Manfaat ikan lele bagi kesehatan - BUDIDAYAKU

Header Ads

Manfaat ikan lele bagi kesehatan

manfaat ikan lele

Manfaat ikan lele bagi kesehatan (ragambudidaya) -Terhitung di antara type ikan yang cukup popular di indonesia serta gampang diperoleh, baik di desa maupun di kota. ikan lele ada yang hidup dengan liar serta ada juga yang dibudidayakan.

Ikan lele memiliki tanda-tanda khas dengan tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang dan mimiliki sejenis kumis yang panjang, mencuat dari lebih kurang sisi mulutnya.

Beberapa type lele sudah dibiakkan orang, tetapi umumnya spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. lele dumbo yang popular sebagai ikan ternak, sebenarnya yaitu type asing yang didatangkan ( diintroduksi ) dari afrika.
Ikan lele berbentuk nokturnal, yakni aktif bergerak melacak makanan saat malam hari. pada siang hari, ikan lele berdiam diri serta berlindung di tempat-tempat gelap.

Faedah makan ikan lele untuk kesehatan tubuh 
Ikan lele memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan type product hewani yang lain, yakni ikan lele kaya dapat kandungan leusin serta lisin. leusin ( c6h13no2 ) yaitu asam amino esensial yang amat dibutuhkan untuk perkembangan anak-anak serta melindungi keseimbangan nitrogen. sesaat leusin bermanfaat untuk perombakan serta pembentukan protein otot.

Lisin merupakan di antara dari 9 asam amino esensial yang diperlukan untuk perkembangan serta perbaikan jaringnan. asam amino ini amat bermanfaat untuk perkembangan serta perubahan tulang pada anak, menolong penyerapan kalsium serta melindungi keseimbangan nitrogen dalam tubuh, serta memelihara periode tubuh anak supaya tidak terlampau berlemak. lisin juga diperlukan untuk membuahkan antibody, hormone, enzim, serta pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. disamping itu, lisin juga berguna membuat perlindungan anak dari cold sore serta virus herpes ( wikipedia ).

Menurut kajian ilmiah ikan lele mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yakni lebih kurang 17%, tidak cuma itu ikan ini juga mempunyai beragam jenis asam lemak, esensial yang bisa memenuhi kabutuhan dapat asam lemak harian kita lebih kurang 9%. tetapi batasi mengonsumsi ikan ini, dikarenakan kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi. hari 2 ekor telah cukup berikan banyak faedah.

Disamping itu, ikan lele juga diakui dapat untuk memperkuat otot-otot perut, menyembuhkan kencing manis, impotensi, hepatitis, ambien serta eksim. langkah penggunaannya lalu amat gampang, cukup dimasak/direbus lantas dimakan atau di bakar hangus serta di tumbuk halus lantas di bikin serbuk, di seduh dengan air panas lantas diminum.

Faedah lain ikan lele
Di indonesia, ikan lele dikembangbiakkan untuk mengonsumsi serta juga untuk melindungi kualitas air yang tercemar. kerapkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar dikarenakan dapat menghilangkan kotoran-kotoran. lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor mesti “diberok” terlebih dulu sebelum saat siap untuk dikonsumsi. maksud dari “diberok” yakni ikan lele dipelihara pada air yang mengalir sepanjang sekian hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadang-kadang lele juga ditaruh di sawah dikarenakan mengonsumsi hama-hama yang ada di sawah. lele kerap juga ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang yang lain untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

Powered by Blogger.