Budidaya lele sangkuriang - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya lele sangkuriang

 budidaya lele sangkuriang

Budidaya lele sangkuriang (ragambudidaya) -Saat ini banyak permintaan untuk daging ikan lele, tetapi semakin tingginya permintaan masyarakat untuk kebutuhan ikan lele tidak dapat diimbangi oleh para peternak lele.

Ikan lele memiliki banyak varietas tetapi yang saat ini di gandrungi oleh para peternak ikan lele adalah jenis lele sangkuriang karena memiliki umur pembesaran yang pendek dengan hasil yang maksimal.Berikut di ulas kelebihan dari ikan lele :
 ikan lele sangkuriang ini yaitu seperti berikut :

1. Produksi tinggi

Angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi di banding lele dumbo biasa. menurut pengalaman di lapangan, untuk membesarkan benih lele dumbo sejumlah 1000 ekor dengan pemberian pakan kwintal cuma membuahkan lele mengonsumsi sejumlah 70-80 kg. namun untuk lele sangkuriang dengan jumlah benih serta pakan yang sama bisa membuahkan – 1,4 kwintal.

2. Periode panen lebih cepat

Periode panen lele sangkuriang baik di tingkat pembenihan ataupun di tingkat pembesaran dapat dibuktikan lebih cepat dibanding dengan lele dumbo. di tingkat pembenih, perkembangan lele sangkuriang dari ukuran 2-3 cm untuk meraih ukuran 5-6 cm cuma membutuhkan waktu 20-25 hari.

Namun pada lele dumbo memerlukan waktu lebih kurang 30-40 hari. Pada tingkat pembesaran, untuk penebaran benih ukuran 5-6 cm, untuk meraih ukuran lele mengonsumsi siap panen lele sangkuriang cuma memerlukan waktu 50-60 hari dengan anggapan suhu hawa rata-rata 25-28 derajat celcius. periode panen dapat lebih cepat lagi bila dibesarkan di tempat yang mempunyai suhu yang tinggi. sebagai perumpamaan untuk tempat yang suhunya 35-38 derajat celcius cuma membutuhkan waktu 45 hari saja sampai lele siap panen. sesaat pada lele dumbo membutuhkan waktu 3-4 bln..
budidaya lele sangkuriang 

3. Kekuatan bertelur serta daya tetas telur tinggi

Kekuatan bertelur induk lele sangkuriang 2 x lipatnya dibanding dengan lele dumbo. bila satu ekor induk lele dumbo dalam sekali bertelur umumnya membuahkan 20. 000–30. 000 butir, namun lele sangkuriang dapat bertelur 40. 000-60. 000 butir. begitupun dengan daya tetasnya, daya tetas lele dumbo terbilang cukup tinggi yaitu 80%, walau demikian lele sangkuriang lebih tinggi lagi, yaitu 90%. karena angka produksi lele sangkuriang jadi lebih tinggi dibanding lele dumbo.

4. Lebih tahan pada penyakit

Seluruh type lele mempunyai pertahanan tubuh berbentuk lendir di kulitnya, terhitung lele sangkuriang. menurut penelitian yang dikerjakan oleh balai besar pengembangan budidaya air tawar ( bbpbat ) sukabumi, type bakteri yang kerap menyerang ikan air tawar jarang ditemukan di kolam atau wadah budi daya lele sangkuriang, terlebih trichoda sp. serta ichthiophthirius sp. tetapi demikianlah beberapa langkah pencegahan pada penyakit mutlak dibutuhkan.

5. Kualitas daging lebih unggul 

Daging lele sangkuriang mempunyai struktur daging yang lebih padat serta minim kandungan lemak bila di banding lele dumbo. dari segi rasa lalu mempunyai keunggulan yaitu lebih renyah, lebih gurih, serta tidak bau lumpur. terlebih bila dibudidayakan dengan organik lebih sehat serta aman untuk dikonsumsi. lele type inipun mempunyai kandungan omega3 yang amat baik untuk perkembangan serta kecerdasan otak.
.
Powered by Blogger.