebih pemeliharaan didalam sekala besar. Kelengahan atau keterlambatan didalam penanganan hama serta penyakit dapat beresiko besar pada rusaknya tanaman. Ada 4 dasar perawatan tanaman anggrek yang harus di perhatikan. serta ini tidak dapat ditinggalkan. apabila pingin memperoleh tanaman anggrek dengan penampilan menawan serta rajin berbunga. 

Sinar matahari 
Tanaman anggrek tidak membutuhkan intensitas matahari dengan penuh. tiap-tiap type anggrek memerlukan intensitas matahari yang tidak sama. Sepanjang pertumbuhannya tanaman anggrek membutuhkan naungan. seperti habitat aslinya, di mana tanaman anggrek tumbuh di dalam rimba, melekat didahan pohon yang rindang. phalaenopsis, type anggrek yang memerlukan intensitas matahari sangat rendah, 20%. type yang lain pada kisaran 40% – 60%. Untuk naungan, yang gampang memakai paranet. ketebalan paranet sesuai dengan keperluan intensitas cahaya matahari type anggrek yang titanam. jauhi masuknya cahaya matahari dengan segera serta terlalu berlebih. kelebihan intensitas cahaya matahari dapat mengakibatkan daun-daun menguning seperti terbakar. 

Penyiraman 
Penyiraman pada tanaman anggrek amat di pengaruhi oleh media tanam, besar kecilnya tanaman, temperatur lingkungan, kelembapan, aliran hawa serta type pot yang dipakai. Menyiram tanaman anggrek baiknya mengunakan sprayer, hingga butiran air yang keluar bisa diatur, supaya tidak mengakibatkan kerusakan media tanam, bunga serta daun anggrek. penyiraman yang baik segera disemprotkan di bagian akar, agar segera terserap. 

Penyiraman baik dikerjakan saat pagi hari jam 07.00 ~ 09.00 serta sore hari jam 15.00 ~ 17.00. janganlah menyiram anggrek terlampau banyak. Air yang menggenang didalam pot dapat membuat akar membusuk serta tanaman mati. frekuensi penyiraman bergantung pada type anggrek. anggrek yang memiliki pseudobulb ( anggrek simpodial ) lebih tahan kering, contohnya : oncidium, dendrobium, cattleya. penyiraman pada type anggrek ini cukup 1 – 2 kali 1 hari. anggrek monopodial mesti disiram seringkali, 2 – 3 kali 1 hari, contoh : phalaenopsis serta vanda.

Pemupukan 
Dasar pemupukan yaitu fase perkembangan tanaman angrek. ada 2 :
Fase perkembangan tanaman anggrek. fase vegetatif yaitu periode perkembangan tanaman anggrek dari penyemaian hingga anggrek muda. fase generatif yaitu waktu anggrek mulai dewasa serta sudah siap berbunga. 

Pada fase vegetatif pupuk yang harus dipakai yaitu pupuk yang kaya dapat unsur n. unsur n ini adalah bahan utama penyusun protein yang amat diperlukan didalam sistem pemisahan sel. hingga perkembangan tanaman dapat lebih cepat. Pada fase generatif dapat diberikan pupuk dengan unsur hara p yang lebih tinggi. yang berperan untuk merangsang sistem pembentukan bunga. bisa juga diberikan vit. serta hormon perkembangan. 


Pemupukan yang baik yaitu melalui daun, dikarenakan daun memiliki daya serap yang semakin besar dari pada akar. janganlah berikan pupuk lewat cara menaburkan segera ke didalam pot. Pupuk yang diserap akar cuma pupuk yang terbawa oleh air. sesaat sisanya dapat mengendap didalam pot serta dapat jadi area yang mungkin untuk perkembangnya penyakit. waktu yang pas lakukan pemupukan yaitu waktu di mana mulut daun tengah terbuka, yakni jam 08. 00 ~ 10. 00 serta atau jam 15. 00 ~ 17. 00. hingga sistem penyerapan makanan berjalan lebih cepat. 

Penggantian pot 
Penggantian pot yaitu sistem di mana tanaman anggrek ditanam lagi dengan pot yang semakin besar dengan media tanam baru. mengingat perkembangan tanaman anggrek yang makin membesar, dikawatirkan pot lama kurang menyimpan waktu tanaman anggrek siap berbunga. kapan mesti lakukan penggantian pot tak ada waktu yang tentu. kejelian pengamatan sehari-hari amat dibutuhkan. adapun tandanya waktu yang pas lakukan penggantian pot yaitu : 
  • pot telah padat oleh tunas baru 
  • pot telah kurang menyimpan perakarannya 
  • media tanam banyak ditumbuhi lumut 
  • media tanam telah hancur serta lapuk. 
Cuma 4 dasar perawatan tersebut yang harus di perhatikan, untuk memperoleh perkembangan tanaman anggrek yang baik. namun yang lain berbentuk sebagai penunjang atau insidentil. kegagalan saat melakukan perawatan dasar tersebut dipastikan dapat mengakibatkan kegagalan seluruhnya. yakni tanaman kurus kurang terurus, gampang diserang hama serta penyakit serta penundaan pembungaan. apalagi yang sangat kronis dapat mengakibatkan kematian. 

Lokasi, suhu, serta kelembapan : 
Anggrek dapat tumbuh baik di dataran tinggi, bukan hanya bermakna di dataran rendah tidak dapat hidup walau demikian mesti mencukupi ketentuan yang pas. Suhu hawa berkisar 15ºc-35ºc ( suhu optimum 21ºc ) dengan sirkulasi hawa yang baik. kelembapan hawa berkisar pada 65%-70%.

Powered by Blogger.