Manfaat Pupuk Kandang untuk Budidaya Lele Sangkuriang - BUDIDAYAKU

Header Ads

Manfaat Pupuk Kandang untuk Budidaya Lele Sangkuriang

Manfaat Pupuk Kandang untuk Budidaya Lele Sangkuriang
pupuk kandang

Manfaat Pupuk Kandang untuk Budidaya Lele Sangkuriang | Ragam Budidaya -Pupuk kandang adalah olahan kotoran hewan, umumnya ternak, yang didapatkan pada tempat pertanian untuk melakukan perbaikan kesuburan serta susunan tanah. pupuk kandang yaitu pupuk organik, seperti kompos serta pupuk hijau.

Zat hara yang dikandung pupuk kandang bergantung dari sumber kotoran bahan bakunya. pupuk kandang ternak besar kaya nitrogen, serta mineral logam, seperti magnesium, kalium, serta kalsium. pupuk kandang ayam mempunyai kandungan fosfor lebih tinggi. Akan tetapi, faedah paling utama pupuk kandang yaitu menjaga susunan fisik tanah hingga akar bisa tumbuh dengan cara baik.
Pupuk kandang yang datang dari Kotoran Hewan untuk menumbuhkan plankton pada budidaya ikan lele (baik lele sangkuriang maupun lele type yang lain) lebih aman dipakai lantaran :
  • Berasal berbahan organik (bukanlah kimia)
  • Akan tidak tingkatkan COD (yang mengakibatkan kandungan oksigen terlarut menyusut)
  • Tak meracuni ikan disebabkan akumulasi NH3 serta NO2
  • Tak terikat dengan lumpur didasar kolam yang bisa tingkatkan keasaman tanah

Pemakaian pupuk kandang memanglah kadang-kadang bakal mengakibatkan tumbuhnya bakteri patogen di kolam, karenanya 1-2 hari saat sebelum bibit masuk butuh dikerjakan sterilisasi pada air kolam untuk membunuh virus bakteri serta jamur pada kolam.

Serta menumbuhkan bakteri positif pada kolam dengan probiotik yang disiramkan ke kolam. Untuk sterilisasi air kolam bisa memakai EM4, sedang untuk isi bakteri positif pada air kolam bisa memakai bahan bahan herbal untuk meminimalisir amoniak serta bahan beracun yang lain.

Catatan : pupuk kandang serta Kotoran hewan dengan cara manfaat itu tidak sama, pupuk kandang yaitu kotoran hewan yang telah lewat sistem fermentasi terlebih dulu (bakteri patogen telah mati).
Powered by Blogger.