Penyakit pada Budidaya Timun - BUDIDAYAKU

Header Ads

Penyakit pada Budidaya Timun


budidaya timun
Sebagian penyakit yang menguasai pada tanaman mentimun yakni :

1. Downy Mildew atau Embun Bulu


Penyakit ini dikarenakan oleh Pseudoperonospora cubensis.

Serangan penyakit ini menyebabkan tanda-tanda awal berbentuk bercak kuning yang berupa kotak ikuti alur tulang daun. Serangannya diawali dari daun yang telah tua. Makin lama, bercak kuning makin lebar serta daun jadi kering,

Pencegahannya lewat cara : (a) jauhi menanam berdekatan dengan tanaman mentimun yang umurnya lebih tua, (b) perbaiki saluran drainase, terlebih pada musim hujan, serta (c) kerjakan sanitasi tempat dengan cara teratur.

Pemberantasannya lewat cara (a) bila terlihat tanda-tanda awal, selekasnya semprot dengan fungisida yang pas. Tujukan mata spray ke permukaan daun sisi atas serta bawah, (b) sebagian misal fungisida yang dapat dipakai yaitu Anvil 50 5C, Nimrod 250 EC serta Skor 250 EC. Pakai dosis yang sesuai sama dengan saran.


2. Powdery Mildew atau Embun Tepung


Penyakit ini dikarenakan oleh Erisiphe sp. Gejalanya nyaris sama juga dengan tanda-tanda downy mildew namun ada serbuk putih seperti tepung yang nampak dibalik daun.

Pencegahannya lewat cara (a) jauhi menaman berdekatan dengan tanaman mentimun yang umurnya lebih tua, (b) perbaiki saluran drainase, terlebih pada musim hujan serta, (c) kerjakan sanitasi tempat dengan cara teratur.

Pemberantasannya lewat (a) saat tanda-tanda awal nampak, selekasnya semprot dengan fungisida yang pas. Tujukan mata spray lebih menguasai ke permukaan daun sisi bawah. (b) fungisida yang dapat dipakai salah satunya Afugan 300 EC, Skor 250 EC, serta Morestan 25 WP. Pakai dosis sesuai sama dengan saran yang tercantum di label paket.

3. Antraknose.


Pemicunya yaitu cendawan Colletotrichum Lagenarium Pass. Tanda-tanda mua bercak-bercak coklat pada daun. Wujud agak bulat atau bersudut-sudut hingga daun mati, tanda-tanda bercak bisa meluas ke batang, tangkai serta buah. Apabila hawa lembab, ditengah bercak bisa meluas ke batang, tangkai serta buah.

Ingindaliannya pemberian Alami GLIO sebelum saat tanam.

4. Bercak Daun Bersudut.

Pemicunya cendawan Pseudomonas Lachrynmans, Menyebar pada musim hujan. Gejalanya, berbentuk daun berbercak kecil kuning serta bersudut ; pada serangan berat semua daun yang berbercak beralih jadi coklat muda kelabu, jadi kering serta berlubang.

Ingindalian dengan pemberian Alami GLIO sebelum saat tanam. Penyakit lain yang menyerang tanaman mentimun, yakni virus, kudis (scab) serta busuk buah (Lasarus, Pusluhtan).


Powered by Blogger.