Petunjuk Komplit Budidaya Melon di Dalam Pot - BUDIDAYAKU

Header Ads

Petunjuk Komplit Budidaya Melon di Dalam Pot

Petunjuk Komplit Budidaya Melon di Dalam Pot
 
Petunjuk Komplit Budidaya Melon di Dalam Pot | Ragam Budidaya – Melon yaitu salah satu type tanaman semusim yg termasuk juga ke dalam family Cucurbiataceae. buah melon di indonesia mempunyai nilai atau harga yg teramat tinggi di indonesia. sehinga sekarang sangat banyak para petani mulai sejak berubah buat membudidayakan buah melon ini. tapi bersama semangkin sempitnya lokasi tanam kadang mempersulit para petani melon buat mengembangkan type melon ini, maka butuh trik yg pas dalam membudidayakan buah melon ini salah satunya merupakan menanam tanaman melon di dalam pot.

Berikut Petunjuk Komplit Kiat Budidaya Melon di Dalam Pot :


Persiapan bibit Tanaman Melon

Buat meraih benih atau bibit yg berkwalitas disaat ini tidak sedikit sekali yg telah menjualnya seperti benih yg rentan pada hama penyakit. sebelum di tanam benih lebih-lebih dulu di rendam bersama air sewaktu lebih kurang 12 jam, yg mana air sudah di campur dnegan fungisida. seterusnya tiriskan di area yg gelap. sesudah benih terlihat berkecambah siapkan atau tanam di alat semai yg tela di tetapkan.

Fungsi dari perendaman itu sediri adalah : supaya benih enteng utk berkecambah, menseleksi benih yg baik & jelek & bisa di jadikan sarana utk mencegah datangnya penyakit sebab pemberiang fungisida tadi.

Alat Tanam

Utk hasil yg baik yg butuh di tonton merupakan sarana tanam yg di pakai. kebanyakan fasilitas tanam ini memakai 3 campuran bahan merupakan tanah, pupuk kandang pula sekam yg mana perbandingan dari ke-3 tersebut ialah 1 : 2 : 3. sesudah itu masukan ke dalam pot yg sudah di menyediakan bersama meneruskan Furadan 5 gr, NPK 20 gram, humic acid 1 liter aduk hgga merata dgn maksud awal pertumbuhan tak terserang penyakit. 

Petunjuk Komplit Budidaya Melon di Dalam Pot
melon dalam pot menarik pengunjung
Penanaman

Dalam proses penanaman bibit melon ini sekita kepada usia 12-14 hri seteah penyemaian atau taaman telah berdaun 4. sebelum penanaman di haruskan alat tanah disiram apalagi dulu & penanaman serta dilakukan sore hri, factor ini bertujuan buat meminimkan tingkat kematian tanaman lantaran proses adaptasi.

Pemasangan ajir

Ajir yaitu media yg difungsikan buat sanggahan tanaman melon atau buah melon kebolehan ajir bakal tentukan ketegakan tanaman melon. ajir ini di pasang atau di utk bersama trick menancapkannya di daerah tanaman melon kebanyakan di untuk dari bambu sepanjang 1,5 sampai 2 meter.

Pemangkasan & pemilihan buah

Pemangkasan ini dilakukan utk memfocuskan buah mana yg mau di besarkan maka buah yg di hasilkan berkwalitas. Calon buah bakal dipilih terhadap cabang antara 7-12 & dipilih satu yg buat dibesarkan, sedangkan yg lainya mampu di hilangkan atau di pangkas
 
Pemupukan

Pemupukan yakni sala satu faktor yg paling di tonton dalam proses budidaya tanaman melon sebab amat sangat memastikan mutu & hasil produksi buah melon yg di tanam. Pemupukan terhadap usia 5 HTS di beri urea dalam wujud larutandengan kosentrasi 3 kg/300liter air. sedangkan Pupuk ZA + NPK 17 HST & 50 HST ialah 2 kg ZA & 1 kg NPK bersama memanfaatkan fokus 3 – 4kg/200 liter air. sedangkan Pupuk daun diberikan 7 HST dgn interval antara 7 – 15 hri sekali, dgn fokus larutan 1 – 2 cc/1 liter air.

Pengendalian Hama & Penyakit

Hama kepada tanaman molon yg tidak jarang meyerah yaitu lalat buah, ulat daun, tungau, aphids & ada banyak lagi. hama seperti yg aku sebutkan mampu di kendalikan dgn menggnakan atau pemberian insektisida. sedangkan utk hama dari tungau sanggup di kendalikan dgn memberikan akarisida.

Sedangkan terhadap penyakit, yg amat sering menyerang tanaman melon merupakan layu bakteri, Layu fusarium, Gummy stem Blight, busuk daun, Phytoptora molonis, embun tepung, virus & pun cendawan tanah. penyakit tersebut dalam di kendalikan bersama pemberian fungisida.

Panen

Dalam proses panen ini yg butuh di perhatikana yaitu umum tanamanam & tingkat kematangan buah melon itu sendiri. umumnya buah melon bisa di petik kurang lebih usia 65-70 Hsb. trick memetiknya adalah bersama memotong tangkai buah kira kira 3 senti meter dari pangkat. fasilitas yg di guaka utk memotong merupakan pisau yg tajam & dapat juga gunting.

demikianlah sekilas pembahasan hri ini yg mana pembahasan kali ini membahas megenai ” Tata Cara Komplit Trick Budidaya Melon di Dalam Pot ” mudah-mudahan dapat memberikan manfaat buat petani indonesia dalam meningkatkan penghasilannya. mudah-mudahan berhasil..

No comments

Powered by Blogger.