Mudahnya Budidaya bawang Merah Polybag - BUDIDAYAKU

Header Ads

Mudahnya Budidaya bawang Merah Polybag

Budidaya bawang Merah Polybag

Mudahnya Budidaya bawang Merah | Ragam Budidaya - Di kesempatan waktu lalu sipendik sudah mengulas tentang Langkah Gampang Budidaya Bawang Merah di Tempat Kering, untuk kesempatan ini kita bakal membahas selanjutnya tentang Langkah Praktis serta Gampang Budidaya Bawang Merah dalam Polybag. Hal ini lantaran memanglah beberapa orang-orang tak mempunyal tempat yang cukup untuk budidaya bawang merah di tempat. Terlebih saat ini bumbu-bumbu dapur sejenis bawang merah semakin hari semakin mahal. Ini adalah alternatif buat Anda untuk menanam bawaqng merah di pekarangan seputar rumah.

Langkah budidaya bawang merah di polybag pada umumnya tak jauh tidak sama dengan budidaya bawang merah di tempat, untuk menanam bawang merah di polybag tambah lebih praktis serta gampang.

Langkah Budidaya Bawang Merah dalam Polybag


1. Persiapan Media Tanam

Media tanam yang digunakan salah satunya : gabungan tanah, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Tengah pupuk SP-36 yang dibutuhkan beberapa 3gr/polybag ditambah dengan furadan (satu sendok kecil). Semuanya bahan itu dikombinasi dan disiram dengan air lalu ditinggalkan selama 1-2 hari. Polybag yang digunakan mempunyai ukuran 30 cm x 40 cm.

2. Penanaman dan Pemupukan

Bibit bawang merah ditanam di polybag beberapa 3 umbi per polibag dan diatur jaraknya sekitar 15 cm antar umbi. Umbi ditanam ke media tanam sampai cuma leher umbi. Pupuk susulan berupa pupuk NPK (16-16-16) beberapa 1 gr/polybag diberikan masing-masing minggu sampai umur 6 minggu melalui langkah dicor atau mungkin saja disiramkan di sekitar tanaman atau mungkin saja diberikan 2 kali pada umur 15 hts dan 30 hts (hari setelah tanam) melalui langkah dibenamkan ke tanah. Letakkan polybag di tempat yang diserang sinar matahari.

3. Pemeliharaan


Penyiraman pada musim kemarau ditangani satu hingga 2 x sehari waktu pagi serta sore tergantung kondisi di lega. Tanaman bawang merah tidak tahan kekeringan tetapi tidak tahan pada genangan air. Bila umbi sudah terlihat (sekitar umur 2 bln) jangan sampai terlalu banyak disiram agar umbi cepat tua/di isi. Ingindalian hama dan penyakit dengan menggunakan pestisida nabati.

Budidaya bawang Merah Polybag

4. Pemanenan

Sinyal tanda tanaman bawang yang siap dipanen andalah 80 persen daun rebah menguning dan leher batang kosong/gembos, umbi tersembul di permukaan tanah dan berwarna merah. Bawang merah dapat dipanen setelah umur tiga bln (untuk mengkonsumsi) dan untuk jadi benih dapat dipanen setelah 100 hari. Pemanenan sebaiknya ditangani pada kondisi tanah kering dan cuaca cerah untuk menghindar serangan penyakit busuk umbi saat penyimpanan. Bawang merah yang telah dipanen diikat pada batangnya dan dijemur sampai cukup kering di bawah sinar matahari.

No comments

Powered by Blogger.