Perawatan dan Pelatihan Ayam Bangkok - BUDIDAYAKU

Header Ads

Perawatan dan Pelatihan Ayam Bangkok

ayam bangkok


Perawatan dan Pelatihan  Ayam Bangkok | Ragam Budidaya -Bagi beberapa penggemar ayam bangkok tetap ada yang belum tahu bagaimana caranya menjaga ayam bangkok serta melatih ayam bangkok yang pas. Artikel pada kesempatan ini kita bakal mengulas bagaimana agar perawatan pada ayam bangkok bisa cetak ayam aduan yang tangguh. 

Perawatan ayam bangkok pastinya difokuskan pada fisik ayam lantaran ayam ini jenis ayam petarung. Lantaran kemampuan fisik yang dihandalkan maka dari sisi pakan serta rutinitas (latihan) mesti di perhatikan benar, supaya si ayam tumbuh dengan prima. 

Ayam Bangkok jenis pemukul 

Umumnya tiap-tiap kompetisi sabung ayam, ayam yang menang kurang dari dua ronde tergolong pada ayam petarung yang baik, walau demikian bila ayam dirancang untuk mampu bertahan sampai 5 ronde maka menu yang perlu disediakan yaitu pakan yang kaya protein tinggi serta juga pakan yang kaya energy. Untuk pakanan ayam bangkok semacam ini cukup hanya formula ransum 5 kg jagung halus + 2 kg dedak atau mungkin bekatul + 3 kg konsentrat ayam petelur. Dengan pakanan ini anda dapat melihat jagoan anda dapat bertahan dalam cukup yang lama. 

Ayam Jalu 

Jenis ayam ini seringkali memukul tanpa ada mematuk, memukul sesering barangkali kurun waktu yang sangatlah singkat serta factor kecepatan sangatlah memastikan untuk ayam jenis ini, menu ransum paling pas yaitu yang memiliki kandungan protein tinggi serta sedikit lemak, untuk anda yang mempunyai ayam jenis ini buat formula ransum dengan 2 kg konsentrat ayam petelur + 8 kg bekatul atau mungkin dedak, jagung, beras merah, atau mungkin gabah. 

Beberapa zat serta pakan yang diperlukan ayam Bangkok 
1. Protein berperan untuk zat pembangun badan 
2. Lemak, zat ini dapat diperlukan ayam yang tengah tumbuh 
3. Karbohidrat 
4. Vitamin serta mineral 
5. Air 
6. Sayur-sayuran hijau 
7. Grit 

Langkah menajamkan taji ayam 

Langkah pertama, ikatlah jalu ayam dengan kain basah sepanjang 3 hari, apabila kainnya jadi kering mesti dibasahinya lagi, sesudah 3 hari lepaskanlah ikatan tadi, maka kulit atau mungkin cangkang jalu bakal mengelupas rata serta meruncing semacam duri. 

Mengamati posisi ayam waktu tidur 

Bila posisi kepala kebelakang serta diselipkan di sayap maka keadaan ayam semacam ini bermakna lagi kurang sehat serta kurang fit. Ayam yang sehat lebih condong letakkan posisi kepala terus menghadap kedepan s/d menyentuh dilantai.

ayam bangkok

Pola makan ayam yang tetap muda 

Untuk makanan ayam diatas 2 bln makanannya diselingi dengan serangga, belalang kecoak, lipan, jangkrik, dsb nya, disamping serangga anak ayam juga mesti diberikan ikan-ikan kecil semacam ikan –ikan yang ada diselokan atau mungkin disungai dangkal, dang terlebihn juga berikanlah ayam isi perut ikan laut yang telah dicincang terlebih dulu, serta sesekali berilah jagung. 

Berilah bekas susu atau mungkin bubur dari bekas makanan, yang mangandung nilai gizi yang sangatlah tinggi untuk perkembangan ayam, berilah juga air nasi yang di ambil saat air mendidih. Lalu dinginkan terlebih dulu digabung dengan nasi atau mungkin kerak nasi ditambah dengan dedak halus dedak halus yang di ambil pada saat penggilingan padi jadi beras, serta diaduk berikanlah pada ayam. 

Sesudah berusia 5 bln, berilah multivitamin serta vitamin B komplek dan berikanlah minyak ikan hiu + tablet calcium untuk menolong perkembangan pada anak ayam, upayakan pakan anak ayam bangkok senantiasa beragam serta yang terutama tiap-tiap pakan anak ayam mesti mempunyai nilai gizi serta protein yang tinggi. 

Pembelahan ayam dengan saudaranya yang lain 

pada usia 5 bln, pisahkan ayam dari saudaranya yang lain serta letakkan pada kandang dengan ukuran 1m x 1m x serta tinggi 1 m dengan tujuaan untuk hindari patahnya bulu sayap bulu ekor anak ayam. 

Pakan Ayam Bangkok Aduan 

1. Beras merah 
2. Gabah 
3. Jagung 

Langkah melatih ayam siap bertarung 

Ayam yang telah siap bertarung umumnya berusia 7 bln, hal semacam ini ditandai dengan semua bulu sayap serta bulu ekor tumbuh prima serta tak ada lagi bulu-bulu yang muda. Ayam dengan usia serta keadaan semacam ini telah dapat dikerjakan penjemuran dalam kurungan sepanjang 2 jam sehari-harinya. 

Sebelum saat dikerjakan penjemuran baiknya ayam dimandikan terlebih dulu untuk turunkan temperature tubuh ayam kemudian baru ayam di beri makan dalam kurungan sembari dijemur. 
Saat penjemuran yang baik yaitu jam 9 pagi hingga jam 11 siang. 

Sesudah 10 hari saat penjemuran ditambah 2 jam lagi yitu jam 9 pagi hingga jam 11 siang. Sesudah 10 hari saat penjemuran ditambah 2 jam lagi yakni jam 9 pagi hingga jam 13 siang. Maksud penjemuran ini untuk perpanjang nafas ayam serta untuk membakar lemak yang menumpuk di bawah kulit serta sepanjang penjemuran ayam tak di beri air. 

Sesudah penjemuran usai ayam diteduhkan di bawah pohon atau mungkin tempat yg tidak terkea sinar matahari sepanjang 15 menit, lalu ayam di beri air minum. 

Untuk untuk jadi seekor ayam petarung yang tangguh terdapat banyak hal yang perlu diberikan pada ayam supaya otot-ototnya kuat serta tahan pada pukulan. Terdapat banyak latihan yang bisa dikerjakan untuk menyiapkan ayam jadi petarung yang tangguh : 

1. Berenang 
2. Melatih bertarung dengan ayam untulan 
3. Sediakan kurungan ganda 
4. Ayam dilatih gunakan ayunan 
5. Latih tarung diatas pasir 
6. Latihan beban pada kaki ayam 
7. Latihan dengan palang kayu 
8. Latih tanding 

Semoga bermanfaat.
Powered by Blogger.