Panduan merawat kambing etawa - BUDIDAYAKU

Header Ads

Panduan merawat kambing etawa

kambing etawa

Panduan merawat kambing etawa (ragambudidaya) -Umur kehamilan kambing etawa umumnya berkisar pada 150 hari, lantas umumnya anak kambing etawa atau biasa dimaksud cempe dapat lahir. waktu kelahiran kambing etawa memanglah membutuhkan perawatan serta penanganan lumayan serius supaya cempe dapat selamat. 

Jika hari perkiraan kelahiran kambing etawa telah dekat, ada banyak hal yang perlu disiapkan, diantaranya yaitu, handuk/kain kering,betadine, kelapa muda, telur ayam kampung, madu.

Namun hpl ( hari perkiraan lahir ) kambing etawa umumnya dihitung 150 hari sesudah kambing itu dikawinkan. namun factor kekeliruan umumnya tak lagi kian lebih 2-3 hari. dapat maju 2-3 hari atau dapat mundur 2-3 hari. 

Kambing etawa yang dapat melahirkan tambah baik di pisahkan dengan kambing yang lain perihal ini mempunyai tujuan untuk menghindari supaya anak yang dapat lahir kelak tidak terinjak oleh kambing yang lain.
  
Sesaat sesudah anak kambing etawa lahir, lantas segera diangkat serta disisihkan dari induknya. perihal ini mempunyai tujuan untuk hindari cempe terinjak atau terhimpit oleh induk sendiri, dikarenakan induk yang melahirkan terkadang senang jalan, anak kambing etawa atau cempe yang baru lahir situasinya amat rawan serta lemah.

kambing etawa

Anak kambing etawa yang baru lahir lantas di bersihkan dengan kain kering atau handuk, terlebih di bagian muka/hidung, dikarenakan anak kambing yang baru saja keluar umumnya hidungnya terganggu/tertutup oleh lendir, yang dapat menganggu atau mempersulit anak kambing untuk bernafas. 

Anak kambing etawa yang telah kering, umumnya lantas disiram dengan air kelapa muda., dengan tujuan supaya bersih dari kotoran serta supaya induknya bersemangat untuk menjilati anak yang baru lahir, 

Waktu normal yang dibutuhka untuk berdiri cempe umumnya tidak kian lebih 2 jam. anak kambing etawa bisanya mempunyai waktu normal lebih kurang 2 jam untuk dapat berdiri dengan sendiri.

Umumnya cempe pada awal-awal menyusui dapat jadi kesusahan saat mencari putting susu induk perihal ini mengharuskan kita menolong anak kambing tersebut menyusu ke induknya, pada umum nya membutuhkan waktu sepanjang 3 hari untuk anak kambing etawa untuk betul-betul dapat berdiri dengan sendiri dengan tegak serta menyusu pada induknya. 

Sesudah anak kambing bener-benar kuat, biarlah sepanjang 24 jam dalam 1 minggu digabung cempe dengan induk, supaya periode susu kolostrum induk betul-betul habis. Bila susu kolostrum pada induk telah habis, sesudah itu anak kambing etawa di pisahkan kembali dengan induk supaya anak kambing etawa cuma menyusu induknya 2 kali 1 hari perihal ini mempunyai tujuan waktu anak kambing etawa dapat menyusu ke induk, posisi ambing telah betul-betul penuh serta anak kambing etawa dapat minum susu induknya sampai betul-betul kenyang.

Powered by Blogger.