Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum | Ragam Budidaya -Belut masuk dlm type kategori ikan.Tetapi belut tidak sama dgn type ikan pd umumnya. Belut dapat hidup di air yg tak terlampau banyaknya dan dapat hidup di lumpur. Koq bisa begitu? lantaran belut mempunyai dua proses pernafasan. Belut umumnya suka diketemukan di sawah serta rawa, Tetapi jika di sawah belut mmg sulit sekali untk ditemukan, Karena persawahannya kini mulai tercemar oleh bahan kimia layaknya pemakaian pupuk kimia yg berlebihan.

Dalam budidaya belut, Terbagi jadi dua bagian, Adalah budidaya belut di kolam semen serta budidaya belut di kolam drum. Tetapi pada kesempatan kali iniakan dibahas budidaya belut dalam drum.

1. Menyiapkan Kolam Budidaya Belut.

Cara budidaya belut di kolam drum ini masuk ke dlm golongan semi permanen, berarti tips ini tak seawet dgn budidaya di kolam semen dan tanah yg masuk ke dlm golongan permanen. tak hanya memanfaatkan drum, dapat pun memakai wadah yg yang lain layaknya kolam terpal, kontainer plastik dan tong.

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum
drum media budidaya belut


Adapun langkah-langkahnya dlm menggunakan drum untk dijadikan wadah budidaya yaitu sbg berikut :

Bersihkan dahulu drum sampai sangat-sangat bersih, khususnya sisi dalamnya buatlah sebuah lubang yg memanjang pd sisi atas drum selanjutnya, simpan drum pd bidang tanah yg datar hal ini supaya drum tak terguling.

Berilah pengganjal pd sisi kanan serta kiri drum jangan hingga lupa juga buatlah sebuah saluran pembuangan di bawah drum buat pun sebuah peneduh di atas drum, supaya belut tak kepanasan kena sinar matahari.

2. Media untuk Tumbuh Ternak Belut.

Salah satu kunci kesuksesan budidaya belut yaitu penggunaan tempat tumbuh belut yg tepat. Di luar faktor pakan, Jika kompisisi tempat tumbuh ini pas, sehingga dapat mem-percepat pertumbuhan belut. Untk kolam  drum, Maka dapat memanfaatkan tempat seperti jerami padi pupuk TSP, kompos, lumpur kering serta mikroorganisme starter.

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum
pupuk kompos untuk starter mikroorganisme

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum
dapat menggunakan mikroorganisme cair juga

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adanya langkah-langkah bikin tempat tumbuh belut  kolam drum:

Beri landasan jerami dgn tebalnya sekeliling 50 cm pd sisi dasar drum kemudian, siramlah jerami itu memanfaatkan mikroorganisme starter dgn komposisi 1 liter per drum kemudian berilah susunan kompos setinggi 7 cm, Jika tak adanya dapat pun memanfaatkan tanah humus dan pupuk kandang, Pada susunan yg belakangan di beri lumpur kering yg sebelum itu telah dicampur dgn pupuk TSP 5 kg. Susunan ini memiliki tinggi sekeliling 25 cm selanjutnyam langkah terakhir, masukanlah air bersih ke dlm drum setinggi 17 cm, tetapi janganlah dahulu dimasukkan belut, diamkan sepanjang 14 hari untk melewati sistem fermentasi.

3. Cara Pemilihan Bibit Belut.

Setelah kolam drum serta medianya telah disiapkan, Selanjutnya yaitu memasukan bibit belut. sangat disarankan pilihlah bibit belut yg sehat. Jika bingung dlm memillih bibit belut yg baik serta sehat, berikut ini sejumlah kriteria bibit belut yg sehat :

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum
bibit belut sebaiknya seragam ukurannya

Pilihlah bibit belut yg memiliki ukuran seragam (seukuran). Perihal ini di maksudkan supaya waktu panen kelak, hasilnya juga dapat seragam. Tak hanya itu, perihal inipun bermaksud supaya tak ada saling memangsa antar belut yg adanya di kolam drum gerakannya tak loyo, aktif serta lincah tentunya bibit belut itu bebas penyakit untuk ukurannya kurang lebih 10-12 cm.

4. Cara Pemberian Pakan.

Selain dgn pilihan bibit yg sama, pemberian yg mencukupi serta teratur dapat menghindarkan terjadinya saling mangsa antara belut. Untk takarannya, dapat disesuaikan dgn berat populasi belut itu sendiri. Bila paling aman sih diberikan pakannya itu sejumlah 5-20% dari beratnya perhari.

Untuk saat pemberian pakannya dapat di lakukan pd sore hari. lantaran umumnya belut mencari mangsa pd sore dan malam hari. Adapun pakannya sendiri dapat seperti ikan kecil, kecebong, cacing ataupun bekicot yg sebelum itu telah dicacah kecil-kecil.

5. Panen Belut.

Dalam satu drum, umumnya bibit belut dapat dipanen sejumlah 2 kg dgn ukuran bibit 11-13 cm. Untk panen belut itu sendiri dapat di lakukan sesudah 3-4 bln. 

Cara Praktis Budidaya Belut Media Drum
hasil panen belut

Adapun harga bibit belutnya rata-rata mempunyai panjang 7-12 cm yg dijual kisaran 60000/kg. Sedangkan jika beli belut konsumsi itu rata-rata kisaran 35000/kg.


No comments

Powered by Blogger.