Budidaya Padi Merah - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Padi Merah

padi merah

Budidaya Padi Merah (ragambudidaya) -Padi beras merah adalah di antara type padi di Indonesia yang memiliki kandungan gizi yang tinggi.Menurut kandungan gizinya maka padi beras merah amat baik untuk tempat rawan pangan terutama penduduk yang berstatus kurang gizi. Padi dengan kandungan protein tinggi amat berguna didalam perbaikan gizi penduduk. Sebagian zat gizi biasanya ditemukan di beras merah terhitung vit. e, thiamin, magnesium, vit. b6, serta serat. Disamping itu, ada lebih kurang selusin semakin banyak vit. serta mineral yang ditemukan didalam beras merah. Jika anda menderita diabetes tentu mesti hindari nasi putih dikarenakan bisa mengakibatkan lonjakan didalam tingkat gula darah oleh dikarenakan itu beras merah yaitu pilihan yang lebih pas untuk tiap-tiap orang yang sadar kesehatan. 

Tetapi di indonesia padi beras merah kurang memperoleh perhatian dibanding padi beras putih. apalagi mengonsumsi padi beras merah di indonesia amat terbatas. Oleh dikarenakan itu butuh diperluasnya budidaya padi beras merah untuk kesejahteraan penduduk berbarengan. 

Adapun langkah untuk membudidayakan tanaman padi beras merah yaitu persiapan tempat yang cuma di cangkul tanpa digaru atau di bajak ( minimum tilage ). Lantas, pemberian pupuk kandang. setelah itu, penanaman dikerjakan pada awal musim hujan sesudah dua atau tiga kali turun hujan di bln. oktober-november. Penanaman dikerjakan dengan langkah sistem tabela atau tanam benih segera. Lantas pemberian lubang memakai tongkat kayu untuk menanam benih dengan kedalaman 3-5 cm serta jarak 20x20 cm. Tiap-tiap lubang yang telah di tugal di beri benih sejumlah 4-7 benih. Lantas tanah ditutup kembali. Setelah itu yaitu pemeliharaan serta penyulaman yang dikerjakan pada usia 1-3 minggu sesudah tanam ganti tanaman yang mati atau tampak. sesudah itu kerjakanlah penyiangan. Pada pemeliharaan cuma dikerjakan penyiangan rumput, tanpa ada pengairan dikarenakan cuma memercayakan air tadah hujan. penyiangan dikerjakan dengan mekanis dengan cangkul kecil, sabit atau dengan tangan waktu tanaman berusia 3-4 minggu serta 8 minggu. 

Pembumbunan dikerjakan berbarengan dengan penyiangan pertama serta 1-2 minggu. lantas pengendalian hama serta penyakit dikerjakan jika tingkat serangan 5 persen, dikerjakan penyemprotan dengan pestisida. jika 5 persen tingkat serangannya, maka dikerjakan pengendalian dengan manual. adapun pemupukan umumnya memakai pupuk organik atau anorganik, pupuk organik dengan pupuk kandang yang didapatkan pada tanaman sesudah berusia tiga minggu serta pupuk anorganik layaknya urea, tsp serta kcl. pupuk tsp serta kcl diberikan waktu tanam serta urea pada 3-4 minggu serta 8 minggu sesudah tanam. paling akhir yaitu pemanenan. padi merah memiliki usia panen lebih kurang 5-6 bln. sesudah tanam. 

Demikianlah wacana tenteng langkah menanam padi merah, amat disarankan untuk coba lakukan penanaman padi merah tak hanya bergizi tinggi padi merah juga bernilai ekonomis yang tinggi. semoga berguna untuk siapapun yang membacanya, sekian terimakasih.

Powered by Blogger.