Cara Membuat Kolam Ikan Bundar Ekonomis - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Membuat Kolam Ikan Bundar Ekonomis


Cara Membuat Kolam Ikan Bundar Ekonomis | Ragam Budidaya -Tulisan ini menuntun anda untuk langlah-langkah bikin kolam bulat memakai rangka Wire-mesh. Kenapa Wire-mesh? lantaran pembuatan kolam bulat memakai Wire-mesh bisa mempercepat pelaksanaan serta memotong cost produksi.

Dengan memakai Wire-mesh dapat juga perpanjang usia kolam. Lantaran dengan perlakuan yang baik, rangka kolam memakai Wire-mesh bisa bertahan lama. Sudahlah cukup basa-basinya, mari kita mulai :

Alat serta bahan yang perlu disediakan dalam pembuatan kolam Bulat/Bundar :
  • Kolam Bulat (Bahan Terpal atau Terpoly)
  • Besi Wire-mesh, minimum ukuran 7 mm, untuk kolam bulat dengan diameter 3 mtr. kebawah, cukup 1 buah Wire-mesh dengan panjang 5, 4 mtr. serta lebar 2, 1 meter
  • Bengkokan pipa (Knee) paralon 2 buah
  • Paralon (panjang serta besar cocokkan)
  • Kabel Ties/Tierap/Ripet
  • Terpal Atap (Talang) (panjang serta besar cocokkan)
  • Las Listrik (Dapat pula sewa tukang las biayanya cukup murah)

Beberapa langkah pembuatan Rangka Kolam Bulat/Bundar dengan Wire-mesh

Potong 2 sisi Wire-mesh hingga jadi 2 buah dengan ukuran panjang 5, 4 serta lebar 1. 05 mtr.. las Wire-mesh hingga membuat wiremesh hingga jadi satu buah Wire-mesh tetapi lebih panjang.

wire mesh

potong wire mesh menjadi 2 bagian
Potong Wire-mesh sesuai sama ukuran keliling kolam bulat yang bakal di buat (kalkulasi dengan rumus keliling lingkaran 3. 14 x jari-jari x jari-jari).

Las ujung-ujung Wire-mesh. dengan cara segera Wire-mesh bakal membuat lingkaran. cocokkan serta atur hingga mementuk bulatan/lingkaran sempurna


Beberapa langkah pembuatan Kolam Bulat/Bundar dengan Wire-mesh

1. Buat tempat meletakan rangka, bila ada dapat memakai tembok supaya lebih kuat
2. Upayakan sisi bawah di buat melengkung seperti ketel/penggorengan.

3. Buat lubang pembuangan di bagian tengah mengunakan knee, upayakan di tembok supaya kokoh buat saluran pembuangan seperti gambar di bawah :

4. Letakkan rangka yang telah di buat tadi.

5. Gunakan terpal atap juga sebagai pelapis, agar terpal tak gampang bocor. Janganlah Lupa Beri bantalan di bagian atas agar terpal tak bocor tergores potongan wire-mesh. Gunakan tepal atau terpoly pada rangka

6. Akhirnya jadi :

Powered by Blogger.