Budidaya Tanaman Lidah Buaya - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Tanaman Lidah Buaya


Budidaya Tanaman Lidah Buaya | ragambudidaya  - Lidah buaya yaitu tanaman yang memiliki banyak faedah, terlebih untuk kesehatan manusia, keinginan juga banyak, tetapi tingkat produksi lidah buaya di Indonesia tetap kurang. Oleh karenanya budidaya lidah buaya ini mesti ditingkatkan. Untuk menambah produksi lidah buaya, tersebut disini langkah budidaya lidah buaya yang baik. 

Sebelum saat lakukan budidaya tanaman lidah buaya dikerjakan penyiapan tempat untuk budidaya. Tempat disediakan dalam situasi sudah dibajak serta di gemburkan terlebih dulu lalu dibuat saluran drinase serta bedengan. Bendengan di buat dengan ukuran 1 x 2 mtr. serta tinggi 30-40 cm serta panjang di cocokkan dengan keadaan tempat. 

Budidaya tanaman lidah buaya diawali dengan lakukan pembibitan terlebih dulu, pembibitan dikerjakan langkah vegetatif, bibit di ambil dari tanaman induk berbentuk anakan dengan jalur dicongkel serta diusahakan supaya akarnya tak putus. Anakan yang sudah di peroleh ditanam dalam polibag. Lama pembibitan yaitu 3-5 bln.. 

Sesudah saat pembibitan barulah dapat ditanam diareal pembudidayaan. Bibit tanaman lidah buaya ditanam dalam lubang dengan kedalaman lebih kurang 10 cm. Pada saat penamanan diusahakan supaya tanaman lidah buaya tak berhimpitan dandaun tak patah. 

Pemeliharaan tanaman lidah buaya dikerjakan lewat cara memasukan pupuk kandang yang telah masak sejumlah 2-5 kg pada saat 1-2 minggu sebelum saat ditanam. Setelah pasca tanam bisa diberikan pupuk Urea serta Furadan 

Lidah buaya telah bisa dipanen pada usia 12-8 bln. sesudah tanam. Panen selanjutnya dikerjakan tiap-tiap bln.. Pasca panen, pelepah lidah buaya di bawa ke area penyortiran. Sesudah di sortir lalu dibungkus serta setelah itu dibawa ke area pemerosesan selanjutnya. 

Powered by Blogger.