Headlines News :
Home » » Budidaya ayam serama

Budidaya ayam serama

Written By mupeng aja on Saturday, May 4, 2013 | 10:03 AM


  
Budidaya ayam serama (ragambudidaya) -Ayam serama mulai tenar pada th. 1990 melewati kontes pertama yang diadakan di perlis. didalam perlombaan wee yean een tampak sebagai di antara juri. tak hanya di malaysia kontes ayam serama juga banyak digelar di thailand. di indonesia serama mulai dipertandingkan pada th. 2004 di ancol, jakarta. pengagum ayam serama berkumpul didalam sesuatu wadah bernaman persatuan pelestari ayam serama indonesia ( p2asi ).

Perihal ayam serama :
  • diakui datang dari kelantan malaisia
  • hasil persilangan dari beragam type ayam
  • nama serama datang dari kata sri rama serta pada awalnya hewan ini cuma dipelihara dikalangan istana saja.
  • dapat berusia sampai 15 tahun
  • berat ideal yaitu di bawah 500 gram atau 1/2 kg.
  • ciri serama yang bagus yaitu ekor yang cantik, berdada tegak kepak syap lurus ke bawah.
  • hewan peliharaan yang jinak, manja serta mengetahui pemeliharanya.
  • memiliki gelagat yang menarik, layaknya jalan mundur kebelakang.

Ayam serama yaitu ayam terkecil didunia yang datang dari malaisia. ayam ini amat menyenangkan untuk dipelihara dikarenakan pintar memikat hati dengan gayanya yang penuh aksi. bila kita cermati ayam ini segera mengangkat dada serta meluruskan ekornya tegak keatas sampai 90 derajat dan mengibaskan ke-2 sayapnya.

Langkah menjaga serama tidak sukar serta tidak berbelit-belit. keperluan hidupnya sama layaknya ayam buras. menurut pernyataan ir. rudiasfie sjofinal peternak ayam serama di jakarta ayam cebol ini memanglah sedikit sulit dikembang-biakkan. ukuran kakinya pendek mengakibatkan pejantan sukar lakukan penetrasi saat akan kawin. mengakibatkan, sistem percintaan jadi tidak mesra serta kerap tidak pas mengenai tujuan.
Langkah beternak ayam serama mesti dikerjakan dengan intensif. pemberian pakan dapat memakai pakan dedak yang setiap harinya diberikan minum vitamain. kandang mesti terlindung dari hujan, dikarenakan ayam ini gampang sekali terkena penyakit bila kandangnya kuarang mencukupi sarat.

Rudi kerap menolong ayam pejantan nangkring diatas ayam betina. tehnik pengawinan ini dikerjakan dengan langkah memegang ayam betina lantas menyodorkanya ke depan pejantan. syaratnya, ke-2 mempelai mesti betul-betul telah siap kawin. induk betina siap dipinang pada berumur 5 – 6 bln.. serama betina layaknya itu umumnya berperilaku jongkok bila dipegang punggungnya. namun umur subur pejantan berkisar pada umur 4 sampai 5 bln..

Rudi juga mengaplikasikan tehnik kawin gilir. saat metode ini ayam betina dipaksa melayani 3 ekor pejantan. penggiliran dikerjakan dengan berselang lebih kurang 2 – 3 jam. langkah'>dengan cara perkawinan layaknya itu diinginkan kesempatan kesuksesan dapat diperbesar.

Walau ukuran tubuhnya kecil, serama terhitung type ayam bernafsu birahi tinggi. ia tidak gentar serta tidak segan-segan jatuh cintrong pada ayam berbadan lebih gede. menurut johan, peternak ayam dari bekasi, serama mulai belajar kawin saat berumur 3 bln.. pejantan muda sehat mesti dapat menyalurkan hasrat bercintanya sejumlah 6 – 8 kali tiap-tiap hari. nafsu birahi serama memuncak saat cuaca mendung, atau pagi serta sore hari.

Kesuburan ayam serama amat di pengaruhi oleh kesehatan fisik. cuaca terlampau dingin dapat turunkan kekuatan ayam betina membuahkan telur. karena beberapa besar pakan dipakai untuk produksi daya manfaat menjaga panas badan. lantas, ayam serama yang dipelihara di tempat dingin mesti beroleh pakan dengan kandungan karbohidrat tinggi. semisal jagung.

Sebagai hidangan tambahan, rudi senantiasa menyuguhkan menu tambahan berbentuk jangkrik, serta tauge pada ayam-ayamnya. tiap-tiap 1 minggu sekali rudi juga berikan ayamnya vit. e.


Langkah praktis yang lain dikerjakan oleh albert tan swee guan peternak ayam serama asal selangor, Malaysia. ia tidak dulu berikan menu tambahan aneh-aneh pada ayam peliharaannya. menurut pria berkacamata tersebut, pakan ayam petelur saja telah cukup. pabrik telah meracik pakan tersebut sedemikian rupa hingga sesuai dengan keperluan gizi yang dibutuhkan ayam. Albert senantiasa berikan pakan 2 kali didalam 1 hari pada ayamnya. yakni pada pagi hari serta malam hari lebih kurang jam 8. “itu chiken feed telah dikaji sesuai untuk ayam, lantas you tidak payah untuk apa-apa lagi, ”terang pria tersebut dengan logat melayu.

Telur gagal menetas terhitung di antara kendala budidaya ayam serama. dua kunci penting yang tidak bisa dilupakan waktu menetaskan telur ayam serama yakni suhu serta kelembaban. suhu penetasan tidak bisa melebihi atau kurang dari 37, 5°c – 38°c. Kelembaban mesti senantiasa sesuai dengan umur telur. minggu pertama sampai minggu ke dua kelembaban diatur pada kisaran 65% – 70%,sampai 2 – 3 hari menyambut menetas, kelembaban mesti ditambah sampai kisaran 95% – 100%. Derajat kelembapan dapat diukur dengan hygro mtr.. piranti ini umumnya telah ada pada alat penetas. Situasi hawa terlampau kering membikin kulit telur lantas keras. mengakibatkan anak ayam kesusahan memecah cangkang telur. bila telah layaknya itu, anak ayam dapat mati lemas dikarenakan tidak dapat bernafas. 

Di arena lomba, ayam serama bisa tampak sempurna bila birahinya tengah memuncak. oleh dikarenakan itu, 1 minggu sebelum saat turut kotes ia tidak bisa lihat lawan macamnya. lantas taruhlah serama anda di area yang terisolir. biasanya nafsu birahi serama memuncak pada umur 4 – 6 bln..

Bulu ayam serama yang terus-terusan kawin kerap rusak. pada saat bercumbu serama betina suka mematok bulu leher sang pacar. alhasil bulu wiring itu banyak yang copot hingga serama jantan lantas botak. perihal itu dapat dicegah dengan jalur melarang serama jantan berpacaran sebelum saat menggapai prestasi.

Tak hanya tidak bisa kawin, ayam serama unggulan juga tidak bisa terlampau gaul. ia dilarang terus-terusan bermain di halaman dengan kata lain diumbar. menurut gusti m. taufik, ayam yang sering diumbar dapat mandi pasir atau kipu. nah, perihal tersebut yang menyebabkan bulu lantas acak-acakan, patah, serta warnanya kusam. mandi pasir juga dapat buat sisik kaki copot serta patah. yang lebih beresiko lagi, dikawatirkan ayam dapat mengonsumsi benda-benda beresiko. semisal pecahan kaca, serta karet. “ayam saya dulu mendadak lemas. lalu sesudah saya potong nyatanya didalam temboloknya ada belingnya, ” sahut rudi di antara pelopor ayam serama di negeri ini.

Ayam serama juga mesti dilatih berkonsentrasi agar tampak sempurna diatas panggung. ia tidak bisa mematok karpet atau kabur dari panggung. lantas ayam cebol ini mesti tidak jemu-jemu bergaya serta berkokok lantang diatas cat walk.

Sebenarnya menjaga ayam serama ini tidak terlampau sukar juga, asal kita senantiasa mencermati segi kebersihan serta pemberian pakan yang bagus, memanglah semakin bagus lagi bila pakan yang kita berikanlah dicapur juga dengan konsentrat.

Langkah melatih mental serama tidak sulit. lebih kurang 2 – 3 minggu sebelum saat kontes dia mesti dibiasakan dengan panggung berkarpet. basahi ayam mungil itu dengan sepotong lap. sesudah itu, taruhlah diatas meja yang diberi karpet berwarna hijau. kenapa mesti karpet berwarna hijau ? pasalnya benda tersebut kerap dikira rumput. lantas bila saat latihan ia kerap tertipu oleh karpet hijau, diinginkan waktu di panggung lomba ia ogah mematok-matok karpet lagi. agar serama tidak kabur, tutuplah dengan kurungan. sesudah itu posisikan meja latihan di area yang panas.

Seusai dijemur ayam tidak bisa segera diberi minum. bila perihal itu dilanggar, ayam dapat diterjang penyakit ngorok. berwajah yang cerah mendadak beralih lantas pucat pasi. taruhlah terutama dulu ayam yang usai dijemur di area teduh sepanjang 15 – 30 menit. nah, sesudah itu ayam baru bisa menegak segelas air fresh.

Serama wajip menyantap porsi pakan cocok dengan menu extra gizi. vit. e, pospor serta calsium amat penting untuk menjaga kecantikan bulu. vit. e banyak terdapat didalam minyak ikan. namun calsium serta pospor banyak ada didalam sotong dengan kata lain kulit cumi. extra fooding tersebut harus disuguhkan tiap-tiap hari.

Masalah menu pakan serama, rudi punya resep jitu yang layak ditiru. tiap-tiap pagi ia senantiasa berikan minuman bercampur enervon c pada seramanya. ramuan tersebut mesti habis sekali minum dan tidak bisa terkena terik matahari. karena, manfaatnya dapat hilang. menu sarat gizi lain yang ia suguhkan yakni 3 ekor jangkrik serta kroto. jagung tidak bisa dihidangkan terlalu berlebih. karena serama yang terlampau banyak menyantap jagung dapat cepat alami rontok bulu.

Tak hanya tampilan menarik, serama juga mesti mempunyai bobot badan seringan barangkali. lantas, diet mesti diawasi dengan ketat. jauhi pemberian pakan yang banyak memiliki kandungan lemak. 3 hari menyambut lomba, ayam serama disuguh beras merah atau gabah. porsinya cukup 2 – 3 sendok makan saja. menu itu diberikan 2 kali didalam 1 hari. yakni saat pagi serta sore hari.

Resep lain dimiliki ajong penangkar ayam serama di bilangan pulo mas, jakarta. sebulan menyambut kontes serama cuma diberi pakan berbentuk gabah mini. menu itu disodorkan 2 x 1 hari. yakni pada pagi serta di sore hari.
Agar bulu serama makin terlihat kinclong, ayam mesti rajin berjemur. acara mandi cahaya matahari dikerjakan mulai jam 8 sampai jam 10 pagi. sebelum saat dijemur sebaiknya
ayam dimandikan terutama dulu. apalagi bila butuh tiap-tiap sebulan sekali ayam dikeramasi dengan shampo. aktivitas ini mesti dikerjakan pada waktu cuaca cerah. seusai karmas, ayam segera dihanduki serta dijemur.

Manipulasi kecantikan nyatanya tidak diharamkan didunia hobi ayam serama. agar tampak elok di panggung, banyak serama yang melakukan perawatan kecantikan. semisal meluruskan bulu pedang ( bulu ekor terpanjang ) dengan langkah diolesi air jeruk nipis, operasi plastik untuk membereskan jengger, dan membereskan bulu sayap.

Serama yang tidak dulu kawin kerap menderita kelainan tingkah laku seksual situasi layaknya itu banyak terkena oleh serama bekas jawara. . waspadai serta latihlah ayam tersebut kawin dengan langkah sopan serta benar. didunia perseramaan calon kontesan pantang kawin sebelum saat menang. ayam cebol itu dipingit serta dilarang berpacara lebih dulu. mereka digembleng dan harus rajin berlatih berpose diatas panggung. 

Saat ayam kerdil sudah pensiun dari arena lomba serta akan dikawinkan, pehobi baru dapat menjumpai akibat yang nampak dikarenakan ayam senantiasa dipingit. semisal ayam jadi terlampau bersemangat kawin. ada juga yang terlampau cuek tidak menggubris godaan serama betina.

Ayam ini bertelur tidak terlampau banyak. telur di ambil tiap-tiap hari serta dihimpun sepanjang 7 hari, setelah itu dimasukkan mesin tetas, lama penetasan telur ini sama juga dengan ayam biasanya yakni 21 hari. sesudah ayam menetas dimasukan didalam bok yang diberi lampu pemanas sebagai indukan. pemanas ini berperan sebagai ubah induk ayam betina yang memanaskan anaknya. baru sesudah 30 hari bulu mulai tumbuh komplit maka anak ayam ini dapat dimasukan didalam bok biasa.

Walau seekor ayam serama yang anda pelihara akan ikuti lomba, bukan hanya bermakna serama tersebut tidak bisa kawin. sistem perkawinan dikerjakan dengan terjadwal serta tidak bisa terus-terusan. ayam yang terus-terusan kawin dapat alami rusaknya bulu. bila anda tidak inginkan bulu ayam lantas acak-acakan dikarenakan kawin, taruhlah ayam tersebut didalam kandang umbaran beralas rumput.

Seekor serama bekas juara mesti dikawinkan dengan waspada. karena bila perihal ini dikerjakan dengan serampangan, keselamatan ayam betina dapat terancam. menurut pengalaman gusti m. taufik, ayam serama yang belum dulu dikawinkan mempunyai nafsu birahi yang luar biasa. bila ayam cebol berkelamin jantan ini segera dikawinkan tanpa perjumpaan serta pemanasan lebih dulu, dapat mengakibatkan ayam betina babak belur apalagi jiwanya melayang.

Panduan serta trick melatih serama kawin yang telah lama dipraktekkan taufik layak ditiru. nafsu birahi terlalu berlebih dari ayam serama dapat diredakan dengan jalur memandikannya tiap-tiap pagi. disamping itu, beragam menu yang dapat menghidupkan gariah kawin juga mesti dikurangi. pakan layaknya itu biasanya memiliki kandungan protein didalam jumlah tinggi. semisal pur, minyak ikan serta jagung.

Langkah lain yang dikerjakan oleh taufik untuk menghindar tingkah laku seksual ayam serama yang brutal yakni dengan jalur merangsang nafsu birahi pejantan dengan tangan. langkah ini dikerjakan sebelum saat pejantan dikawinkan. biasanya serama jantan yang tengah ngebet kawin dapat mengejar tangan tiap-tiap orang yang mendekatinya. “tangan saya kerap dikira ayam betina. ayam pejantan tersebut segera nangkring diatas tangan. lalu cairan sperma berceceran di lengan saya, ”jelas taufik saat didapati di kediaman rudi pelung.

Kerjakanlah metode itu pada saat pagi atau sore hari. biarlah serama jantan melampiaskan nafsu birahinya diatas tangan anda. sesudah itu beri waktu lebih kurang 10 – 15 menit untuk beristirahat, lantas rangsang kembali ayam jantan tadi. sesudah melakukan 2 – 3 kali rangsangan buatan, serama jantan baru bisa kawin. nah, cara itu dapat bikin serama jantan jadi lebih mesra waktu mengajak bercinta sang betina.

Metode lain yang dikerjakan oleh taufik untuk melatih ayam serama kawin yakni dengan jalur menyimpan ke-2 ayam yang dapat dijodohkan didalam kandang terpisah. sangkar calon mempelai itu tidak bisa terlampau berdekatan dulu. sesudah tingkah laku ayam jantan terlihat tidak ugal-ugalan lagi, sangkar itu baru bisa didekatkan. nah, mereka baru dapat digabung bila telah terlihat akur.

Korban jiwa dapat dicegah dengan jalur menjodohkan ayam serama jomblo dengan serama betina siap kiawin. biasanya ayam betina siap kawin ditandai dengan tingkah laku jongkok pada saat dipegan punggungnya. induk betina layaknya itu tidak terlampau banyak cing-cong serta pasrah saat diajak bercinta. bila anda tetap cemas dengan tingkah laku urakan serama jantan, pegang induk betina lantas sodorkan berlahan-lahan ke depan serama jantan. tehnik kawin paksa layaknya ini dikatakan sebagai kawin dodokan.

Lain halnya dengan hengki kumis, hobiis ayam serama di jakarta, menurut dia ayam serama yang tidak dulu dikawinkan sejak kecil dapat menderita penurunan gairah seksual. ayam layaknya ini tak lagi gampang tertarik dengan lawan macamnya. apalagi saat digabung, tanpa basa-basi ia segera menghajar serama betina dengan membabi-buta.

Ayam loyo dapat dirangsang dengan menu kaya protein serta memiliki kandungan bahan penghangat badan. semisal kecambah, vit. e serta jahe. “biar hangat jahe disuguhkan tiap-tiap malam. dosisnya cukup sebesar kelingking jari saja. tauge dihidangkan pada siang hari, ” terang hengki.

Pejantan serama yang loyo juga mesti dibiasakan bergaul dengan serama betina. campurlah mereka didalam sesuatu kandang umbaran berukuran , 5 m kali 3 m. setiap kamar dihuni pejantan serta 2 – 3 ekor betina. kurang lebih dua minggu lantas, serama jantan tadi telah “gaul” serta suka mejeng.

Didalam perawatan teratur harian, pemberian pakan serta buang pakan sisa tempo hari, berikan air minum baru serta bersihkan area minum tiap-tiap hari. karena penyakit umumnya banyak bersarang pada area pakan atau air minum yang jarang dibersihkan. kotoran dibersihkan tiap-tiap hari serta ayam dimandikan juga tiap-tiap hari. memandikan ayam ini, jadikan ayam kita jadi makin jinak serta nurut dengan kita.


-->
Share this article :
 
Support : Creating Website | Ragambudidaya | Budidayaku
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. budidayaku - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Budidayaku