Teknik Budidaya Tanaman Anggur - BUDIDAYAKU

Header Ads

Teknik Budidaya Tanaman Anggur


tanaman anggur

Tiap-tiap bibit siapkan ajir agar tanaman anggur bisa merambat ke atas, serta siapkan juga penopang atau hamparannya diatas dengan ketinggian 2 m.

1. Penyulaman serta Penjarangan

Penyulaman dikerjakan jika ada tanaman yang mati atau sakit, maka mesti selekasnya ditukar. Kontrol ini dalukan tiap-tiap hari pada waktu penyiraman dikerjakan supaya tanaman anggur dapt tumbuh prima.

Penjarangan dikerjakan sesudah tanaman anggur mulai berbuah, hal semacam ini benar-benar utama dikerjakan untuk memperoleh hasil yang berkwalitas. Buah yang dibuang yakni buah yang mempunyai ciri seperti berikut, bertangkai panjang, memiliki bentuk tak prima, ada di samping dalam, serta buah terbentuk tidak ada persarian.

Penjarangan dikerjakan 2 x, step pertama dikerjakan pada tanaman berusia sebulan sesudah ada pentil serta step ke-2 dikerjakan dua minggu sesudah penjarangan step pertama.

Supaya mutu buah terus terjaga butuh dikerjakan pembrongsongan (pembungkusan) buah. Pemberongsongan dikerjakan jika dalam satu dompel (setangkai) ada dua atau tiga buah yang telah masak. Pembungkusan dapat memaskai kertas semen atau karton.

2. Penyiangan

Penyiangan dikerjakan untuk melindungi kebersihan lingkungan tanaman dari tanaman pengganggu atau gulma. Serta pupuk yang didapatkan tak di ambil tanaman pengganggu.

3. Perempalan

Perempalan adalah langkah untuk buang tunas yg tidak butuh serta membiarkan satu tunas yang baik untuk batang pokok, perempalan dibagi dua ada perempalan wujud serta perempalan untuk pembuahan.

4. Pemupukan

Ada dua saat pemupukan, yakni seperti berikut :

Pemupukan tanaman muda (0-1 th.), usia 0-3 bln., 10 gram urea dikerjakan 10 hari sekali, usia 3-6 bln., 15 gram urea dikerjakan 15 hari sekali, usia 6-12 bln., 50 gram urea. Langkah pemberian pupuk dengan larikan melingkar seputar tanaman dengan diameter 10-20 cm.
Pemupukan tanaman dewasa (1 th. – selanjutnya), usia 21 hari sebelum saat perempalan 5 kaleng pupuk kandang, usia 11 hari sebelum saat perempalan 80 gram TSP atau 100 gram ZK, usia 7 hari sebelum saat perempalan 100 gram urea.
tanaman anggur
5. Pengairan serta Penyiraman

Hal yang butuh di perhatikan dalam penyiraman adalah, tanaman tak sukai genangan air, tanam anggur memerlukan pengairan dimulai dari penanaman hingga pemangkasan, mendekati pemangkasan pemberian air dihentikan, sesudah pemangkasan, 2-3 hari sebelumnyadiberi air kembali sammpai ujung ranting, pemberian air diberikan hingga buahnya nyaris masak. Sesudah buah mulai tua, pemberian air dihentikan supaya buah tak pecah serta busuk.

6. Penyemprotan Pestisida

Penyemprotan insektisida dikerjakan unyuk menghindar hama yang mengganggu tanaman anggur. Penyemprotan insektisida mesti dihentikan 15 hari sebelum saat saat panen.

7. Penyusunan Bunga

Sesudah dua minggu pemangkasan pembuahan, cabang tersieryang baru tumbuh bakal keluarkan sulu-sulur pembentukan bunga yang keluar darimata ke 3, 4, serta 5. Bila ada cabang tersier yg tidak keluarkan sulur, bisa diselenggarakan pemotongan kembali dengan meninggalkan mata tunas.

Hal semacam ini dikerjakan untuk merangsang perkembangan sulur. Cabang tersier yang baru nampak disisakan satu sulur saja supaya membuahkan rangkaian bunga yang besar serta buahnya berkualitas tinggi.

Powered by Blogger.