Budidaya Tanaman Mangga dalam Pot - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Tanaman Mangga dalam Pot


Ragam Budidaya -Tanaman buah dalam pot (tabulampot) mangga terhitung eksklusif, lantaran relatif susah dibuahkan. “Tak semua hobyis dapat melakukannya”. Oleh karenanya ia jadi tabulampot kebanggaan.

Varietas

Nyaris semua varietas bisa dibuahkan dalam pot. Tetapi, tiap-tiap varietas memiliki perbedaan dalam kecepatan saat berbuah, produksi buah, wujud judul serta tingkat kesusahan. Sebaliknya diambil varietas yang gampang berbuah, gampang dirawat, bertopik kompak serta produktif. Misal manalagi kecil, apel, nangklangwan, okyong serta namdokmai. Ini bisa dibuahkan dari usia 2, 5 th., tak hanya itu jumlah buah juga relatif banyak hingga tampilan menarik. Sedang arumanis, gedong, golek serta gedong gincu, baru dapat dibuahkan sesudah berusia 3-4 th. dari okulasi. Buahnya tidak sejumlah apel, manalagi kecil atau dokmai, namun berpenampilan eksotik.

Bahan Tanaman

Untuk mempercepat berbuah, tentukan bibit hasil perbanyakan vegetatif (tidak dari biji), memiliki ukuran besar serta sudah berusia 1, 5-2 th.. Diameter batang utama 4-5 cm, wujud judul seimbang dengan cabang serta ranting yang kokoh dan cukup tua. Dengan keadaan itu batang cukup kuat menyangga cabang serta ranting di atasnya jika berbuah.

Media Tanam

Mangga senang pada media berstruktur remah, berbutir-butir, gembur serta kaya unsur hara. Media juga mesti porous, cukup mudah supaya gampang dipindahkan dan bebas dari hama serta penyakit. Komposisi bahan yang dipakai yaitu adalah kombinasi dari tanah, pupuk kandang/kompos serta arang sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

Pot yang Digunakan

Banyak type pot atau wadah tanaman yang bisa digunakan. Baiknya tentukan yang mudah, tak gampang pecah, berupa normal serta cocok dengan tanaman. Dipasaran wadah yang penuhi syarat cukup banyak, yakni dimulai dari pot plastik tahan pecah, pot semen, drum sampai pot kayu. Basic pot mesti dilubangi, ukuran lubang 1-2 cm beberapa 4-6 buah. Diluar itu supaya pembuangan air lancar, pot mesti mempunyai kaki atau bisa pula diganjal dengan batu bata atau batako.

Penanaman Bibit

Semula isi basic pot dengan serutan gergaji atau pecahan batu bata/genting sampai setebal 5-10 cm. itu untuk menanggung kelancaran drainase serta aliran hawa. Kemudian input kombinasi media kedalam pot dengan cara rata, sampai meraih separuh pot. Input tanaman sesudah polibagnya di buka, dengan posisi tanaman pas dibagian tengah. Ruang-ruang kosong di sekitar bola akar di isi lagi dengan media kombinasi hingga mendekati permukaan atas pot, upayakan bidang sisa okulasi atau sambungan tetap menonjol 10-15 cm diatas permukaan media, setelah itu siram media tanaman dengan air.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman benar-benar utama dikerjakan untuk menanggung perkembangan serta pembuahan mangga yakni penyiraman, pemangkasan, pemupukan, perangsangan pembuahan serta ingindalian hama/penyakit.


Powered by Blogger.