Mesin Untuk Pemanen Tebu - BUDIDAYAKU

Header Ads

Mesin Untuk Pemanen Tebu



Saat ini teknologi sudah semakin berkembang, sudah banyak petani tebu yang melakukan pemanenan tebu dengan menggunakan mobil khusus pemanen tebu atau mesin pemotong tebu.

Pemanenan tebu bisa dikerjakan dengan cara-cara. menurut atas situasi tebu yang ditebang, cara pemanenan tebu bisa dibedakan jadi dua, yakni : 
Pemanenan tebu hijau ( green cane )
Pemanenan tebu bakar ( burnt cane ). 

Step proses pemanenan tebu lewat cara loose cane : 
  1. Daun tebu kering ( klaras ) dibersihkan serta ditempatkan dalam satu barisan 
  2. Pangkal batang tebu di permukaan tanah dipotong 
  3. Pucuk batang tebu dipotong 
  4. Potongan batang tebu ditumpuk pada satu barisan ; biasanya 4 atau 6 jejeran tebu yang sudah ditebang disusun jadi jejeran melintang. 

Tahap-tahap pemanenan tebu lewat cara bundle cane yaitu sama lewat cara loose cane, perbedaannya terdapat pada potongan batang-batang tebu yang diikat dengan jumlah spesifik lantas disusun pada satu barisan. 

Kapasitas lapang pemanenan tebu dengan manual biasanya sebesar 0. 0025 ha/jam/orang. Jika dalam hari bekerja sepanjang 8 jam maka dapat didapatkan luasan tebu panen sebesar 0. 02 ha, atau . 6 ton tebu panen/hari/orang ( tch 80 ton/ha ). Pabrik gula yang memiliki areal tebu panen seluas 15 000 ha, maka dapat dibutuhkan 750 000 hari-orang pemanen tebu. jika waktu panen sepanjang 180 hari maka tiap-tiap hari kerja dibutuhkan 4.167 orang pemanen tebu. Situasi ini sudah menyebabkan pemakaian mesin panen tebu yang memiliki kapasitas tebang semakin besar.

Powered by Blogger.