Menanam Daun Sirih di Pekarangan Rumah - BUDIDAYAKU

Header Ads

Menanam Daun Sirih di Pekarangan Rumah



Menanam Daun Sirih di Pekarangan Rumah | Ragam Budidaya -Menanam daun Sirih (Piper Betle) paling bagus waktu iklim masuk awal hujan. Daun Sirih (Piper Betle) yaitu tumbuhan yang merambat dengan media lain. Ketinggiannya daun 5 s/d 15cm. Batangnya berjenis kayu lunak, beruas serta memiliki bentuk bulat. Dengan daun berwarna hijau serta Merah (Terhgantung macamnya). Type Sirih (Piper Betle) dapat dibedakan dengan bentuk daunnya dan rasa serta aroma. Ada yang dari Sirih (Piper Betle) jawa, cengke, serta hitam. Sirih (Piper Betle) sangatlah bagus pertumbuhannya bila cuacanya basah seperti yang ada pada dataran tinggi. Tetapi mesti terus memperoleh sinar matahari penuh.

Untuk menanam daun Sirih (Piper Betle), pertama kali yang perlu dikerjakan yaitu mempersiapkan tempat yang bakal dipakai. Tanah mesti dibikin bersih dari gulma serta batu-batuan. Cangkul media sampai 20 cm. Lalu buat bedengan. Kemudian buat lubang untuk menanam sirih dengan ukuran P 80 x L 40 x 60 cm. Jaraknya cukup dua mtr. saja. Sebelum saat penanaman sirih, sebaiknya diberikan pupuk kandang seputar 1/2 kg lalu diaduk sampai rata. Supaya batang sirih bisa tumbuh dengan baik maka baiknya menggunakan penyangga dari bambu atau mungkin penyangga lain. Sesudah tempat disediakan maka tahap selanjutnya mempersiapkan bibit yang bakal dipakai. Penyediaan bibit ini dapat menggunakan stek sulur. Sulur yang digunakan baiknya yang bisa keluarkan akar. Potong dengan ukuran 30 cm serta tanam di polybag yang sudah di isi kombinasi tanah dan pupuk kandang.


Untuk penanaman sirih, tentukan bibit yang paling bagus. pindahkan pada lubang yang sudah disediakan. Siram tanaman daun sirih ini memakai air bersih. Pemakaian pupuk kandang sangatlah disarankan saat menanam daun Sirih (Piper Betle), lantaran bakal membuahkan daun Sirih yang baik. Kerjakan penyiangan untuk bersihkan gulma tiap-tiap dua bln. sekali. Pada daun Sirih (Piper Betle) tidak sering diketemukan penyakit yang diakibatkan oleh hama. Panen bisa dikerjakan sesudah daun sirih meraih umur satu tahun serta lewat cara menuai daunnya yang telah tua serta dari samping. Faedah yang didapatkan dari daun Sirih (Piper Betle) yakni bisa meredakan batuk, sigunakan sebagai anti radang serta bermanfaat merangsang saraf pusat. Diluar itu, perasan pada daun Sirih (Piper Betle) dapat menghalangi tumbuhnya bakteri serta disarankan untuk memakai daun Sirih (Piper Betle) juga sebagai obat infeksi.
Powered by Blogger.