Cara Pemasangan Mulsa pada Budidaya Cabai - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Pemasangan Mulsa pada Budidaya Cabai

Cara Pemasangan Mulsa pada Budidaya Cabai | Ragam Budidaya -Pemakaian mulsa plastik warna hitam untuk susunan bawah serta warna perak untuk susunan atas benar-benar dibutuhkan untuk penanaman cabai pada musim hujan. Satu diantara keuntungan memakai mulsa susunan atas perak yaitu cahaya ultraviolet ke permukaan bawah daun yang banyak ditempati oleh hama aphid, thrips, tungau, ulat, serta cendawan. Pemasangan mulsa plastik hitam perak di bedengan area menanam cabai dikerjakan sesudah bedengan usai dipupuk. Keperluan mulsa plastik untuk penanaman cabai seluas 1 ha dengan populasi lebih kurang 16.000-17.000 tanaman dengan memakai jarak tanam 75 cm x 50 cm yaitu lebih kurang 12 rol. Lebar mulsa yang dipakai 120 cm. 

Pemasangan mulsa plastik ini baiknya dikerjakan pada siang hari pada saat matahari tengah terik-teriknya hingga mulsa plastik bisa ditarik serta di kembangkan dengan cara optimal. Alat-alat yang dibutuhkan untuk pemasangan mulsa plastik yaitu pasak bambu berupa huruf U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa, mulsa plastik hitam-perak. 

Tahap-Tahap pengerjaannya : 

1. Siapkan mulsa plastik selama bedengan dikurangi 1-0, 5 m lantaran bakal memuai terkena panas serta tarikan. 

2. Ujung ujung mulsa plastik ditarik dengan cara berbarengan lalu ke-2 ujung dipasak dengan memakai pasak dari bambu. 

3. Lalu, satu diantara bekasnya dipasang pasak bambu dengan jarak tiap-tiap 50 cm. Sesudah satu sisinya usai, segi yang lain menyusul. Pemasangan pasak ini dikerjakan sembari menarik dengan cara perlahan mulsa plastik hingga tutup bedengan dengan rapat. 

Sesudah pemasangan usai, kita bisa memastikan calon lubang tanm serta menetukan jarak tanamnya. Jarak tanam 75 cm x 50 cm. Calon lubang tanah ditandai dengan spidol berupa lingkaran atau segitiga. Kemudian dapat dikerjakan pelubangan dengan memakai sisa kaleng susu. Kaleng susu yang dipakai yaitu kaleng susu kecil yang berdiameter lebih kurang 10 cm. Satu diantara ujung kaleng ini kita gunting berupa gerigi. Langkah memakainya dengan menancapkan kaleng itu ke mulsa sembari memutarnya. Bila kaleng kita angkat, tanahpun turut terangkat hingga membuat lubang tanam di mulsa plastik, juga membuat lubang tanam di bedengan lantaran tanahnya turut terangkat.


Powered by Blogger.