Alat Ukur Kesuburan Tanah Sederhana - BUDIDAYAKU

Header Ads

Alat Ukur Kesuburan Tanah Sederhana

alat ukur kesuburan tanah


Alat Ukur Kesuburan Tanah Sederhana (ragambudidaya) -Kesuburan tanah adalah kunci utama kesuksesan satu usaha tani. bagaimanapun sempurnanya satu sistem usaha tani walau demikian bila tidak di dukung dengan kesuburan tanah yang memadahi tentu tak lagi membawa hasil yang optimal. sebagai perumpamaan masalah yang umum berlangsung pada petani Indonesia, beberapa petani kerap berikan pupuk kimia yang terlalu berlebih pada lahannya walau demikian produksinya belum seperti yang diinginkan. persoalan pada masalah di atas yaitu dikarenakan tingkat kesuburan tanah yang rendah hingga berapapun pupuk yang didapatkan tak lagi dapat terserap oleh tanaman.

Untuk tahu tingkat kesuburan tanah tidaklah gampang, tidak dapat cuma diraba serta ditrawang. walau demikian mesti dikerjakan uji kesuburan tanah di laboratorium dengan cost yang tidak murah serta tidak seluruh petani mempunyai akses untuk lakukan uji kesuburan tanah tersebut.
Oleh dikarenakan itu butuh diciptakan alat simpel pengukur kesuburan tanah supaya beberapa petani indonesia dengan gampang dapat mendeteksi kesuburan tanah mereka tiap-tiap setiap waktu. alat tersebut amat simple dikarenakan gampang dipakai serta gampang dibawa.
cara memakai alat pengukur kesuburan tanah :

Ambillah segenggam tanah yang dapat kita uji. masukkan kedalam gelas serta imbuhkan air murni/ air mineral hingga macak-macak. aduk-aduk hingga merata ( homogen )


Ambillah alat penguji kesuburan tanah gunakan lampu bohlam 100 watt ( bukan hanya lampu tl ), serta masukkan jack ke stop kontak. .



Tancapkan ujung alat penguji kesuburan tanah ke didalam gelas yang diisi tanah yang dapat kita uji tersebut.

Makin terang nyala lampu tersebut bermakna makin subur tanah kita. Bila nyala lampu redup atau apalagi tidak menyala sekalipun kita mesti memberikan pupuk organik ke tempat kita supaya kesuburannya dapat kembali. Hati-hati saat jack menancap pada stop kontak ! ! janganlah memegang besi ujung alat pengukur kesuburan tanah atau yang terhubung olehnya. Perumpamaan : janganlah menyentuh tanah serta air beserta pengaduknya saat tengah diukur kesuburannya ( saat ujung alat tetap menancap di tanah tersebut ).
Kesuburan tanah amat jamant kaitannya dengan kandungan bahan organik tanah. makin banyak bahan organik yang terdapat didalam tanah maka dapat makin subur tanah tersebut. hingga bila berlangsung persoalan kesuburan pada tanah kita sosusinya pasti pupuk organik. untuk menjelaskannya cobalah tengok uji cobalah simpel dari maspary di bawah ini :

kami mengambil dua genggam tanah dari pekarangan, lantas kami masukkan tiap-tiap didalam gelas yang tidak sama. yang satu tanpa organik ( kiri ) serta yang satunya lagi kami campur pupuk organik ( kanan ).



lantas kami lakukan tes uji cobalah pada ke-2 tanah tersebut.
tanah yang tanpa organik menyala amat redup




tanah yang kami campur dengan pupuk organik menyala dengan amat terang.




Maspary sudah coba merangkai alat simpel pengukur kesuburan tanah tersebut dengan amat praktis, rapi, safe dikarenakan rangkaian listrik tertutup oleh plastik paralon yang berkwalitas seluruh ( tak ada rangkaian yang bocor ), mudah serta simple ( gampang dimasukkan didalam tas serta dibawa kemana-mana ). disamping itu alat tersebut juga dirangkai serta di disign amat kokoh hingga dapat tahan goncangan serta amat awet dipakai bertahun-tahun. spesifikasi alat tersebut : panjang 30 cm, lebar 18 cm serta berat 325 gr. hingga amat cocok dipakai beberapa grup tani, penyuluh atau beberapa praktisi pertanian yang lain.

No comments

Powered by Blogger.