Membuat Pellet Ikan Sendiri - BUDIDAYAKU

Header Ads

Membuat Pellet Ikan Sendiri


Membuat Pellet Ikan Sendiri | Ragam Budidaya -Pertanyaan classic yang kerap sekali di tanyakan oleh peternak ikan, baik ikan air tawar ataupun ikan air asin. Mengingat harga pakan yang semakin hari semakin melambung, jadi bikin pakan sendiri adalah jalan keluar paling baik untuk peternak. 

Pakan ikan yang di produksi berbahan baku lokal, umumnya bakal membuahkan kwalitas product yang semakin bagus dibanding pakan dengan bahan baku impor. Bahan baku lokal yang bisa dipakai untuk pembuatan pakan ikan diantaranya jagung, tepung ikan, dedak padi atau gandung, bungkil kedelai, minyak ikan, minyak sawit, mineral dan asam amino. Yang terutama bahan itu memiliki kandungan protein, memiliki nutrisi tinggi, gampang di proses serta dihaluskan, tak memiliki kandungan toksin, dan gampang didapat di daerah itu. 

Makanan lele juga dapat kita cari sendiri atau budidayakan sendiri dengan cara alami (baca juga : Keunggulan Pakan Lele Alami ), yang juga lumayan bisa mengirit ongkos pakan lele.

Supaya pakan yang di produksi, memenuhi nutrisi yang diperlukan tiap-tiap ikan. Jadi beberapa produsen meramu pakan untuk masing – masing ikan, dengan komposisi yang tidak sama sesuai dengan type ikan. 

Juga sebagai deskripsi tersebut kami berikanlah info 5 garis besar pembuatan pelet ikan, Berikut cara mudahnya :
  • Masing – masing bahan (bahan baku paling utama bisa memakai ikan) dihaluskan dengan pertolongan mesin hammer mill 
  • Kemudian, bahan yang sudah dihaluskan lalu diayak 
  • Bahan yang telah jadi tepung lalu ditakar sesuai sama komposisi masing – masing, serta digabung dalam mesin mixer 
  • Agar aroma pakan mucul, bahan baku dikukus dalam peranti steam.
  • Setelah itu diciptakan jadi butiran pelet, memakai mesin untuk bikin pelet.
  • Serta paling akhir sistem pendinginan, yakni lewat cara mengeringkan pelet memakai alat blower.
Mungkin cara dari cara membuat pellet sendiri ini sangat mudah bahan bakunya tetapi kesulitan adalah pengadaan mesin dan perkakasnya yang harus membeli.

Powered by Blogger.