Budidaya Buah Kelengkeng - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Buah Kelengkeng


Budidaya Buah Kelengkeng

Budidaya Buah Kelengkeng | Ragam Budidaya -Buah kelengkeng yang satu ini mempunyai ukuran istimewa yakni sebesar bola pingpong. Kelengkeng varietas pingpong datang dari Vietnam di daerah lebih kurang delta sungai Mekong serta Vietnam sisi tenggara. Di daerah aslinya, kelengkeng varietas pingpong (kelengkeng pingpong) di kenal dengan nama Xuongcomvang. Seperti saudaranya kelengkeng type Diamond river, Kelengkeng pingpong ini adalah tanaman asli daerah tropis. Hal inilah yang membedakan dengan Itoh (E-daw) yang disebut tanaman subtropis.

Kelengkeng pingpong benar-benar gampang untuk dibudidayakan di tanah terbuka maupun untuk kepentingan tabulampot (tanaman buah dalam pot) untuk penghias halaman tempat tinggal. Benar-benar pas ditanam di daerah panas pada tempat yang sempit sekalipun seandainya ada ditempat terbuka (memperoleh cahaya matahari segera).

Tak hanya buahnya yang besar, terasa yang manis, aroma kelengkeng pingpong juga lebih wangi dari pada kelengkeng lokal maupun kelengkeng yang kerap kita temui di supermarket yang kerap kita sebut kelengkeng bangkok. Kelebihan lain dari kelengkeng type ini yaitu ia dapat panen (panen besar) tiga kali dalam satu tahun, sedang sub-pembuahan dapat berlangsung selama th. seandainya nutrisi untuk tanaman ini cukup. Jadi sepanjang satu tahun penuh bisa nikmati buah kelengkeng pingpong. Diluar itu tanaman ini hampir tiada hama, pengalaman saya musuh utama pada waktu perkembangan yaitu belalang sedang pada waktu berbuah yaitu kalong (kelelawar).

Budidaya Buah Kelengkeng
Langkah Tanam serta Pemeliharaan

Untuk bibit ukuran besar siapkan lubang 0, 75m x 0, 75m x 0, 75m tengah untuk bibit yang kecil siapkan lubang ukuran 0, 5m x 0, 5m x 0, 5m dengan media kombinasi 1 : 1 : 1 tiap-tiap untuk tanah : pasir atau sekam : pupuk kandang (baiknya pakai pupuk kandang dari kotoran kambing, lantaran mempunyai kandungan phosphate semakin besar dari pada kotoran sapi). Baiknya kombinasi media dilewatkan dalam lubang sepanjang satu minggu, untuk lalu dipakai untuk menanam (hal semacam ini agar mikroba dari pupuk kandang bisa menyebar dengan baik kecampuran media hingga media lebih gembur serta juga berikan saat penyesuaian untuk bibit yang bakal ditanam pada keadaan lingkungan lebih kurang).

Pada waktu penanaman sobek sisi bawah dari karung atau polybag, janganlah dari sisi tepi wadah agar media serta akar tak goyang. Jika perawatannya baik (kerap dipupuk, disiram serta didangir) umumnya tanaman dari stek bakal mulai berbunga serta berbuah pada usia 8-12 bln.. Sedang yang dari biji dapat mulai berbuah pada usia 21-24 bln..

Sebatas mengingatkan baiknya penyiraman serta penyemprotan pupuk dikerjakan saat malam hari atau pagi hari sebelum saat matahari terbit, hal semacam ini lebih efisien lantaran pada waktu tersebut stomata pada daun terbuka.
Powered by Blogger.