Mengenal Tanaman Jarak untuk Bahan Bakar - BUDIDAYAKU

Header Ads

Mengenal Tanaman Jarak untuk Bahan Bakar


Indonesia dengan iklim tropis, tempat yang luas, dan keanekaragaman hayati lokasi daratan adalah kelebihan komperatif untuk pengembangan bahan bakar yang datang dari tumbuhan. satu diantara dari grup ttanaman non-pangan yang direferensikan yaitu tanaman jarak pagar (Jarropha curcas). Telah jadi kemauan pemerintah untuk meningkatkan minyak jarak pagar jadi biodiesel, biokerosin, serta biominyak bakat untuk kurangi ketergantungan pada BBM fosil yang banyaak mengambil alih dana APBN untuk subsidi BBM. Sekalian, langkah ini diinginkan bakal menambah mutu lingkungan serta mutu hidup orang-orang.

Klasifikasi Tanaman Jarak

Jarak pagar tetap satu keluarga dengan tanaman karet serta ubi kayu. Klasifikasi jarak pagar seperti berikut :

Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Jatropha
Spesies : Jatropha curcas


Morfologi Tanaman Jarak


Jarak pagar berupa pohon kecil atau belukat besar dengan tinggi tanaman meraih 5 mtr. serta bercabang tak teratur. Batang berkayu, berupa silindris, serta bergetah. Daun jarak pagar berbentuk daun tunggal, berwarna hijau gampang hingga hijau tua, permukaa bawah lebih pucat dari pada sisi atasnya. Bunga berwarna kuning kehijauan, berbentuk bunga majemuk berupa malai. buah berupa bunga kendaga, oval, berbentuk buah kotak, berdiameter 2-4 cm. berwarna hijau saat tetap muda serta kuning bila telah masak. Biji berupa bulat lonjong, berwarna coklat kehitaman dengan ukuran panjang 2 cm, tidak tipis 1 cm, serta berat 0, 4-0, 6 gram/biji.

Tanaman jarak dapat diperbanyak dengan biji atau setek batang. Karakteristik tanaman jarak yang datang dari biji serta setek batang tidak sama. Tak hanya ke-2 cara itu, tanaman jarak dapat juga diperbanyak lewat kultur jaringan (in-vitro). Lewat cara ini kita bisa beroleh bibit jarak dengan jumlah yang banyak pada saat yang berbarengan.

Jarak pagar bakal tumbuh serta berproduksi maksimal bila ditanam di tempat kering dataran rendah yang beriklim kering, dengan ketinggian 0-500 mtr. dpl, curah hujan 300-1000 mm per th., serta temperature kian lebih 200°c. jarak pagar bisa tumbuh di tempat marginal yang miskin hara, namun berdreinase serta aerasi baik. Produksi maksimal bakal didapat dari tanaman yang ditanam di tempat subur. Type tanah yang baik untuk tanamn jarak pagar yaitu yang memiliki kandungan pasir 60-90 Persen serta pH tanah 5, 5-6, 5. Produksi maksimal dapat juga terwujud bila tanaman dipupuk dengan dosis yang sesuai sama serta ada air pada musim kemarau.

Pemeliharaan yang baik serta teratur bakal memaksimalkan produktivitas tanaman jarak. Karenanya, tiap-tiap aktivitas pemeliharaan mesti dikerjakan pas saat. Aktivitas pemeliharaan yang perlu dikerjakan yaitu ingindalian gulma, pemeliharaan dreinase serta aerasi, pemangkasan cabang, pemupukan, pengairan, serta ingindalian hama penyakit

Powered by Blogger.