Budidaya Tanaman Kaktus - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Tanaman Kaktus


tanaman kaktus

Asal tanaman kaktus yaitu Amerika terlebih di lokasi Mexico, Texas, Arizona (AS), Argentina, Bolivia, Peru serta Brazil.

Syarat Tumbuh

Prasyarat tumbuh tanaman kaktus diantaranya : ada pada ketinggian 1200 mdpl, suhu hawa berkisar pada 160-340C. Untuk perkecambahan biji (benih), memerlukan suhu pada 260-350C. Spesial untuk kaktus hibrida hasil penempelan, bisa tumbuh di daerah pegunungan bersuhu 160-240C. Bisa juga hidup di dataran rendah bersuhu panas, namun mengakibatkan warna batang condong kusam. Kelembapan hawa (rH) berkisar pada 30%-90%. Curah hujan rendah, 60 mm/bln.. Intensitas penyinaran 50-80%.

Perbanyakan Tanaman

Tanaman kaktus bisa diperbanyak dengan memakai dua langkah, diantaranya :

Perbanyakan Generatif. Kaktus bisa diperbanyak dengan memakai biji yang sudah diseleksi terlebih dulu.
Perbanyakan Vegetatif. Perbanyakan vegetatif kaktus bisa dikerjakan dengan cara-cara, yakni : 
a) Stek batang atau cabang, perbanyakan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan batang bawah ; 
b) Anakan, type kaktus yang bisa diperbanyak dengan langkah tersebut yaitu kaktus yang memiliki ukuran bulat serta pendek ; 
c) Penyambungan (Grafting, Enting), prinsip penyambungan yaitu memadukan dua type kaktus untuk beroleh tanaman baru yang berkwalitas baik serta mempunyai harga jual yang tinggi.
Adapun cara penyambungan yang dikerjakan diantaranya : Cara sambung rata (Flat Grafting), Cara sambungan celah atau iris (Split Garafting), serta Cara sambungan serong (Side Grafting).

Tempat Tanam
Tempat yang dipakai untuk tanaman yaitu pot. Pot yang dipakai diantaranya terbuat dari : tanah liat, plastik, semen, keramik, dan sebagainya.

tanaman kaktus
Media Tanam

Media tanam yang bisa dipakai untuk tanaman kaktus bisa digabungkan dengan beberapa bahan yang ada. Media tanam alternatif yang bisa dipakai, diantaranya : a) Pupuk kandang, b) Sekam padi serta c) Pasir.

Penanaman
Penanaman kaktus ditujukan untuk memindah tanamkan bibit kaktus dari persemaian atau dari pot kecil ke pot besar untuk maksud pemeliharaan dengan cara permanen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman mencakup :

1. Penempatan pot tanaman
2. Penyiraman
3. Pemupukan
4. Sanitasi serta Repotting

Hama
Hama yang kerap yang kerap menyerang tanaman kaktus yaitu :
1. Kutu sisik (Pseudococcus s.)
2. Kutu batok (Aspidiotus sp.)
3. Kutu wol (Dactylopius tomentosus).

Hama itu bisa dikendalikan dengan memakai insektisida dengan dosis yang sesuai dengan ketetapan Good Agribisnis Practises (GAP).


Powered by Blogger.